Share This Post

Gaya Hidup

KEBAHAGIA DALAM KEBERSAMAAN

KEBAHAGIA DALAM KEBERSAMAAN

Setangkai kata, seikat rasa, setiap kata punya rasa tersendiri. Sebuah makna terkandung dalam kata, selalu melekat yang tak bisa terpisah dari dunia kata. Satu kata berjuta rasa yaitu “kebahagiaan”.

Kebahagiaan, sesuatu yang sangat dicari oleh semua orang yang merasakan sebuah kesunyian dalam jiwanya. Tidak menutup kemungkinan orang yang sedang dalam keramaian pun merasakan kesepian, entah karena tak ada yang mengganggapnya ada di tempat itu, tak ada teman atau seseorang yang ingin bercakap-cakap dengannya, atau saat itu iya sedang mengalami kegersangan yang melanda jiwanya dan lain sebagainya.

Menurut kamus besar bahasa indonesia (KBBI)  bahagia adalah keadaan atau perasaan senang dan tenteram (bebas dari segala yang menyusahkan). Sesaat orang berfikir mencari kebahagiaan itu mudah, yang penting kita memiliki uang yang banyak dan harta yang melimpah, mereka hanya berfikir “memang uang bukanlah segala-galanya, tapi segalanya membutuhkan uang”. Bahkan ketika kita sedang kesepian ada banyak hal yang bisa kita lakukan dengan uang, belanja sepuas-puasnya, pergi ke salon, luluran, manikur, pedikur, dan banyak lagi yang bisa membuat bahagia dengan menggunakan uang.

Tapi semua tetap akan terasa sepi, karena tidak dapat dipungkiri manusia adalah mahluk sosial yang sangat bergantung pada orang lain. Artinya manusia sangat membutuhkan orang lain, manusia harus hidup bersama manusia yang lainnya. ini termasuk kebutuhan biologis seseorang dan kebahagiaan tercipta bukan hanya dari harta dan tahta, tapi kesederhanaan dalam kebersamaan kita mampu menjadi makhluk yang paling bahagia.

Terkadang kita diberikan rasa kesepian yang mendalam, agar sadar betapa berharganya sebuah kebersamaan. Dimana semua tak harus dengan uang dan bukan pula dengan tahta, karena kebahagiaan bukan Cuma milik orang kaya dan bukan pula milik orang miskin, melainkan milik semua orang.

Kebahagiaan hadir dalam kesederhanaan, bukan pada banyaknya materi yang kita berikan ataupun penghargaan yang kita dapatkan. Percuma kita memiliki banyak harta jikalau harta itu hanya membawa sebuah duka kesepian yang sangat mendalam, tapi sebuah keceriaan yang tertanam dalam kebersamaan yang sangat diharapkan, karena Kebersamaan itu indah dan melebihi apapun.

Tinggalkan Komentar