Share This Post

Informasi & Teknologi

Panduan Singkat Melaksanakan JOTA-JOTI

Panduan Singkat Melaksanakan JOTA-JOTI

Salam Pramuka. Dengan semakin mendekatnya hari H pada tanggal 19 Oktober nanti, tentu ada banyak rekan-rekan yang sedang mencari berbagai informasi tentang kegiatan Jota-Joti tersebut, bahkan tak jarang ada rekan kita yang masih bingung mengenai pelaksanaannya. Karena itu, dalam tulisan kali ini penulis mencoba untuk memberikan panduan singkat terkait pelaksanaan Jota dan Joti 2018, semoga dapat membantu rekan-rekan Pramuka dan pembaca.

A. Apa JOTA dan JOTI Itu?

JOTA (Jamboree on The Air) dan JOTI (Jamboree on The Internet) merupakan salah satu pertemuan Pramuka yang bisa diikuti oleh semua golongan anggota Gerakan Pramuka. Dalam kegiatan tersebut, para Pramuka dapat saling menyapa, berkomunikasi, dan berdiskusi tentang berbagai topik dengan menggunakan media radio amatir (JOTA) dan berbagai sarana chating internet (JOTI). Sehingga meskipun saling berjauhan lokasi, namun para peserta dapat saling berdiskusi.

JOTA-JOTI bersifat Internasional, sehingga Pramuka Indonesia berkesempatan untuk menyapa dan saling berdiskusi dengan anggota kepanduan dari berbagai negara lain di seluruh dunia. Sehingga dapat menambah ilmu, pengalaman serta sahabat dari seluruh penjuru dunia.

B. Bagaimana Cara Mengikuti JOTA-JOTI

Untuk ikut berpartisipasi atau mengikuti kegiatan JOTA dan JOTI sebenarnya tidak sulit. Ada dua cara yang sama-sama mudahnya. Cara pertama adalah dengan memanfaatkan masing-masing stasiun yang bertempat di Kwartir Cabang Gerakan Pramuka atau Dewan Kerja Cabang, Gugus Depan atau instasi yang mau ikut serta dalam meramaikan kegiatan JOTA dan JOTI. Sedangkan cara kedua adalah cara mandiri.

Perlu diketahui kembali, JOTA – JOTI (Jamboree On The Air – Jamboree On the Internet) merupakan salah satu kegiatan tahunan kepramukaan. JOTA atau jambore di udara merupakan pertemuan antar pramuka sedunia dengan menggunakan sarana radio amatir, sedangkan JOTI atau jambore di internet merupakan pertemuan antar pramuka (chat) dengan memanfaatkan sarana internet.

Dengan mengikuti Jota dan Joti dari stasiun, setiap peserta selain mendapatkan panduan dan bimbingan selama kegiatan pun akan mendapatkan piagam kegiatan dan Tanda Ikut Serta Kegiatan atau Tiska. Selain melalui stasiun, para Pramuka pun bisa mengikuti JOTA dan JOTI secara mandiri. Mengikuti JOTA-JOTI secara mandiri berarti seluruh proses dilakukan secara mandiri. Mulai dari proses pendaftaran (registrasi), panduan-panduan, dan sewaktu persiapan hingga pelaksanaannya pramuka bisa memanfaatkan situs resmi JOTA-JOTI yang disediakan oleh WOSM. Peserta JOTA-JOTI Internasional secara mandiri dapat memperoleh piagam penghargaan dengan cara memprint piagam online yang diberikan melalui situs www.jotajoti.info.

C. Cara Melaksanakan JOTA

Media Jota adalah radio sehingga memiliki cara tersendiri dan berbeda dengan JOTI dalam pelaksanaannya nanti. Untuk lebih lengkapnya adalah seperti berikut :

1. Memastikan keabsahan suatu komunikasi radio amatir.

Sebuah komunikasi dinyatakan sah bila telah terjadi pertukaran Callsign dan Report yang readbeck. Dengan kata lain sebuah komunikasi walau telah terjadi berjam-jam namun belum dilaksanakan pertukaran Callsign dan Report(laporan), maka dapat dinyatakan komunikasi itu tidak sah, dan tidak dapat di berikan kartu konfirmasi komunikasi (QSL Card).

