Share This Post

Informasi & Teknologi

Syiar Pramuka Melalui Konten Kreatif (Desain Grafis)

Syiar Pramuka Melalui Konten Kreatif (Desain Grafis)
Pramuka merupakan organisasi nonformal di Indonesia yang mengajarkan pendidikan kepanduan. Pramuka sendiri memiliki beberapa tingkatan, yaitu Pramuka Siaga (untuk usia 7-10 tahun), Pramuka Penggalang (untuk usia 11-15 tahun), Pramuka Penegak (untuk usia 16-20 tahun) dan Pramuka Pandega (untuk usia 21-25 tahun).

 

Pada zaman modern seperti sekarang ini banyak yang menganggap bahwa mengikuti kegiatan Pramuka sudah bukan hal yang wajar, khususnya untuk usia produktif seperti umur 16-25 tahun. Karena, kebanyakan dari kegiatan Pramuka lebih dikenal untuk usia 7-15 tahun atau ketika masuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).


Pramuka, khususnya Kwartir Nasional Gerakan Pramuka memerlukan beberapa strategi untuk lebih menarik perhatian khalayak agar tertarik mengenai segala hal tentang Pramuka. Syiar melalui konten kreatif (Desain Grafis) bisa menjadi salah satu strategi yang dapat diambil oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka untuk menarik minat khalayak agar dapat melihat Pramuka sebagai organisasi yang menarik untuk diikuti.

Desain grafis juga dapat menjadi salah satu komunikasi visual Pramuka kepada masyarakat umum. Desain grafis itu sendiri dapat diartikan sebagai upaya untuk mengalihkan gagasan kepada orang lain dalam bentuk gambar dan beragam warna yang penuh dengan arti. Pramuka dapat memanfaatkan hal ini untuk menjadi bahan komunikasi terhadap masyarakat agar lebih dekat dan semakin dikenal.

Komunikasi visual yang paling umum dipakai yaitu melalui gambar dan juga foto. Gambar adalah bahasa umum yang dapat dimengerti dan dinikmati di setiap kesempatan. Bahkan, ada pepatah cina mengatakan, gambar akan lebih banyak bercerita di bandingkan dengan seribu kata. Pramuka dapat menyampaikan banyak gagasan atau informasi mengenai Pramuka ke dalam gambar tanpa perlu banyak kata yang akan membuat masyarakat sulit untuk membaca informasi yang diberikan.

Melihat betapa pentingnya informasi yang diberikan menjadikan media kreatif seperti desain grafis sangat dibutuhkan di zaman modern seperti saat ini. Demi tercapainya transfer informasi dari pembuat informasi kepada si penerima informasi, desain grafis menjadi hal penting yang harus dipikirkan oleh Pramuka untuk menyampaikan visi serta misi Pramuka itu sendiri.

Tinggalkan Komentar