Hiburan

Apakah Kakak Masih Hafal Dasa Dharma Pramuka?

Ada yang masih ingat dengan Dasa Dharma Pramuka? Yuk uji coba ingatan Kakak, siapa yang mau jawab? Selamat mencoba ya Kak.

Ada Taman Bacaan Nyaman Lho di Cibubur, Kunjungi Yuk!

JAKARTA – Buat Anda yang ingin membaca, ada satu taman baca yang sangat recommended. Koleksi bukunya banyak, ruangannya nyaman, dan pembaca juga bisa membaca di luar ruangan. Taman bacaan yang nyaman itu bernama Sanggar Ilmu, terletak di Balai Warga, Kompleks Perumahan Karyawan, Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur. Tempat tersebut baru diresmikan oleh Ketua Ikatan Ibu-ibu Kwarnas (IIK) Gerakan Pramuka, Kak Mira Adhyaksa, Jumat siang (22/12). Kak Mira mengatakan, Sanggar Ilmu IIK didirikan dengan dua tujuan. “Sanggar Ilmu IIK ini dibentuk atas prakarsa dari kami, Ikatan Ibu-ibu Kwarnas (IIK). Tujuannya, pertama, mencerdaskan anak bangsa. Karena melihat minat baca anak sekarang merosot,” ujar Kak Mira di sela-sela peresmian Sanggar Ilmu IIK. Tujuan kedua, sebagai sarana untuk bers...

Gandeng Kwarnas, MNC Tayangkan Games Pramuka

JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka kembali mengadakan rapat bersama tim produser MNC Channels guna membahas rencana tayangan games anak berjudul The Camp di MNC Kids. Mereka diterima oleh Andalan Nasional Kwarnas Bidang Komunikasi dan Informasi Kak Hariqo Wibawa Satria. Rapat terbatas ini membahas konten dari games itu sendiri. Pasalnya, MNC akan menggandeng anak-anak Pramuka sebagai pemain utama tayangan tersebut. Berbagai contoh games dipresentasikan oleh pihak MNC Channels. “Kita masih mencari formula yang tepat kira-kira jenis permainan atau games apa yang menarik ditayangkan dalam program The Camp ini. Kita inginnya tayangan ini tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak, tapi juga orang dewasa,” ujar Kak Budi Mulyono, Deputy Programming and Productions ...

Dum Dum Cak! Pembina Pramuka Aceh Menari India Bareng Anak-anak

JAKARTA – Video seorang pembina Pramuka di Aceh, Maulana Hamzah menari bersama anak-anak viral di media sosial. Uniknya, mereka menari dengan lagu India berjudul “Dum Dum Cak”. Anak-anak yang ikut menari pun tampak menikmatinya. Tambah asyik, tarian negeri Bollywood itu dilakukan di sawah sambil bermain air di alam bebas. Video itu diunggah Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault dalam akun Instagramnya, @adhyaksadault. Sampai berita ini ditulis, video itu sudah dilihat 9.612 netizen. Videonya dapat dilihat di link ini: https://www.instagram.com/p/Bcmrzb3F9PC/?taken-by=adhyaksadault. “Keren banget, he2. Kita perlu banyak video seru2 gini. Pramuka itu gembira dan peduli. Video: Kak Maulana Hamzah (Pembina Pramuka di Aceh),” begitu ditulis Kak Adhyaksa Dault di Instagramny...

Kan Ku Teruskan Tujuanmu Part 4

KAN KU TERUSKAN TUJUANMU Part 4 “Tidak hanya itu tujuanku Yan. Ada satu lagi. Aku ingin menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas untuk Indonesia melalui Pramuka. Karena pramuka memang untuk masa depan Indonesia. Pramuka membentuk kita menjadi pribadi yang kreatif, inovatif dan berkarakter. Aku ingin ikut mengambil tanggung jawab untuk menciptakan generasi seperti itu. Namun, aku tidak punya banyak waktu. Aku tidak akan punya waktu lama untuk menghirup udara ini, menatap sang surya dan merasakan terpaan angin. Aku sudah tidak punya waktu Yan. Tapi kamu masih punya. Waktumu masih banyak Yan. Aku tidak ingin tujuanku itu gagal.” “Tidak Ta, kamu berhasil. Kamu mampu merubahku dari Brian yang nakal menjadi Brian yang bertanggung jawab dan baik terhadap sesama. Kamu harus semangat se...

