Pramuka Pos https://pramukapos.com Setiap Pramuka Adalah Kantor Berita Thu, 18 Jan 2018 07:15:26 +0000 id-ID hourly 1 122024332 Kwarnas Undang Pramuka Ikuti National COMDECA ke-6 di Bangladesh, ini Persyaratannya https://pramukapos.com/pramukapos/kwarnas-undang-pramuka-ikuti-national-comdeca-ke-6-di-bangladesh-ini-persyaratannya.html https://pramukapos.com/pramukapos/kwarnas-undang-pramuka-ikuti-national-comdeca-ke-6-di-bangladesh-ini-persyaratannya.html#respond Thu, 18 Jan 2018 07:15:26 +0000 https://pramukapos.com/?p=11593 JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengundang Pramuka Penegak dan Pandega, serta Pembina Pramuka dari Kwartir Daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan National Community Development Camp (COMDECA) ke-6 di Bangladesh. Apa saja syarat mengikutinya? “Kami sampaikan dengan hormat bahwa Bangladesh Scouts akan mengadakan The 6th National COMDECA (Community Development Camp) 2017 pada tanggal 8-12 Maret 2018 di Charvanga, Haimcar yanq berlokasi di Chandpur District, Bangladesh. Bangladesh Scouts mengundang seluruh National Scouts Organization (NSO) termasuk Gerakan Pramuka untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” begitu ditulis dalam surat edaran. Surat yang dibuat pada 15 Januari 2018 itu dapat didownload melalui link ini: https://pramuka.or.id/assets/uploads/2018/01/Edaran-Comdeca0001.pdf . Jika Anda berminat menjadi peserta kegiatan ini, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi. Persyaratan untuk Anggota Muda: 1. Anggota Pramuka Penegak/Pandega Utusan Kwarda Kwarcab putra/putri, dibuktikan dengan KTA (Kartu Tanda Anggota). 2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun, dengan rentang tanggal lahir 8 Maret 1992 – 8 Maret 2000. 3. Mendapat izin tertulis dari kedua orang tua. 4. Mendapat izin tertulis dari sekolah atau instansi pendidikan. 5. Mendapat rekomendasi tertulis dari Kwartir Daerah. 6. Dapat berbahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulis. 7. Memiliki paspor aktif dengan masa berlaku sampai dengan bulan Oktober 2018 atau bulan dan tahun setelahnya. 8. Sanggup membiayai/membayar biaya yang diperlukan. Persyaratan untuk Anggota Dewasa (Pembina): 1. Pembina Pramuka muda, dibuktikan dengan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan Sertifikat Kursus Mahir Dasar. 2. Berusia minimal 26 tahun dan maksimal 40 tahun, dengan tanggal lahir sebelum atau pada 8 Maret 1992. 3. Mendapat izin tertulis dari kedua orang tua (bagi yang belum menikah). 4. Memenuhi persyaratan nomor 5-7 sebagaimana disebutkan di atas. 5. Sanggup membiayai/membayar biaya yang diperlukan. 6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kak Deden Syefrudin 0817 9020 317 dan/atau email: d_syefrudin@yahoo.com. 7. Persyaratan administratif terkait pengurusan visa Bangladesh dapat dilihat pada bagian Tahapan Pendaftaran poin (3). (MSA/AK)

Posting Kwarnas Undang Pramuka Ikuti National COMDECA ke-6 di Bangladesh, ini Persyaratannya ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mengundang Pramuka Penegak dan Pandega, serta Pembina Pramuka dari Kwartir Daerah seluruh Indonesia untuk mengikuti kegiatan National Community Development Camp (COMDECA) ke-6 di Bangladesh. Apa saja syarat mengikutinya?

“Kami sampaikan dengan hormat bahwa Bangladesh Scouts akan mengadakan The 6th National COMDECA (Community Development Camp) 2017 pada tanggal 8-12 Maret 2018 di Charvanga, Haimcar yanq berlokasi di Chandpur District, Bangladesh. Bangladesh Scouts mengundang seluruh National Scouts Organization (NSO) termasuk Gerakan Pramuka untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini,” begitu ditulis dalam surat edaran.

