Share This Post

Informasi & Teknologi

8 Alasan Private Chat Tidak disarankan Kamu Gunakan Selama Ber-JOTI

8 Alasan Private Chat Tidak disarankan Kamu Gunakan Selama Ber-JOTI

Salam Pramuka. Private chat atau pesan pribadi adalah salah satu fasilitas komunikasi yang disediakan selama ber-Joti. Banyak di antara rekan-rekan kita yang juga menggunakan fasilitas tersebut. Tapi tahukah kakak kalau penggunaan pc atau pesan pribadi ini tidak disarankan untuk digunakan selama kegiatan JOTI berlangsung. Lalu, apa saja alasan mengapa banyak sekali pengguna JOTI selalu melakukan pesan pribadi? Berikut ini di antaranya.

1. Rentan dimodusin.

Terdengar aneh, tapi memang itulah faktanya. Banyak pengguna putri yang mengalami hal ini selama JOTI berlangsung. Hal yang paling berbahaya adalah hal ini dapat memberikan luka secara mental kepada pengguna tersebut. Selain itu perlu ditekankan bahwa ScoutLink dan JOTA-JOTI bukanlah dating service.

2. Tempat rentan bocornya info pribadi.

Hal ini sering sekali terjadi, saat kamu merasa nyaman di sesi pesan pribadi, maka secara tak sadar kamu telah memberikan berbagai info pribadi milikmu sendiri, seperti akun instagram, facebook, bahkan nomor telepon dan alamat rumah. Sadarkah kamu bahwa dengan memberikan berbagai info pribadi seperti di atas maka akun kamu akan rentan terhadap tindak cyber crime seperti hacking bahkan carding.

3. Rawan adanya kata-kata tak pantas dan offensif.

Tak jarang ada kejadian seperti ini selama JOTA-JOTI berlangsung. Ada pengguna yang tak bertanggungjawab tiba-tiba mengirim sebuah pesan pribadi berisi umpatan dan kata-kata kurang pantas. Hal ini dapat membawa dampak buruk pada kondisi psikologis pengguna jaringan, dan pada akhirnya bahkan dapat membuat kondisi channel utama menjadi kacau.

4. Di luar pengawasan operator.

Seperti namanya, chat pribadi berarti hanya dilakukan dan diketahui kedua pengguna yang tengah melakukan sesi tersebut, tanpa adanya pengawasan dari operator, maka kemungkinan hal-hal seperti 3 poin di atas dapat terjadi. Dan pada akhirnya malah akan membawa dampak buruk kepada pengguna itu sendiri.

5. Awal mula terjadinya pelanggaran peraturan.

Dengan tanpa adanya pengawasan, maka akan terjadi berbagai pelanggan aturan, dan pada akhirnya akan ada konsekuensi yang harus diterima seperti kick bahkan ban dari jaringan. Untuk lebih lengkapnya terkait peraturan selama ber-JOTI dapat dilihat di link berikut:https://pramukapos.com/bambangbudip/ini-peraturan-yang-perlu-kakak-tahu-saat-mengikuti-joti.html

6. Penyebab idleing di channel utama.

Idle di sini diartikan sebagai berdiam diri di channel/saluran utama. Banyak pengguna yang bergabung dalam saluran utama JOTI, lalu mengirim pesan pribadi kepada beberapa pengguna, hingga secara tak sadar mereka hanya akan menghabiskan waktu dalam sesi pesan pribadi dan berakhir dengan idleing di saluran utama. Perlu diketahui pula bahwa selama JOTI akan ada bot yang otomatis akan men-sapart pengguna dari jaringan jika dalam beberapa waktu tidak aktif di channel utama.

7. Banyak yang masih berpikir, channel utama hanya untuk membahas hal mengenai Pramuka.

Banyak pengguna dan rekan-rekan yang masih memiliki pandangan bahwa channel/saluran utama hanya untuk membahas hal mengenai kepramukaan, sehingga lebih memilih untuk melakukan private chat jika ingin bercakap di luar topik Pramuka, padahal pemikiran tersebut kurang tepat.

Channel ScoutLink terbuka terhadap semua topik di luar kepramukaan asal masih sesuai dengan kaidah norma dan peraturan yang berlaku. Bahkan tak jarang kamu akan menemukan beberapa pengguna yang membahas hal-hal santai seperti bertukar hobi bahkan topik makanan favorit.

8. It’s about conservation, not just contact.

Pada dasarnya, JOTA-JOTI memiliki tujuan untuk menghubungkan anggota pandu dari seluruh dunia, tapi seiring dengan berjalannya waktu, tujuan tersebut semakin meluas. Di antaranya adalah sebagai media tukar ilmu dan pengalaman antar kepanduan dari berbagai negara. Contact dapat terjadi jika satu atau dua orang, sedangkan conservation hanya dapat terjadi jika ada tigatiga  lebih orang yang terlibat dalam suatu percakapan.

Hal ini juga menegaskan bahwa PC saat ber-JOTI tidak akan memberikan pengalaman yang maksimal saat kegiatan selesai, melainkan saat kamu berhasil atau ikut meramaikan sebuah topik yang didiskusikan oleh banyak orang, saat itulah kamu dapat merasakan pengalaman ber-JOTI yang sesungguhnya.

Kesimpulannya, pesan pribadi/PC memang tidak disarankan untuk dilakukan selama ber-JOTI. Hanya dalam kasus kasus darurat atau penting seperti melaporkan kasus pelanggan peraturan kepada operator kamu baru boleh menggunakan fasilitas pesan pribadi. Selain itu, dengan lebih fokus dalam channel utama, maka tak jarang kamu akan menemukan teman atau bahkan pengetahuan baru, baik mengenai dunia kepramukaan dan juga ilmu-ilmu baru lainnya di luar topik kepramukaan.

Jika ingin lebih paham mengenai kegiatan JOTA-JOTI ini, kakak dapat mengunjungi jotajoti.info untuk penjelasan lengkapnya. Kunjungi pula channel #indonesian dan #help di webchat.scoutlink.net jika ada yang ingin ditanyakan terkait teknis pelaksanaan JOTA-JOTI. ScoutLink juga telah membuka channel terbaru yaitu #youth, tempat berkumpulnya para pemuda pramuka kepanduan dari seluruh dunia. Jadi, jangan lupa untuk berkunjung. Salam Pramuka.

Sumber: scoutlink.net/safety

Tinggalkan Komentar