Share This Post

Regional

Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V Ajang Kompetisi dan Persaudaraan Pramuka Penggalang se-Banten

Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V Ajang Kompetisi dan Persaudaraan Pramuka Penggalang se-Banten

PANDEGLANG – Gugus depan 25051-25051 Pangkalan SMP Negeri 1 Karangtanjung, Kwarcab Pandeglang, Banten menyelenggarakan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V tingkat penggalang SMP/MTs se-Kwarda Banten pada Minggu, 28 Januari 2018 di SMP Negeri 1 Karangtanjung. Motto kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V adalah semangat, gembira, berkarya.

Kegiatan ini merupakan ajang perlombaan kepramukaan yang meliputi penjelajahan, pengetahuan umum, halang rintang, keterampilan, dan ketangkasan. Terdapat 42 trophy kejuaraan dari 5 mata lomba yang diperebutkan. Di antaranya, lomba keterampilan baris-berbaris tongkat (LKBBT), halang rintang, pengetahuan umum dan pengetahuan kepramukaan (PU/PK), kemampuan indera manusia dan semaphore-morse (KIM Semaphore Morse), dan penanganan pertama gawat darurat (PPGD). Kemudian juga ada perlombaan tambahan, seperti lomba yel-yel, barak terbersih, pangkalan favorit, komandan peleton terbaik, serta pembina Pramuka terbaik.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Pandeglang Kak Drs. H. Dodo Djuanda. Kak Dodo dalam amanatnya memberikan dukungan terhadap kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V. Ia juga berharap agar kegiatan ini mampu memberikan semangat kompetisi dan sportifitas, namun tetap menjaga persaudaraan antar-para peserta.

“Kakak pribadi sangat mendukung kegiatan ini, serta Kakak harap, seluruh peserta harus semangat dan berjuang, serta menjaga persaudaraan, karena kakak yakin dengan kegiatan ini membuat kita saling mengenal satu sama lain,” ujar Kak Dodo.

Kak Dodo juga memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi untuk seluruh panitia pelaksana. Menurut dia, panitia mampu memberikan suatu acara positif dan mendorong kemajuan Gerakan Pramuka di Kwarda Banten.

Penilaian pada kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V dilakukan secara langsung dan transparan sehingga pada penilaian masing-masing perlombaan dapat dilakukan secara cepat dan meminimalisir kecurangan. Penilaian sendiri pada beberapa mata lomba seperti LKBBT dan PPGD dilakukan oleh dewan juri yang berkompeten di bidangnya. Lomba keterampilan baris-berbaris dinilai oleh dewan juri yang bersal dari TNI. Sementara untuk perlombaan penanganan pertama gawat darurat dinilai oleh dewan juri dari FORPIS PMI Kabupaten Pandeglang.

Dengan begitu, penilaian yang dilaksanakan bebas dari kecurangan, dan mampu mendapatkan pemenang mata lomba yang memang memiliki kompetensi dalam tiap mata lomba. Kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V ini dan kembali menumbuhkan semangat dalam kegiatan kepramukaan, dan sebagai bahan evaluasi masing-masing pangkalan, serta sebagai ajang saling mengenal dan silaturahmi antar-Pramuka Penggalang se-Kwarda Banten.

uppps.jpg

Ketua Kwarcab memberikan piala Juara Umum HR WJS V 2018

Hal ini dibenarkan oleh Kak Hadli Sofyan selaku ketua pelaksana kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V. “Harapan kami dengan kegiatan ini mampu memberikan semangat baru dalam kegiatan Pramuka, serta menjadikan tiap Pramuka Penggalang Peserta HIking Rally Winaya Jaya Sakti V ini saling mengenal dan harapan kami pula semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali pada tahun depan,” tegas Kak Hadli.

Adapun juara umum Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V ini diraih oleh SMP Negeri 1 Bojong Pandeglang. SMPN 1 Bojong merupakan juara bertahan pada kegiatan Hiking Rally Winaya Jaya Sakti IV.

Berikut rincian para juara Hiking Rally Winaya Jaya Sakti V tahun 2018:

Juara Umum: SMPN 1 Bojong

Juara Utama Putra

Juara 1: SMPN 1 Bojong

Juara 2: MTs Alhalim

Juara 3: SMPN 10 Kota Serang

Juara Utama Putri

Juara 1: SMPN 10 Kota Serang

Juara 2: SMPN 1 Bojong

Juara 3: MTs Alhalim

Kami harap partisipasinya pada kegiatan Hiking Rally WJS VI di tahun 2019 nanti. Informasi bisa melalui instagram @winayajayasakti

Tinggalkan Komentar