Share This Post

Pramuka Peduli

Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana Golongan Penegak Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Tahun 2017

Pendidikan dan Pelatihan Tanggap Darurat Bencana Golongan Penegak Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Sukabumi Tahun 2017

Pendidikan dan pelatihan tanggap darurat bencana yang dilaksanakan oleh Satuan Tugas Pramuka Peduli Kwartir Cabang Gerakan Pranuka Kota Sukabumi pada tanggal 26 – 29 Januari 2017 bertempat di Bumi Perkemahan Pramuka Cikundul Kota Sukabumi ini diikuti oleh peserta golongan penegak tingkat kota sukabumi sebanyak 35 orang terdiri dari 23 orang putera dan 12 orang puteri

berikut adalah salah satu bentuk program latihan yang dikemas dalam bentuk supercamp yang mencakup muatan edukatif yang memberikan pendidikan rohani, wawasan dan jasmani. Muatan relijius, heroik, rekreatif dan kebersamaan/

perlu kiranya dijabarkan sekilas tentang aspek rohani yang menjadi stressing dalam setiap kegiatan. karena ” NYAWA ” dari setiap misi adalah jika bersandar pada keteguhan hubunga dengan Tuhan YME, dimana aspek rohani terklasifikasikan dalam kekuatan niat atau tekad, kebersamaan, kepatuhan, dan kesiagaan.

Dan materi yang disajikan sangat menarik sehingga membuat peserta didik sangat antusias dalam mengikutik kegiatan tersebut, adapun kegiatan yang dilaksana berupa :

a. Memahami Visi, Misi dan Profil Pramuka disampaikan oleh Kepala PUSDIKLATCAB Kota Sukabumi ( Kak Beldikson MB Raja, M.Pd – MT )

b. Teori Kepemimpinan dalam Gerakan Pramuka  disampaikan oleh  Sekretaris Kwartir Cabang Kota Sukabumi ( Kak Munandi Shaleh, SIP., M.Si – MT )

c. Wawasan Kebencanaan, materi manajemen kebencanaan dan ancaman bencana disampaikan oleh Kepala BPBD Kota Sukabumi ( Kak Asep Suhendrawan )

d. Wawasan manajemen Resiko ( SAR dan dan Gerakan Pramuka ) disampaikan oleh Andalan Cabang Urusan SAKA Kota Sukabumi ( Kak Dede Kusweli, SE – MT )

e. Materi Pengenalan Satgas Pramuka Peduli disampaikan oleh Ketua SATGAS Pramuka Peduli 0918 ( Kak Andri Rahmat, S.Pd – MT )

f. Materi Kepramukaan pengenalan bidang Pengabdian dan Kesehatan Masyarakat Kwartir Cabang Kota Sukabumi disampaikan oleh Waka Abdimas Kesmas Kota Sukabumi ( Kak dr. Lulis Delawati )

g. Wawasan Life Skill ( PPGD ) disapaikan oleh Tim Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Sukabumi

h. Materi Life Skill ( System Early Warning System ) disampaikan oleh Waka Bidang Abdimasgana Kwartir Nasional ( Kak Rangga Wisnu )

i. Wawasan Kepramukaan ( Materi pengenalan Jabar Scout Rescue )

j. Manajemen SAR ( Sistem Operasi SAR ) disampaikan oleh Waka Bidang Abdimas Kwarda Jabar ( Kak Weeby )

k. Materi Sistem Komunikasi dalam Operasi SAR disampaikan oleh ORARI area Kota Sukabumi ( Kak Jushendi Shaleh – MT )

l. Materi Teknik Hidup di Alam Bebas disampaikan oleh BASARNAS POS SAR SUKABUMI ( Kak Aulia )

m. Materi Manajemen Shellter dan Trauma Healing BASARNAS POS SAR SUKABUMI ( Kak Bram )

n. Materi Navigasi Darat BASARNAS POS SAR SUKABUMI ( Kak Aulia )

o. Materi ESAR ( Exploler Search And Rescue ) disampaikan oleh SATGAS Pramuka Peduli 0918 ( Kak Fauzia Akbar )

Tinggalkan Komentar