2. Mengetahui jenis komunikasi dalam kegiatan radio amatir.

Secara garis besar ada 3 macam/jenis komunikasi pada radio amatir yaitu Komunikasi Pendek, komunikasi yang hanya dengan pertukaran Callsign, Report. Komunikasi sedang, komunikasi yang dilakukan dengan pertukaran Callsign, report dan disertai dengan informasi-informasi singkat. Dan terakhir adalah komunikasi panjang, komunikasi yang dilakukan dengan pertukaran Callsign yang disertai dengan informasi panjang lebar.

Dari ketiga komunikasi di atas, biasanya adalah komunikasi sedang yang sering digunakan saat kegiatan JOTA berlangsung, bahkan tak jarang juga hanya menggunakan komunikasi pendek. Hal ini sangat dimaklumi mengingat setiap statiun JOTA sendiri selalu digunakan oleh beberapa kontingen, sehingga memiliki alokasi waktu yang terbatas.

3. Persiapan berkomunikasi

Sebenarnya untuk sebagian besar persiapan pelaksanaan JOTA telah dipersiapkan oleh penyelenggara atau stasiun tersebut, tapi tentunya kita juga perlu melakukan persiapan tersendiri untuk memudahkan kita dalam pelaksanaan, diantara seperti menyediakan alat tulis, buku catatan, menyesuaikan dengan waktu internasional UTC (untuk waktu Indonesia +7 UTC), memonitor sejenak beberapa frekuensi sebelum masuk ke frekuensi tersebut, terakhir jika bingung, mintalah bantuan kepada pembina atau dewan kerja yang ada di stasiun tersebut.

4. Melakukan panggilan komunikasi

Untuk melakukan komunikasi antar stasiun, ada beberapa langkah pokok yang dapat di ikuti diantaranya adalah melakukan monitoring sejenak untuk mendapatkan frekuensi yang tidak digunakan lalu menkonfirmasi apakah frekuensi tersebut tidak digunakan dengan cara bertanya, seperti: “Apakah frekuensi ini digunakan?, disini YF2ZJC ganti”.

Setelah memastikan kalau frekuensi tersebut kosong dan tersedia, Anda bisa langsung melakukan panggilan di frekuensi tersebut. Ada 3 jenis panggilan yang dapat dilakukan di sebuah frekuensi diantara panggilan umum, dimana siapapun dapat bergabung ke frekuensi kita, contohnya “CQ CQ disini YF2ZJC, memanggil stasiun lain untuk bergabung, ganti”. Ke-dua panggilan umum terarah, dimana stasiun yang ada pada arah kita akan masuk, sementara yang di lain arah tidak akan masuk ke frekuensi kita, contohnya : “CQ Semarang CQ Semarang disini YF2ZJC, memanggil rekan dari Semarang, ganti”. Dan yang terakhir adalah panggilan khusus, dimana panggilan yang dilakukan hanya ditujukan kepada stasiun tertentu, contohnya : “YF2ZJE, YF2ZJE, disini YF2ZJC meminta anda untuk bergabung, ganti”.

5. Masuk dalam suatu komunikasi

Maksudnya adalah anda akan bergabung dengan suatu komunikasi yang sedang berlangsung atau menjawab panggilan komunikasi yang anda dengar. Untuk memasuki dan menjawab suatu panggilan ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah:

– Memonitor frekuensi untuk mengetahui topik apa yang sedang dibicarakan, selain itu juga untuk mengetahui siapa saja yang ada di saluran tersebut, siapa stasiun pengendali frekuensi, dan panggilan apa yang di dengar.

– Menunggu hingga komunikasi yang selesai atau menunggu jeda atau spasi yang cukup, sehingga anda dapat bergabung dalam percakapan tanpa takut memotong percakapan yang telah berlangsung.

– Terakhir anda dapat memasuki percakapan yang tengah berlangsung, caranya sederhana hanya cukup menyebutkan Callsign anda seperti “YF2ZJC di dalam frekuensi, meminta ijin untuk bergabung, ganti” dan setelah itu anda boleh bercakap-cakap dengan stasiun lain.