Surat yang dibuat pada 15 Januari 2018 itu dapat didownload melalui link ini: https://pramuka.or.id/assets/uploads/2018/01/Edaran-Comdeca0001.pdf .

Jika Anda berminat menjadi peserta kegiatan ini, berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi.

Persyaratan untuk Anggota Muda:
1. Anggota Pramuka Penegak/Pandega Utusan Kwarda Kwarcab putra/putri, dibuktikan
dengan KTA (Kartu Tanda Anggota).
2. Berusia minimal 18 tahun dan maksimal 25 tahun, dengan rentang tanggal lahir 8 Maret
1992 – 8 Maret 2000.
3. Mendapat izin tertulis dari kedua orang tua.
4. Mendapat izin tertulis dari sekolah atau instansi pendidikan.
5. Mendapat rekomendasi tertulis dari Kwartir Daerah.
6. Dapat berbahasa Inggris secara aktif baik lisan maupun tulis.
7. Memiliki paspor aktif dengan masa berlaku sampai dengan bulan Oktober 2018 atau bulan dan tahun setelahnya.
8. Sanggup membiayai/membayar biaya yang diperlukan.

Persyaratan untuk Anggota Dewasa (Pembina):
1. Pembina Pramuka muda, dibuktikan dengan KTA (Kartu Tanda Anggota) dan Sertifikat Kursus Mahir Dasar.
2. Berusia minimal 26 tahun dan maksimal 40 tahun, dengan tanggal lahir sebelum atau pada 8 Maret 1992.
3. Mendapat izin tertulis dari kedua orang tua (bagi yang belum menikah).
4. Memenuhi persyaratan nomor 5-7 sebagaimana disebutkan di atas.
5. Sanggup membiayai/membayar biaya yang diperlukan.
6. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Kak Deden Syefrudin 0817 9020 317 dan/atau email: d_syefrudin@yahoo.com.
7. Persyaratan administratif terkait pengurusan visa Bangladesh dapat dilihat pada bagian Tahapan Pendaftaran poin (3).

(MSA/AK)

Posting Kwarnas Undang Pramuka Ikuti National COMDECA ke-6 di Bangladesh, ini Persyaratannya ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
https://pramukapos.com/pramukapos/kwarnas-undang-pramuka-ikuti-national-comdeca-ke-6-di-bangladesh-ini-persyaratannya.html/feed 0 11593
Kwarran Gerakan Pramuka Jaken Gelar Pesta Siaga 2018 https://pramukapos.com/ahmadsidiqalawy/kwarran-gerakan-pramuka-jaken-gelar-pesta-siaga-2018.html https://pramukapos.com/ahmadsidiqalawy/kwarran-gerakan-pramuka-jaken-gelar-pesta-siaga-2018.html#respond Thu, 18 Jan 2018 07:03:44 +0000 https://pramukapos.com/?p=11485 PATI – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Jaken menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga pada Sabtu (13/01) bertempat di kompleks SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati. kegiatan yang diikuti oleh 600 Pramuka siaga ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi dan pencapaian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di masing-masing gugus depan dalam bentuk kompetisi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya diri, melatih kemandirian serta ajang silaturahmi antar pramuka siaga di wilayah Jaken. Adapun materi yang dilombakan antara lain ketaqwaan, kepribadian, yel barung, peraturan baris berbaris (PBB), pengetahuan umum dan kepramukaan serta keterampilan tali, ikatan dan kompas. Permainan kereta bola juga turut melengkapi materi kegiatan dalam Pesta Siaga tahun ini. Permainan siaga dipilih menjadi salah satu materi bidang dalam pesta siaga karena menyesuaikan dengan usia dan perkembangan anak siaga (usia 7-10 tahun) yang masih senang dengan kegiatan bermain. Ketua Panitia, Kak Bambang Susilo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang secara rutin dilaksanakan. Kelompok Barung yang dinyatakan sebagai barung tergiat baik barung putra maupun barung putri berhak untuk mengikuti Pesta Siaga Cabang Kwarcab Pati. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Kegiatan pesta siaga ini juga merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya serta berjenjang dari tingkat ranting hingga daerah. Mengusung tema “Ceria, mandiri dan Berprestasi” diharapkan anak-anak siaga selalu ceria dalam mengikuti kegiatan serta menunjukkan keterampilan dan ketangkasannya untuk menjadi pramuka siaga yang berprestasi.