Kan Ku Teruskan Tujuanmu Part 3

KAN KU TERUSKAN TUJUANMU Part 3 Tapi hanya sebentar. Pada waktu kita berkumpul, dia bersemangat seperti biasanya. Dia kembali ceria. “Mungkin dia memang dehidrasi.” Pikirku. Hari pertama Rainas berjalan dengan lancar. Aku sangat senang mengikutinya. Banyak kegiatan yang kita lakukan. Kegiatan-kegiatannya pun sangat bermanfaat. Karena Rainas ini menitikberatkan pada pengembangan diri pramuka penegak dan pandega yang terdiri dari bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial sebagai individu dan sebagai anggota masyarakat. Aku pun merasa menjadi anak yang berguna berkat pramuka. Dan hari terakhir Rainas pun datang. Hari ke-9 dan hari kepulangan. Aku merasa sedih atas berakhirnya Rainas ini. Karena disini aku memiliki banyak teman dan pengalaman. Aku bercerita pada Okta. Tapi lagi-l...

Kan Ku Teruskan Tujuanmu Part 2

KAN KU TERUSKAN TUJUANMU Part 2 “Gini lho yan, sekeras apapun sebuah batu pasti akan hancur apabila ditetesi air terus menerus. Lagipula ini juga sebagai bentuk pengamalanku pada dasa darma pramuka yang kedua.” “Pramuka lagi. Kamu kenapa sih Ta suka banget sama Pramuka? Apa tujuanmu?” “Ya suka Yan. Bahkan aku cinta pramuka. Kalau masalah tujuan nanti kalau sudah waktunya pasti kuberi tahu. Lagipula nanti kamu juga bakal tahu sendiri.” “Hmmmm.. Ya udah aku ikut pramuka.” “Nah gitu donk Yan.. gak bakal nyesel deh. Kamu kan temanku.” Itulah kali pertama aku mengikuti pramuka. Dan ternyata… Aku salah. Saat aku mengikuti pertama kalinya aku merasa bahwa aku kembali hidup setelah terjerumus pada gelapnya harta dan kesombongan. Di sini aku diajarkan pada bagaimana caranya untuk lebih bertaq...

Kan Ku Teruskan Tujuanmu Part 1

KAN KU TERUSKAN TUJUANMU Part 1 Namaku Brian. Kelas 11 SMK Cempaka Putih. Anak orang paling kaya di sekolah ini. Dan karna itu pula mungkin yang menjadikanku pribadi yang sombong dan angkuh, tak taat peraturan, tak pernah menghormati guru dan siapapun dan selalu menghina anak lain. Bahkan aku pernah berkelahi dengan teman sekelasku hingga kepalanya terbentur dan dilarikan ke rumah sakit. Aku memang nakal. Setiap nasihat yang datang kepadaku masuk telinga kanan dan keluar telinga kiri. Namun, itu Brian yang dulu. Sekarang aku sudah berubah. Aku benar-benar berubah 360 derajat. Dari Brian yang super nakal menjadi Brian yang bertanggung jawab dan peduli terhadap sesama. Itu semua karena ada seseorang yang menginspirasiku. Dan itu semua juga karena Pramuka. Tidak percaya. Kan kuceritakan semua...

