Share This Post

KPN 2018

Kwarran Pramuka Jongkong Kirim Pembina Terbaiknya ke KPN 2018

Kwarran Pramuka Jongkong Kirim Pembina Terbaiknya ke KPN 2018

KAPUAS HULU – Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Jongkong, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat mengirim salah satu pembina penegak terbaiknya di ajang Karang Pamitran (KPN) 2018 yang bertempat di Desa Lebakharjo, Kab. Malang, Jawa Timur. Pembina tersebut bernama Kak Aan Yulianto, S.Pd yang kerap disapa Kak Aan. Kak Aan merupakan Guru Bahasa Indonesia yang bertugas di SMA Negeri 1 Jongkong.

Selain mengajar di kelas, Kak Aan juga aktif sebagai pembina Pramuka di Gudep Gusti Sulaiman-Putrid Rondu yang berpangkalan di SMA Negeri 1 Jongkong. Pemuda kelahiran Madiun,  7 agustus 1988 ini juga aktif di kegiatan Kwarran, dengan jabatan sebagai Anru Pembina Penegak Putra.

Kak Aan mengenal dunia Pramuka semenjak SD. Beliau merupakan anggota Gerakan Pramuka Aktif. Bedasarkan pengalaman menjadi peserta didik di Pramuka mulai dari SD hingga perguruan tinggi, beliau memberanikan diri untuk mulai membina Pramuka.

Kemampuan kepramukaan Kak Aan lebih terasah saat menjadi peserta Khursus Mahir Dasar (KMD) di Kapuas Hulu pada tahun 2014. Pada tahun yang sama, ia juga ditugaskan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMA Negeri 1 Jongkong.

Di Jongkong inilah mulai aktif membina Pramuka Penegak, bersama dua pembina lainnya  mereka mampu membuat Gudep Gusti Sulaiman – Putrid Rondu berprestasi baik di Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, Nasional, dan Go Internasional.

Kegiatan KPN akan berlangsung pada tanggal 13 – 19 Agustus mendatang. Kak Aan rencananya bergabung dengan beberapa prmbina lain untuk mewakili Kwarcab Kapuas Hulu.

“Semoga dengan keikutsertaan Kak Aan di KPN dapat menambah ilmu di bidang kepramukaan dan dapat membuat maju Gudep serta Kwarran” ujar Kak Diah Ary Yulianto selaku Ketua Gudep Gusti Sulaiman Putrid Rondu.

Tinggalkan Komentar