Posting Kwarran Gerakan Pramuka Jaken Gelar Pesta Siaga 2018 ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
PATI – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Jaken menyelenggarakan kegiatan Pesta Siaga pada Sabtu (13/01) bertempat di kompleks SMP Negeri 1 Jaken Kabupaten Pati. kegiatan yang diikuti oleh 600 Pramuka siaga ini dilaksanakan sebagai bentuk evaluasi dan pencapaian pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di masing-masing gugus depan dalam bentuk kompetisi.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan rasa percaya diri, melatih kemandirian serta ajang silaturahmi antar pramuka siaga di wilayah Jaken. Adapun materi yang dilombakan antara lain ketaqwaan, kepribadian, yel barung, peraturan baris berbaris (PBB), pengetahuan umum dan kepramukaan serta keterampilan tali, ikatan dan kompas.

Permainan kereta bola juga turut melengkapi materi kegiatan dalam Pesta Siaga tahun ini. Permainan siaga dipilih menjadi salah satu materi bidang dalam pesta siaga karena menyesuaikan dengan usia dan perkembangan anak siaga (usia 7-10 tahun) yang masih senang dengan kegiatan bermain.

Ketua Panitia, Kak Bambang Susilo menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang secara rutin dilaksanakan. Kelompok Barung yang dinyatakan sebagai barung tergiat baik barung putra maupun barung putri berhak untuk mengikuti Pesta Siaga Cabang Kwarcab Pati. Kegiatan ini direncanakan akan dilaksanakan pada Maret mendatang.

Kegiatan pesta siaga ini juga merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya serta berjenjang dari tingkat ranting hingga daerah. Mengusung tema “Ceria, mandiri dan Berprestasi” diharapkan anak-anak siaga selalu ceria dalam mengikuti kegiatan serta menunjukkan keterampilan dan ketangkasannya untuk menjadi pramuka siaga yang berprestasi.

Posting Kwarran Gerakan Pramuka Jaken Gelar Pesta Siaga 2018 ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
https://pramukapos.com/ahmadsidiqalawy/kwarran-gerakan-pramuka-jaken-gelar-pesta-siaga-2018.html/feed 0 11485
Pramuka Salurkan Bantuan Kemanusiaan Program Musim Dingin 2018 untuk Pengungsi Palestina dan Suriah di Yordania https://pramukapos.com/pramukapos/pramuka-salurkan-bantuan-kemanusiaan-program-musim-dingin-2018-untuk-pengungsi-palestina-dan-suriah-di-yordania.html https://pramukapos.com/pramukapos/pramuka-salurkan-bantuan-kemanusiaan-program-musim-dingin-2018-untuk-pengungsi-palestina-dan-suriah-di-yordania.html#respond Thu, 18 Jan 2018 06:58:46 +0000 https://pramukapos.com/?p=11587 JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka berhasil mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. Pendistribusian dipimpin oleh Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio. “Akhirnya Pramuka Indonesia berhasil mendistribusikan bantuan bersama rekan-rekan HPMI (Himpunan Pelajar Dan Mahasiswa Indonesia di Jordania),” ujar Kak Eko Sulistio melalui alat telekomunikasi, Rabu (17/1/2018). Kak Eko mengatakan, dalam mendistribusikan bantuan juga dibantu penuh oleh KBRI Amman Yordania. Pihaknya dibantu akses sehingga bisa masuk dan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah. Bantuan yang diberikan kepada para pengungsi berupa satu ekor domba, 500 bungkus roti gandum, 50 paket food family yaitu beras, gula, teh, mie instan, kacang-kacangan, minyak goreng. Juga ada popok bayi, susu balita, biskuit, susu kotak, dan coklat. “Semuanya didistribusikan kurang lebih kepada 200 jiwa,” jelasnya. Kak Eko berada di Yordania sampai akhir Januari 2018 dalam rangka misi kemanusiaan Pramuka untuk Palestina dan Suriah dalam Program Musim Dingin 2018. Ia juga akan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina di penampungan-penampungan yang ada di Yordania. Jika ada donator yang mau menyumbang dipersilahkan. “Perlu diketahui khalayak ramai, bahwa pengungsi-pengungsi Palestina atau penampungan-penampungan orang Palestina yang paling banyak di Yordania. Jadi, kalau kita masuk Palestina susah karena penjagaan ketat dan aturan ketat dari pihak keamanan Israel,” akuinya. Ia menambahkan, suhu dingin yang terkadang mencapai 0° celsius juga banyak mempengaruhi kinerja para relawan dalam mendistribusikan bantuan. Distribusi bantuan dipusatkan di daerah Al-Bayt, Provinsi Mafraq, Yordania. Jarak dari kamp pengungsian ini ke Suriah hanya sekitar 14 km atau sekitar 10 menit jika ditempuh dengan jalan kaki. Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengapresiasi keberhasilan Kak Eko yang sudah berjuang memberikan, waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu para pengungsi Palestina. Kerja-kerja sosial semacam ini, kata Adhyaksa, selalu dilakukan oleh Pramuka baik di dalam negeri maupun luar negeri guna membantu sesama. “Di Gerakan Pramuka, Kak Eko dikenal selalu turun untuk aksi lingkungan dan kemanusiaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Doa saya untuk Kak Eko semoga misi kemanusiaan untuk Palestina bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya. Menurut Menpora Periode 2004-2009 ini, aksi nyata Pramuka ini bukan hanya itu. Pramuka juga hadir di Rakhine State, Myanmar untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya. Jauh sebelum aksi kekerasan terhadap etnis Rohingya kembali mencuat di media massa, Kwarnas sudah beberapa kali menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya. Kwarnas Gerakan Pramuka tahun 2017 juga mengirimkan anggotanya ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, Nigeria, dan Palestina. Negara yang dikunjungi merupakan negara yang terkena dampak bencana kekeringan dan kelaparan. (HA/MSA/AK)

