Share This Post

Rebranding Pramuka

Ketrampilan dan Kecakapan

Ketrampilan dan Kecakapan

SEMAPHORE

Kegiatan bermain semaphore adalah merupakan kegiatan ketrampilan untuk melatih dan menguji kecakapan setiap anggota pramuka.  Kegiatan ini merupakan pengiriman informasi secara kode rahasia yang dilakukan seperti bermain memakai bendera berwarna merah dan kuning.

Semaphore digunakan dalam suatu kegiatan misalnya dalam berpetualang baik melalui hutan maupun mengarungi lautan diatasi perahu.

Setiap pramuka penghalang dan pramuka penegak wajib memiliki kecakapan dalam mengirim berita rahasia dan menerima berita rahasia melalui semaphore. Hal ini merupakan syarat untuk memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU)  dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK),untuk mencapai Kenaikan Tingkat.

Seperti Pramuka Penggalang kita mengenal kecakapan mereka kita dapat mengenal mereka cakap melalui lambang yang mereka pakai. Misalnya : Pramuka Penghalang Ramu, Pramuka Penghalang Rakit, dan Pramuka Penghalang Terap, serta Pramuka Penghalang Garuda.

Begitu juga Pramuka Penegak kita mengenal mereka melalui kecakapan Pramuka Penegak Antara, Pramuka Penegak Laksana, dan Pramuka Penegak Garuda.

Dan setiap Pembina Pramuka berhak memberi penghargaan tersebut sesuai dengan kecakapan anggota pramuka melalui ujian Syarat Kecakapan anggota pramuka.

Penghargaan adalah merupakan penghormatan atas sebuah komitmen dan tanggung jawab atas sebuah aktivitas yang dilakukan sesuai dengan sistem Pendidikan Kepramukaan.

Terimakasih

Tinggalkan Komentar