Gaya Hidup

Mau Mencari Hewan Buat Qurban? Lihat Umurnya Yah

Setiap menjelang Hari Raya Idul Adha 1438 H, masyarakat mulai mencari-cari hewan ternak buat qurban. Nah, berikut ini bisa jadi panduan bagi masyarakat saat pilah-pilih hewan ternak buat qurban. (MSA)  

Misalnya Memilih, Kamu Lebih Milih Pacar atau Rainas?

Salam pramuka!. Gimana udah siap pergi Rainasnya?. Dan yakin sudah siap untuk ninggalin pasanganmu demi Rainas sementara ini. Ok, gimana kalau pacar melarang kamu ikut Rainas?. Jadi, kamu lebih milih mana, pacar atau rainas?. Setiap waktu tentunya kita selalu diperhadapkan pada pilihan, entah itu pilihan yang berdampak langsung bagi kita sendiri ataupun dampaknya hanya dirasakan oleh orang di sekeliling kita. Kita hidup di dunia pun akibat proses dari pilihan kan?. Lho ini kok jadi ngambang ke mana-mana hehehe… okey stay focus. Gini kakak, kalau kamu lebih milih pacar ya pasti kamu tidak diputusin. Tapi, kalau kamu lebih milih pergi Rainas ya pasti kamu kena putusin bukan. Serba salah ya kan!. Jadi gimana?. Gini kakak, kalau lebih milih Rainas itu adalah keputusan yang bagus. Kenapa demiki...

Motivasi Perjalanan Hidup

Assalamualaikum. Salam Pramuka Pos. Pada hari ini, tanggal 18 Juli 2017 saya mulai menulis artikel yang berjudul “Motivasi Perjalanan Hidup.” Ini sedikit menceritakan tentang perjalanan hidup saya yang keras dan tak mudah. Awalnya saya sempat berfikir ingin mengakhiri perjalanan hidup saya. Saya lelah dengan semua ini, dan saya selalu dipandang sebelah mata oleh semua orang. Seakan-akan saya ini hanyalah kotoran buat mereka, yang pantasnya hanya di caci maki dan dihina. Saya uga merasa tersisih dari kehidupan ini. Pada akhirnya, saya mencoba untuk berkelana dan menjajahi kehidupan ini. Di setiap perjalanan yang saya jalani ternyata masih banyak mereka yang hidupnya lebih berat daripada saya, tapi mereka tetap berjuang dan optimis menjalani hidupnya. Begitu hebatnya mereka, sesu...

Aku dan Kakak Guru

Hai! Apa kabar? Semoga sehat ya. Saya kelahiran Demak asli. Pertama kali saya ikut Pramuka itu waktu semasa SMP. Ya meskipun tidak terlalu tahu banyak mengenai Pramuka, tapi saya memberanikan diri ikut serta dalam kegiatan Pramuka. Kakak-kakak ada yang seperti saya tidak?. Yang saya amati pertama kali dari Pramuka, jujur adalah pakaiannya yang serba cokelat. Dulu yang saya bayangkan adalah pakaian cokelat identik dengan lumpur dan kotor-kotoran. Apakah saya nanti akan terjun ke lumpur seperti latihan TNI?. Seiring waktu berjalan saya menjadi Pramuka, pertanyaan di benak saya mulai berubah. Yang tadinya pertanyaan yang terbilang basa-basi seperti “apa itu Pramuka?” berubah menjadi “apa tujuanku ikut Pramuka?”. Ternyata jawaban yang aku cari selama ini aku dapatkan di masa SMA, yaitu di pene...