Posting Pramuka Salurkan Bantuan Kemanusiaan Program Musim Dingin 2018 untuk Pengungsi Palestina dan Suriah di Yordania ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
JAKARTA – Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka berhasil mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. Pendistribusian dipimpin oleh Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio.

“Akhirnya Pramuka Indonesia berhasil mendistribusikan bantuan bersama rekan-rekan HPMI (Himpunan Pelajar Dan Mahasiswa Indonesia di Jordania),” ujar Kak Eko Sulistio melalui alat telekomunikasi, Rabu (17/1/2018).

Kak Eko mengatakan, dalam mendistribusikan bantuan juga dibantu penuh oleh KBRI Amman Yordania. Pihaknya dibantu akses sehingga bisa masuk dan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah.

Bantuan yang diberikan kepada para pengungsi berupa satu ekor domba, 500 bungkus roti gandum, 50 paket food family yaitu beras, gula, teh, mie instan, kacang-kacangan, minyak goreng. Juga ada popok bayi, susu balita, biskuit, susu kotak, dan coklat. “Semuanya didistribusikan kurang lebih kepada 200 jiwa,” jelasnya.

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Andalan Nasional Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Eko Sulistio saat mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Suriah pada 16 dan 17 Januari 2018 di Camp-Camp Pengungsian Suriah yang ada di Albayt Provinsi Mafraq. (Foto: Dok. Humas Kwarnas)

Kak Eko berada di Yordania sampai akhir Januari 2018 dalam rangka misi kemanusiaan Pramuka untuk Palestina dan Suriah dalam Program Musim Dingin 2018. Ia juga akan mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Palestina di penampungan-penampungan yang ada di Yordania. Jika ada donator yang mau menyumbang dipersilahkan.

“Perlu diketahui khalayak ramai, bahwa pengungsi-pengungsi Palestina atau penampungan-penampungan orang Palestina yang paling banyak di Yordania. Jadi, kalau kita masuk Palestina susah karena penjagaan ketat dan aturan ketat dari pihak keamanan Israel,” akuinya.