6. Etika berkomunikasi

Dalam JOTA maupun komunikasi radio amatir secara umum tentunya memiliki peraturan dan etika yang harus diperhatikan guna menjaga kondusifitas suatu percakapan. Di antaranya:

– Selalu menyebutkan Callsign anda dalam interval pendek, guna memudahkan stasiun lain dalam mengenali anda.

– Tidak menyela/memotong pembicaraan orang lain, selain kurang sopan juga untuk menghindari kacaunya suatu percakapan.

– Memberikan jeda/spasi yang cukup, sehingga stasiun lain dapat bergabung

– Gunakan bahasa yang terbuka dan tidak bertele-tele

– Menggunakan bahasa sopan sesuai etika yang berlaku

– Berkomunikasilah dengan kepala dingin dan tenang, jika dirasa emosi sedang memuncak beristirahatlah dahulu dan bergantian dengan yang lain guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

D. Cara Melaksanakan JOTI

Seperti yang telah saya tuliskan di artikel-artikel sebelumnya. Media JOTA adalah internet sehingga secara sederhana lebih mudah untuk dilakukan dimanapun. Tapi tentunya memiliki resiko yang lebih besar terutama adalah data pribadi dan keselamatan diri karena menggunakan internet. Anda dapat membaca tulisan saya sebelumnya di tautan : https://pramukapos.com/bambangbudip/pentingnya-menjaga-data-pribadi.html

Lalu bagaimana pelaksanaan JOTI sendiri, berikut diantara adalah :

1. Media Pelaksanaan JOTI

Yang dimaksud media disini adalah perangkat dekstop (PC/Laptop) dan Smartphone/Gawai. Tujuannya adalah memudahkan untuk mencari aplikasi yang akan kita gunakan nanti dan tentunya untuk memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan karena keunggulan dan kelemahannya masing-masing.

2. Mengenal Sekilas Mitra Terpercaya JOTI

Untuk tahun 2018 ini ada 4 Mitra Terpercaya JOTA-JOTI yaitu ScoutLink, Joti tv, Joti Radio, dan Service Kring JOTA-JOTI. Anda bisa melihat bagaimana selengkapnya terkait mitra terpercaya Jota-Joti melalui halaman jotajoti.info/trustedpartner

3. Melaksanakan JOTI

Pelaksanaan JOTI sendiri tidak begitu rumit, hanya saja memiliki banyak “cabang” dalam pelaksanaannya. Diantara adalah :

– Percakapan Teks (IRC/Internet Relay Chat)

Percakapan teks atau text chat dapat dengan mudah dilakukan. Anda hanya perlu membuka tautan webchat.scoutlink.net dan bergabung dengan channel/saluran yang diinginkan di tandai dengan simbol pagar (#) di depan seperti #international, #english, atau #indonesian. Setelah tersambung anda dapat langsung memberikan salam dan bercakap-cakap dengan pengguna yang ada di saluran tersebut.

– Percakapan melalui suara

Untuk melakukan percakapan suara di JOTI pertama anda harus mengunduh dan meninstall aplikasi Teamspeak, setelah selesai meninstall cobalah untuk menyambungkan aplikasi dengan server teamspeak.scoutlink.net lalu bergabung dengan channel atau saluran yang telah disediakan, seperti indonesian atau english dan langsung saja bercakap-cakap di saluran tersebut. Tentunya disini anda membutuhkan headset yang memiliki mikrophone untuk memudahkan pelaksanaannya.

– Percakapan Video Webcam
Untuk melakukan percakapan video, anda bisa membuka halaman joti.tv lalu login menggunakan akun scout.org anda. Jika belum punya akun scout.org anda bisa mendaftarkan akun anda secara gratis di web tersebut. Setelah anda login di joti.tv, anda akan diberikan 2 pilihan yaitu JOTI Cafe dan Digital Campfire, pilih JOTI Cafe untuk melakukan percakapan video/webcam atau Digital Campfire untuk melihat gambar siapa saja yang bergabung bersama anda.

– JOTI Radio

Joti Radio seperti yang telah saya  sebutkan sebelumnya merupakan satu mitra terpercaya JOTA-JOTI. JOTI Radio memberikan layanan berupa siaran radio online yang dapat anda dengarkan sebagai hiburan/refreshing selama pekan JOTA-JOTI.