Pramuka Ibarat Sebuah Benih

Beberapa orang berpendapat bahwa Pramuka itu tidaklah penting dan mereka berpikir apa untungnya menjadi seorang Pramuka itu. Meremehkan bahkan mencibir Gerakan Pramuka adalah sesuatu yang seharusnya tidak terjadi. Tapi, kita tidak bisa melarang mereka karena berpendapat adalah hak setiap orang, benar bukan?. Saya sendiri adalah seorang Pramuka dan saya tentunya tidak senang dengan anggapan tersebut. Rasanya ingin melepas hasduk yang selama ini saya kenakan. Namun, lihatlah sekarang apa yang terjadi. Pramuka kembali di pandang baik oleh masyarakat. Hal ini telah di buktikan dengan dibuatnya dan dirilisnya video “Senam Pramuka Jilid 2” pada tahun 2015 lalu. Lalu, apa yang sebenarnya mengubah pandangan orang-orang mengenai Pramuka?. Kita anggap pemuda yang belum tahu apa itu Pramuka sebagai s...

Sisi Positif dan Negatif dari Raimuna Nasional

Hai! Hai! Lagi ngapain ni kakak-kakak yang ada di seluruh indonesia?. Pasti sedang mikirin keseruan Rainas 2017 ya!. Selesai itu sudah tidak terasa ya raimuna nasional 2017 cuma hitungan hari lagi. Ya bagi yang lolos ya pasti senang dan yang tidak lolos jangan berkecil hati. Mungkin, belum rejeki. Bagi yang berkesempatan pergi jangan menyianyiakan kegiatan itu, dikerenakan kegiatan itu adalah kegiatan yang sangat bergengsi dan impian seluruh anak Pramuka, khususnya Penegak dan Pandega. Jadi, rugi dong kalau disia-siakan. Ok, menurut anda apa raimuna?. Yap, raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna diselenggarakan mulai dari tingkat Kwartir Ranting (kecamatan) hingga ting...

Ubah Presepsi, Jiwa Pramuka Menjadi Jati Diri

Pendapat kebanyakan orang bahwa Pramuka itu kegiatan yang membosankan dan melelahkan dan bagi remaja mungkin dianggap tidak penting. Itu karena mereka tidak tau apa Pramuka sebenarnya. Bahkan, di sekolah-sekolah pun ada peraturan bahwa Pramuka diwajibkan untuk siswa. Bukankah itu suatu pemaksaan?. Kita juga tahu apapun yang dipaksakan tidak akan baik hasilnya. Apalagi jika materi yang diberikan hanya duduk diam dan mencatat di dalam ruangan. Ubah sistem itu. Pramuka itu sejatinya kegiatan outdoor bukan indoor. Tapi sebenarnya mereka tahu kelebihan dari Pramuka sehingga walaupun tak lama tapi setidaknya setiap anak pernah dididik menjadi seorang Pramuka. Tapi, bagaimana perasaan orang yang sejak awal aktif di Pramuka?. Jujur ini pengalaman pribadi saya. Ada suatu saat saya merasa tak diangg...

Generasi Baru untuk Indonesia Maju

OM SWASTIASTU. SALAM PRAMUKA!. Berbicara tentang kemajuan Indonesia tidak luput dari generasi penerusnya. Di masa revolusi masih banyak remaja yang “nyeleweng”. Tidak lain karena mereka tidak tahu tempat untuk menunjukan bakat terpendamnya. Jika negara lain bisa maju, Indonesia bahkan bisa lebih maju karena memiliki nilai intelektual tinggi. Dengan bermodalkan generasi kreatif, inovatif dan berkarakter. Jadi, organisasi Pramuka sangatlah berperan melahirkan generasi yang gemilang. Pramuka yang berdiri tegak dengan menyongsong sistem among sebagai pedoman berkehidupan, dengan menciptakan pendidikan yang berkualitas. Pramuka selalu menyiapkan kader-kader bangsa untuk masa depan dengan bekal keterampilan, kepemimpinan yang terbentuk di Pramuka, dapat menjadi modal menjadi pemimpin...