Ia menambahkan, suhu dingin yang terkadang mencapai 0° celsius juga banyak mempengaruhi kinerja para relawan dalam mendistribusikan bantuan. Distribusi bantuan dipusatkan di daerah Al-Bayt, Provinsi Mafraq, Yordania. Jarak dari kamp pengungsian ini ke Suriah hanya sekitar 14 km atau sekitar 10 menit jika ditempuh dengan jalan kaki.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault mengapresiasi keberhasilan Kak Eko yang sudah berjuang memberikan, waktu, pikiran, dan tenaganya untuk membantu para pengungsi Palestina. Kerja-kerja sosial semacam ini, kata Adhyaksa, selalu dilakukan oleh Pramuka baik di dalam negeri maupun luar negeri guna membantu sesama.

“Di Gerakan Pramuka, Kak Eko dikenal selalu turun untuk aksi lingkungan dan kemanusiaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Doa saya untuk Kak Eko semoga misi kemanusiaan untuk Palestina bisa berjalan dengan lancar,” ucapnya.

Menurut Menpora Periode 2004-2009 ini, aksi nyata Pramuka ini bukan hanya itu. Pramuka juga hadir di Rakhine State, Myanmar untuk mendistribusikan bantuan kepada para pengungsi Rohingya. Jauh sebelum aksi kekerasan terhadap etnis Rohingya kembali mencuat di media massa, Kwarnas sudah beberapa kali menyalurkan bantuan untuk pengungsi Rohingya.

Kwarnas Gerakan Pramuka tahun 2017 juga mengirimkan anggotanya ke negara-negara Afrika, seperti Somalia, Sudan, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Afrika Tengah, Uganda, Kongo, Angola, Nigeria, dan Palestina. Negara yang dikunjungi merupakan negara yang terkena dampak bencana kekeringan dan kelaparan. (HA/MSA/AK)

Posting Pramuka Salurkan Bantuan Kemanusiaan Program Musim Dingin 2018 untuk Pengungsi Palestina dan Suriah di Yordania ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
https://pramukapos.com/pramukapos/pramuka-salurkan-bantuan-kemanusiaan-program-musim-dingin-2018-untuk-pengungsi-palestina-dan-suriah-di-yordania.html/feed 0 11587
Puluhan Pembina Pramuka Ikuti Pelatihan Fasilitator Lingkaran Remaja https://pramukapos.com/pramukapos/puluhan-pembina-pramuka-ikuti-pelatihan-fasilitator-lingkaran-remaja.html https://pramukapos.com/pramukapos/puluhan-pembina-pramuka-ikuti-pelatihan-fasilitator-lingkaran-remaja.html#respond Wed, 17 Jan 2018 06:17:46 +0000 https://pramukapos.com/?p=11571 JAKARTA – Puluhan pembina Pramuka dari lima kabupaten dan kota di Jabodetabek mengikuti Pelatihan Fasilitator Lingkaran Remaja di Aula Sudirman, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur pada 17-20 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan UNICEF. Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Marbawi menjelaskan, selepas mengikuti kegiatan ini para pembina Pramuka diharapkan dapat mengajarkannya kepada kaum remaja. Mereka diharapkan peka terhadap permasalahan sosial dan memberikan solusinya. “Harapannya, kita punya kader untuk melatih remaja-remaja kita, anak-anak kita, agar mereka punya skil melakukan tindakan-tindakan Pramuka Peduli itu lebih sistematis. Selama ini kan kepedulian-kepedulian itu dari Pramuka. Nah, kalau ada skil-skil baru, teknik-teknik capasity building yang baru, atau monitoring yang baru. Harapannya, kondisi remaja kita lebih baik,” kata Kak Marbawi usai membuka pelatihan tersebut, Rabu (17/1). Menurut Kak Marbawi, para remaja perlu mempunyai kemampuan pengawasan terhadap permasalahan lingkungan dan sosial. Jika para remaja mempunyai kemampuan seperti itu, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dicegah. Ia berharap, pelatihan ini tidak hanya berhenti di lima kabupaten dan kota ini, melainkan diteruskan di seluruh Indonesia. “Sehingga dia menggelinding terus. Karena infrastruktur kita harus digerakkan oleh berbagai pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang tidak melulu cuma kemah dan pendidikan. Sekarang kita gerakkan juga di tengah masyarakat,” paparnya. Sementara itu, Bidang Pengembangan Remaja UNICEF Indonesia, Kak Chizuru menyambut baik pelatihan dan kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka ini. Kerja sama keduanya telah terjalin sejak 2016 lalu dalam berbagai tema seperti anak, water air, komunikasi melalui U-Report, dan lain-lain. Kemudian, tahun 2017, UNICEF fokus pada pengembangan remaja. “Untuk pelatihan ini kami akan menggunakan remaja dan Community Digital Story Telling (CTSD). Kami berharap remaja Pramuka dapat menelusuri permasalahan remaja dan mereka dapat memberikan solusi yg disampaikan kepada pemerintah,” ucapnya saat memberikan sambutan. Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 orang dari lima kabupaten dan kota,yaitu Depok, Tangerang Selatan, Bogor, Bekasi dan Kota Bogor. (MSA/AK)