4. Etika Selama Ber-JOTI

Sama seperti JOTA, JOTI juga memiliki berbagai peraturan dan etika yang harus dipahami dan dipatuhi oleh setiap penggunanya, di antaranya:

1. Hargai privasi anda dan privasi orang lain, jangan pernah menyebar/memberikan info dan data pribadi anda kepada orang yang belum anda kenal.

2. Hindari memberikan info pribadi apapun dan dimanapun (IRC, sosial media, blog, forum, dsb) selama di internet.

3. Menyebutkan informasi pribadi di publik chat/forum/channel sangat tidak disarankan. Yang termasuk info pribadi antara lain: nama lengkap, alamat email, alamat rumah lengkap, nama akun media sosial seperti Facebook/Istagram/Twiter/Path,  ID  messenger  seperti  ID  Yahoo!Messenger/Skype,  alamat rumah, nomor telpon, Whatsapp dan hal-hal lainnya yang bersifat privasi.

4. Gunakan fasilitas PM/PC/PV/Pesan pribadi seperlunya, utamakanlah percakapan di forum/channel umum supaya dapat terpantau oleh operator. Dan jika ada hal hal yang tidak di inginkan operator dapat bertindak secepatnya sesuai dengan aturan yang berlaku

5. Apabila anda tiba-tiba mendapat pesan pribadi berupa kata-kata kasar/kotor/link tak pantas segera laporkan ke operator!

6. Aktifkan fitur logging jika tersedia, selain membantu anda untuk membuat laporan kegiatan nanti, fitur ini juga dapat di gunakan sebagai bukti suatu pelanggan aturan yang anda laporkan ke operator. Sehingga operator dapat mengambil langkah yang tepat untuk menindak pelaku pelanggan tersebut.

7. Saling menghormati dan tenggang rasa

8. Gunakan pilihan kata yang tepat sesuai kaidah yang berlaku. Kata-kata seperti, (maaf) “Anjirr”,”Njay”, dsb tidak disarankan di ucapkan selama di channel/saluran manapun.

9. Patuhilah tata tertib yang ada. Bisa anda lihat di artikel saya sebelumnya: https://pramukapos.com/bambangbudip/ini-peraturan-yang-perlu-kakak-tahu-saat-mengikuti-joti.html

10. Saat baru bertemu dan berkenalan di channel/saluran Joti, jangan langsung meminta info pribadi mereka.

11. Selalu terapkan kode kehormatan pramuka (Dwi Satya-Dwi Dharma serta Tri Satya-Dasa Dharma)

E. Penutup

Selain beberapa poin yang telah saya sebutkan di atas. Ada satu lagi poin terpenting dalam pelaksanaan JOTA-JOTI nanti yaitu koordinasi. Karena koordinasi memiliki peran penting terhadap tiap event. Seperti jika gudep anda ingin mengikuti kegiatan JOTA-JOTI cobalah untuk berkoordinasi dahulu dengan pelatih atau pembiana gudep yang bersangkutan supaya dapat diteruskan ke kwartir. Dan begitu seterusnya.

Dengan koordinasi yang baik, tentu sebuah acara akan berjalan secara optimal dan lancar. Sehingga rekan-rekan kita dapat mendapatkan sesuatu yang berharga setelah acara selesai, bukan cuma tiska maupun piagam namun juga pengalaman dan ilmu yang bermanfaat.

Jika kakak ingin lebih paham mengenai kegiatan JOTA-JOTI ini, kakak dapat mengunjungi jotajoti.info untuk penjelasan lengkapnya. Kunjungi pula channel #indonesian dan #help di webchat.scoutlink.net jika ada yang ingin ditanyakan terkait teknis pelaksanaan JOTA-JOTI. ScoutLink juga telah membuka channel terbaru yaitu #youth, tempat berkumpulnya para pemuda pramuka kepanduan dari seluruh dunia. Jadi jangan lupa untuk berkunjung. Salam Pramuka

Sumber: jotajoti.info ; scoutlink.net ; scout.org

Tinggalkan Komentar