Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kajian Kepandegaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur Tahun 2017

Kajian Kepandegaan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur Tahun 2017

Cianjur. Untuk meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Pramuka Pandega di Kabupaten Cianjur, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Cianjur c.q Dewan Kerja Cabang Cianjur, 15 Januari 2017 menyelenggarakan Kegiatan Kajian Kepandegaan dalam bentuk Lokakarya yang bertempat di Gedung Serbaguna Bale Kitri Jalan Pramuka Nomor 2 Karangtengah Cianjur.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kak H.Cecep Sobandi, SH., MM selaku Ketua Kwartir Cabang Cianjur. pada kesempatan ini Dewan Kerja Cabang Cianjur mengundang Kak Eri Haryanto – MT (Ancu. Pramuka T / D Cianjur 2011-2016), Kak Agus Solihin – LG (Kepala Pusdiklatcab Cianjur) dan Kak Irwan Maulana – LS (Ketua Yayasan Al-Kasyafah) sebagai narasumber.

Pada umumnya banyak anggota Pramuka Penegak dan Pandega yang sudah lulus sekolah dan bekerja tetapi ingin terus aktif di Gerakan Pramuka namun tidak ada wadah pembinaannya, ada racana yang sudah terbentuk dengan kondisi pola pembinaan yang belum tepat karena kurangnya SDM/Pembina Pramuka Pandega.

Setelah Pemaparan dari semua narasumber , kegiatan dilanjutkan dengan diskusi.

Berikut hasil diskusi yang menghasilkan Rekomendasi dari Peserta Kajian Kepandegaan :

  1. Kwartir Cabang Cianjur
  • Menyelenggarakan Supervisi, Evaluasi dan Monitoring untuk Pramuka Pandega di Kwartir Ranting se-Kwartir Cabang Cianjur.
  • Menyelenggarakan Kegiatan Pertemuan Besar Khusus Pramuka Pandega.
  • Menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar bersubdisi untuk Pramuka Pandega dalam rangka mengisi salah satu Poin Syarat Kecakapan Umum Pramuka Pandega.
  • Menyelenggarakan Kursus Mahir Pembina Tingkat Lanjutan Golongan Pandega untuk memfasilitasi Pembina di Gugusdepan Racana Pandega.
  1. Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kwartir Cabang Cianjur
  • Menyelenggarakan Kursus Mahir Dasar bersubdisi untuk Pramuka Pandega dalam rangka mengisi salah satu Poin Syarat Kecakapan Umum Pramuka Pandega.
  • Menyelenggarakan Kursus Mahir Pembina Tingkat Lanjutan Golongan Pandega bersubsidi untuk memfasilitasi Pembina di Gugusdepan Racana Pandega.
  1. Yayasan Al-Kasyafah
  • Segera membentuk Gugusdepan Racana dan Ambalan di Yayasan Al-Kasyafah, agar Pramuka Penegak dan Pandega yang saat ini sudah lulus dari sekolah dapat tetap aktif di gugusdepan dan melanjutkan pendidikan kepramukaannya serta pencapaian kecakapan umum, khusus dan garuda.

Dewan Kerja Cabang Cianjur berharap, Pramuka Penegak dan Pandega setelah lulus sekolah atau kuliah dan bekerja tetap aktif di Gerakan Pramuka serta pola dan mekanisme pembinaannya berjalan.

Tinggalkan Komentar