Share This Post

Informasi & Teknologi

Mengenal #youth dari, oleh dan untuk Pemuda Seluruh Dunia

Mengenal #youth dari, oleh dan untuk Pemuda Seluruh Dunia

Salam Pramuka. ScoutLink adalah salah satu mitra terpercaya sekaligus sebagai media yang paling populer tiap pelaksanaan JOTA-JOTI. Tiap tahunnya ada banyak pandu putra dan pandu putri dari segala usia yang menggunakan ScoutLink, baik selama kegiatan JOTA-JOTI berlangsung maupun sesudah kegiatan tersebut selesai.

Mengingat semakin meningkatnya jumlah pengguna dari berbagai golongan usia, maka terdapat inisiatif dari IRC-OP ScoutLink yang tergabung dalam Youth Team pada 30 April kemarin untuk membuat dan meresmikan channel/saluran khusus bagi kaum muda yaitu saluran #youth. Lalu, apa sih sebenarnya channel/saluran #youth itu? Nah, di bawah ini adalah pembahasan lengkapnya.

Apa itu channel/saluran #youth?

Channel/saluran #youth adalah saluran yang didedikasikan kepada anggota muda pandu putra dan putri di seluruh dunia. Saluran ini juga dijalankan oleh para administrator yang juga merupakan anggota muda kepanduan dari berbagai negara di dunia.

Maksud dan tujuan didirikannya saluran/channel tersebut?

Selain yang sudah penulis sedikit sebutkan melalui penjelasan di atas, ada beberapa poin lain yang menjadi latar belakang berdirinya saluran tersebut, yaitu:

1. Meningkatkan jumlah pengguna dengan usia muda untuk bergabung dalam saluran ScoutLink, bahkan seusai kegiatan JOTI

2. Mendorong minat generasi muda di ScoutLink

3. Dengan adanya #youth dan saluran serupa yang dijalankan oleh Youth Team. Maka dengan adanya saluran khusus tersendiri ini, akan memberikan ruang kepada generasi muda di saluran IRC ScoutLink. Hal ini juga membuka kesempatan kepada generasi muda untuk menjadi bagian dari Youth Team. Dan bahkan dapat menjadi bagian dari tim di ScoutLink di masa yang akan datang.

Selain tiga poin di atas, diharapkan dengan adanya channel/saluran ini akan turut mempromosikan keselamatan pengguna saat menggunakan layanan ScoutLink juga selama di dunia maya/internet.

Tadi dijelaskan kalau #youth adalah saluran khusus untuk pemuda, apakah anggota dewasa juga dapat bergabung ke saluran tersebut?

Anggota dewasa juga diizinkan untuk bergabung ke saluran #youth, kami sebagai generasi muda juga tetap memerlukan bimbingan dan pengawasan dari pembina/anggota yang lebih berpengalaman. Tapi, juga perlu diketahui bahwa saluran ini ditunjukkan kepada kaum muda, jadi mungkin kepada anggota dewasa jika ingin berdiskusi mengenai hal yang dapat dianggap sebagai topik yang terlalu berat bagi kaum muda, dapat bergabung ke saluran umum lain seperti #indonesian atau #english

Mengingat #youth di tunjukkan kepada kaum muda di seluruh dunia, apakah saluran ini terbuka bagi semua bahasa?

Yup, sejauh ini ada tiga bahasa yang diizinkan di saluran tersebut, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Belanda, dan Bahasa Indonesia. Tapi, mengingat saluran ini juga masih dalam tahap pengembangan, maka diharapkan bagi siapapun yang hendak bergabung ke saluran ini untuk tetap menggunakan Bahasa Inggris selama bercakap/berdiskusi di saluran ini.

Apakah ada rencana lain terhadap channel/saluran tersebut di masa yang akan datang?

Untuk saat ini belum ada rencana lain terkait saluran tersebut. Meskipun sebenarnya GewoonYorick selaku koordinator telah memiliki beberapa rencana lanjutan tahun depan.

Demikian sedikit informasi yang dapat saya sampaikan, jika ada kritik dan saran untuk #youth kedepannya, kamu dapat mengirimkan nya melalui link berikut https://discourse.scoutlink.net/t/suggestions/2138 dengan syarat kamu harus memiliki akun discourse terlebih dahulu, atau kamu dapat menyampaikannya secara langsung di saluran #youth. Jangan lupa pula untuk bergabung ke channel #indonesian atau #help jika ingin tahu lebih jauh mengenai ScoutLink atau teknis pelaksanaan JOTA-JOTI. Salam Pramuka

Sumber: ScoutLink Team Member, GewoonYorick, Gforce, Zoe & Patate.

Tinggalkan Komentar