Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kehidupan Perkemahan Tak Akan Terlupakan

Kehidupan Perkemahan Tak Akan Terlupakan

Kepanduan atau Pramuka dibawa oleh Baden Powell atas keberhasilannya dalam sebuah perkemahan. Karena itu, Baden Powell menulis sebuah buku berjudul “Scouting for Boy” yang membuat Pramuka lebih berkembang di Indonesia. Pramuka memiliki beberapa ciri khas, salah satunya berkemah.

Perkemahan ini biasanya dilakukan di alam terbuka dengan tujuan mempererat tali persaudaraan, bekerjasama dengan baik, mengembangkan kemampuan diri, saling berbagi pengalaman dan kemampuan. Ada beberapa jenis perkemahan, di antaranya, Perkemahan Sabtu Minggu (Persami), Perkemahan Satu Hari, dan masih banyak lagi.

Selama berkemah, kita hidup berdampingan dengan alam. Karena itu, seharusnya kita mempersiapkan diri dan perlengkapan dengan matang. Beberapa perlengkapan yang harus dibawa antara lain tenda, perlengkapan tidur, alat-alat masak, perlengkapan pribadi dan bahan-bahan untuk memasak. Tidak perlu berpikir bahwa semuanya akan sulit dibawa karena akan menjadi beban. Hidup akan terisa ringan jika kita menjalankannya dengan ikhlas.

Saat tiba di area perkemahan, yang pertama harus dilakukan adalah mendirikan tenda. Tenda berfungsi sebagai tempat berlindung dan menyimpan berbagai perlengkapan. Oleh karena itu, ketika membuat tenda upayakan seakan-akan kita sedang membangun rumah: mulai dari membuat fondasi yang kuat hingga bangunan kokoh yang dapat melindungi siapa pun dari panasnya matahari dan dinginnya  malam.

Memasak merupakan suatu tradisi di mana kemandirian diuji. Akan terasa berharga, ketika di rumah kita dapat leluasa makan masakan ibu. Pasti berbeda rasanya dengan masakan yang dibuat sendiri. Bukan soal rasa, yang terpenting adalah kebersamaan yang akan menjadi sebuah kenangan. Duduk bersama di depan api unggun sambil bernyanyi dan bersenda gurau juga membuat sebuah torehan kenangan yang sangat indah.

Rasa lelah seketika hilang karena banyak momen-monen indah yang sayang jika dilewatkan. Tidak lupa, jagalah selalu keasrian dan keindahan alam yang kita nikmati sekarang agar bisa dinikmati di masa depan, dengan cara tidak meninggalkan sampah di area perkemahan. (DPS/AK)

Tinggalkan Komentar