Posting Puluhan Pembina Pramuka Ikuti Pelatihan Fasilitator Lingkaran Remaja ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
JAKARTA – Puluhan pembina Pramuka dari lima kabupaten dan kota di Jabodetabek mengikuti Pelatihan Fasilitator Lingkaran Remaja di Aula Sudirman, Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur pada 17-20 Januari 2018. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka dan UNICEF.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Marbawi menjelaskan, selepas mengikuti kegiatan ini para pembina Pramuka diharapkan dapat mengajarkannya kepada kaum remaja. Mereka diharapkan peka terhadap permasalahan sosial dan memberikan solusinya.

“Harapannya, kita punya kader untuk melatih remaja-remaja kita, anak-anak kita, agar mereka punya skil melakukan tindakan-tindakan Pramuka Peduli itu lebih sistematis. Selama ini kan kepedulian-kepedulian itu dari Pramuka. Nah, kalau ada skil-skil baru, teknik-teknik capasity building yang baru, atau monitoring yang baru. Harapannya, kondisi remaja kita lebih baik,” kata Kak Marbawi usai membuka pelatihan tersebut, Rabu (17/1).

Menurut Kak Marbawi, para remaja perlu mempunyai kemampuan pengawasan terhadap permasalahan lingkungan dan sosial. Jika para remaja mempunyai kemampuan seperti itu, hal-hal yang tidak diinginkan bisa dicegah.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Ia berharap, pelatihan ini tidak hanya berhenti di lima kabupaten dan kota ini, melainkan diteruskan di seluruh Indonesia. “Sehingga dia menggelinding terus. Karena infrastruktur kita harus digerakkan oleh berbagai pelatihan dan kegiatan-kegiatan yang tidak melulu cuma kemah dan pendidikan. Sekarang kita gerakkan juga di tengah masyarakat,” paparnya.

Sementara itu, Bidang Pengembangan Remaja UNICEF Indonesia, Kak Chizuru menyambut baik pelatihan dan kerja sama dengan Kwarnas Gerakan Pramuka ini. Kerja sama keduanya telah terjalin sejak 2016 lalu dalam berbagai tema seperti anak, water air, komunikasi melalui U-Report, dan lain-lain. Kemudian, tahun 2017, UNICEF fokus pada pengembangan remaja.

“Untuk pelatihan ini kami akan menggunakan remaja dan Community Digital Story Telling (CTSD). Kami berharap remaja Pramuka dapat menelusuri permasalahan remaja dan mereka dapat memberikan solusi yg disampaikan kepada pemerintah,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Pelatihan ini diikuti sebanyak 25 orang dari lima kabupaten dan kota,yaitu Depok, Tangerang Selatan, Bogor, Bekasi dan Kota Bogor. (MSA/AK)