Terima Kasih Pramuka

Kamu tahu kenapa aku sangat suka datang ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat 5 waktu, suka bersedekah untuk fakir miskin, berpuasa dan zakat? Tidak hanya itu, aku juga berusaha untuk selalu menjauhi laranganNya dan melaksanakan perintahNya. Itu untuk pengamalanku pada dasa darma pramuka yang pertama yakni Takwa kepada Tuhan YME. Kini hidupku yang dulu gelap gulita karena narkoba dan harta, sekarang mendapat cahaya. Kamu tahu kenapa aku bisa punya banyak teman? Tidak hanya dari satu golongan, namun juga golongan lainnya. Dari yang mulai beda suku, adat, ras, agama, kaya, miskin, pandai, bodoh, berkulit hitam, berkulit putih, berhidung mancung sampai yang pesek. Aku juga mengikuti kegiatan alam, seperti pendakian dan penjelajahan. Itu untuk pengamalanku pada dasa darma pramuka yang ked...

Ini Ceritaku Bersama Pramuka, Mana Ceritamu??

Sejak SD,saya mulai mengenal pramuka,mulai dari pesta siaga hingga kemah di kecamatan saya ikuti. Ketika kelas 7 SMP,Pramuka masuk dalam ekstrakulikuler wajib. Ketika naik kelas 8, pramuka tidak lagi diwajibkan,tetapi yang berminat menjadi Dewan Penggalang dipersilahkan untuk mendaftar dan mengikuti seleksi. Dari 100 lebih siswa yang mendaftar,hanya 50 yang diterima dan Alhamdulillah saya termasuk yang diterima. Dari situlah perjalanan pramuka saya dimulai. Salah satu kegiatan yang paling membekas adalah ketika mengikuti Lomba Tingkat (LT) Kabupaten selama 4 hari. Ada 8 cabang lomba  yang harus kami persiapkan dalam 2 minggu. Kami ber-8 tergabung dalam satu regu untuk mewakili sekolah dan kecamatan. Ada kejadian lucu saat upacara pembukaan. Regu kami sedang mengikuti acara pembukaan dengan...

Dengan Berdasarkan ” Sesama Anggota Pramuka”

Sesama anggota Pramuka? Sejauh mana kah batasannya? Apakah tidak ada batasan? Terasa dekat sekali persahabatan yang baru saja terjalin itu. Padahal belum pernah bertemu untuk berbicara sejenak, bagaimana bisa?. Saya mempunyai teman dekat, dekat sekali sampai-sampai sekarang sudah hilang jejaknya. Dimana dia? Dia tidak kemana-mana kok, hatinya saja yang berpindah. Dia seorang Pramuka, aku mengaguminya. Berkat dia, aku sekarang menjadi kagum dengan Pramuka. Tetapi tak seperti Pramuka yang tetap berada di hatinya, kini aku mungkin saja sudah tidak berada di hatinya lagi. Sedih? Kecewa? Tentu saja. Beberapa dekatkah anggota pramuka yang satu dengan yang lainnya dari seluruh belahan dunia? Mungkin terasa dekat sekali walaupun belum pernah bercakap-cakap secara langsung. Tidak aku pungkiri, pram...

Apakah Pramuka Itu?

Pramuka itu apa? Apakah saya termasuk anggota Pramuka? Seringkali saya berputar-putar dalam tanda tanya seperti itu. Pramuka itu dirasakan di dalam diri, Pramuka itu dilihat dari batinnya, Pramuka itu dilihat dari lahirnya, Pramuka itu jiwa, apakah dia sudah mengamalkan kode kehormatan Pramuka di dalam dirinya atau belum. Saya mempunyai teman dekat yang memang benar-benar seorang anggota Pramuka. Mengapa saya mengatakan dia benar-benar seorang anggota Pramuka?. Ya, karena saya melihat secara nyata bahwa dia memang memiliki kartu tanda anggota Pramuka. Dia juga berada dalam suatu pangkalan yang menjadi wadah bagi para anggota Pramuka, dan yang lebih menguatkannya lagi dia adalah seorang Pradana. Dengan demikian, saya menjadi berpikir bahwa keanggotaan Pramuka itu dibuktikan dengan adanya ka...