7 Kiat Siap Raimuna Nasional XI 2017

Salam Pramuka… Raimuna Nasional, inilah dia agenda yang sudah pastinya kakak tunggu-tunggu. Tapi, sebelum itu kakak-kakak sudah siap belum dengan acara ini?. Baiklah, hari ini penulis ingin berbagi sedikit tips untuk siap Raimuna Nasional atau biasa disingkat (RAIMUNAS). Jaga Kondisi Badan Tetap Fit Ini merupakan sesuatu hal yang signifikan, karena apabila kita tidak memiliki jasmani yang fit banyak kemungkinan kita bakalan terkena penyakit saat mengikuti kegiatan tersebut. Jadi, kakak-kakak sekalian harus selalu siaga untuk menjaga kualitas kesehatan jasmani, seperti hindari kegiatan yang terlalu melelahkan dan jangan terlalu memaksakan diri. 2. Perbanyak Konsumsi Makanan Bervitamin dan Bergizi Hal yang satu ini juga perlu diperhatikan, karena kita juga butuh asupan gizi dan vitamin...

Jaya Pramukaku Majulah Indonesiaku

Salam Pramuka! Ini adalah postingan pertama saya di sini. Jadi, kita mulai dengan perkenalan terlebih dahulu. Postingan ini ditulis oleh seorang anak sekolah yang berusaha memanfaatkan waktu luang yang dia miliki selama liburan sekolanya. Postingan ini berjudul “Jaya Pramukaku Majulah Indonesiaku.” Mengapa judul itu yang saya pilih?. Karena dalam postingan ini saya akan membahas mengenai Pramuka inti dari kelangsungan hidup bangsa kita, kira-kira seperti apa ya isinya??. Daripada penasaran langsung saja deh kita lihat di bawah ini, hehe.. Sungguh mirisnya negeri ini. Coba kita lihat kekacauan di mana-mana. Banyak perkelahian, banyak permusuhan hingga menyebabkan kematian. Tak sadarkah kita bahwa kita adalah satu yaitu bangsa Indonesia, tak ada yang bisa disalahkan, semua ini te...

Penantian Yang Tercapai

Suatu hal yang sulit untuk diceritakan. Cerita yang begitu pahit namun dapat menghasilkan yang begitu sempurna. Permasalahan antara PKL dan Pramuka menjadi pelajaran begitu berharga. Kisah nyata yang ku alami pada saat melaksanakan Praktik Kerja Lapangan (PKL). Perdebatan dengan pemimpin perusahaan membuat ku menjadi frustasi. Sudah dari tahun lalu mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi Raimuna Nasional XI tahun 2017, namun ini hal pahit yang ku alami. Ketidaksukaan owner perusahaan tempatku PKL dengan Pramuka membuat kami selalu timbul perdebatan. Satu hal yang membuatku merasa terlepas dari beban yang selalu menimpa adalah Pramuka. Biasanya, sabtu dan minggu adalah hari libur PKL. Mengisi kekosongan hari yang sangat singkat itu adalah dengan latihan rutin Pramuka. Namun, ekspetasiku ...

Ini 10 Faktor Utama Kesuksesan

Sebagian orang menganggap bahwa kecerdasan (IQ) adalah kunci utama kesuksesan. Jadi, orang yang cerdas dianggap akan berpotensi sukses. Ternyata, anggapan ini kurang tepat. Penelitian Thomas J. Stanley, Ph.D. telah membantah anggapan ini. Sebagian orang lagi beranggapan bahwa lulus dengan nilai terbaik akan menghantarkannya kepada kesuksesan. Ternyata, kepercayaan ini juga kurang tepat. Penelitian Thomas J. Stanley juga telah menyanggah kepercayaan ini. Apa saja sebenarnya faktor utama kesuksesan? Ini jawaban Thomas J. Stanley: Jujur Disiplin Gaul (Good Interpersonal Skill) Dukungan dari pasangan hidup Bekerja lebih keras dari yang lain Mencintai apa yang dikerjakan Kepemimpinan yang baik dan kuat Semangat dan berkepribadian kompetitif Pengelolaan kehidupan yang baik Kemampuan menjual gaga...