Posting Puluhan Pembina Pramuka Ikuti Pelatihan Fasilitator Lingkaran Remaja ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
https://pramukapos.com/pramukapos/puluhan-pembina-pramuka-ikuti-pelatihan-fasilitator-lingkaran-remaja.html/feed 0 11571
Racana IAIM Sinjai Laksanakan Penerimaan Tamu Racana https://pramukapos.com/satriajaya/racana-iaim-sinjai-laksanakan-penerimaan-tamu-racana-pentura.html https://pramukapos.com/satriajaya/racana-iaim-sinjai-laksanakan-penerimaan-tamu-racana-pentura.html#respond Wed, 17 Jan 2018 06:09:51 +0000 https://pramukapos.com/?p=11555 Sinjai – Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Kampus IAIM Sinjai melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Racana (Pentura) Angk. XIX beberapa waktu yang lalu. Kegiatan In Door sendiri dilaksanakan di Kampus IAIM Sinjai dengan mengusung tema “Membentuk kaderisasi pramuka yang berkarakter, kreatif, mandiri dan Bertakwa” Hadir dalam pembukaan kegiatan, Muh. Anis.,S.Pd.I.,M.Hum Selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam mewakili Rektor IAIM Sinjai, Pembina Gugus Depan, Pembantu Pembina, Pengurus Dewan Racana IAIM Sinjai dan beberapa undangan lainnya. Dalam sambutannya, Kak Muh. Anis.,S.Pd.I.,M.Hum mengungkapkan bahwa bahwa semua mahasiswa FTIK seharusnya harus masuk dalam organisasi Gerakan Pramuka. Lebih lanjut diungkapkan bahwa sebagai calon pendidik karena menjadi seorang pendidik bukan hanya pengetahuan yang perlu tapi skill juga diperlukan apalagi pramuka sudah menjadi kegiatan ektrakulikuler wajib di setiap satuan pendidikan. Berbeda halnya yang diungkapkan oleh, Muh. Agusman Selaku Ketua Dewan Racana bahwa kegiatan Pentura merupakan langkah awal bagi para mahasiswa(i) IAIM Sinjai yang ingin bergabung sebagai anggota Racana Lebih lanjut diungkapkan bahwa nantinya para peserta tidak hanya akan mengikuti kegiatan didalam ruangan (indoor). Akan tetapi, para peserta juga akan mengikuti kegiatan out door. “Rencananya kegiatan out door akan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dan direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Februari 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Bulukamase Kec. Sinjai Selatan” “Semoga pelaksanaan kegiatan Pentura angk XIX tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh Panitia Pelaksana/Reka Kerja,” kata Kak Agusman.

Posting Racana IAIM Sinjai Laksanakan Penerimaan Tamu Racana ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
Sinjai – Gerakan Pramuka yang berpangkalan di Kampus IAIM Sinjai melaksanakan kegiatan Penerimaan Tamu Racana (Pentura) Angk. XIX beberapa waktu yang lalu. Kegiatan In Door sendiri dilaksanakan di Kampus IAIM Sinjai dengan mengusung tema “Membentuk kaderisasi pramuka yang berkarakter, kreatif, mandiri dan Bertakwa”

Hadir dalam pembukaan kegiatan, Muh. Anis.,S.Pd.I.,M.Hum Selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam mewakili Rektor IAIM Sinjai, Pembina Gugus Depan, Pembantu Pembina, Pengurus Dewan Racana IAIM Sinjai dan beberapa undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Kak Muh. Anis.,S.Pd.I.,M.Hum mengungkapkan bahwa bahwa semua mahasiswa FTIK seharusnya harus masuk dalam organisasi Gerakan Pramuka. Lebih lanjut diungkapkan bahwa sebagai calon pendidik karena menjadi seorang pendidik bukan hanya pengetahuan yang perlu tapi skill juga diperlukan apalagi pramuka sudah menjadi kegiatan ektrakulikuler wajib di setiap satuan pendidikan.

Berbeda halnya yang diungkapkan oleh, Muh. Agusman Selaku Ketua Dewan Racana bahwa kegiatan Pentura merupakan langkah awal bagi para mahasiswa(i) IAIM Sinjai yang ingin bergabung sebagai anggota Racana

Lebih lanjut diungkapkan bahwa nantinya para peserta tidak hanya akan mengikuti kegiatan didalam ruangan (indoor). Akan tetapi, para peserta juga akan mengikuti kegiatan out door.

“Rencananya kegiatan out door akan dilaksanakan dalam bentuk perkemahan dan direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1-6 Februari 2018 bertempat di Bumi Perkemahan Bulukamase Kec. Sinjai Selatan”

“Semoga pelaksanaan kegiatan Pentura angk XIX tahun 2018 ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sesuai dengan apa yang telah direncanakan oleh Panitia Pelaksana/Reka Kerja,” kata Kak Agusman.

Posting Racana IAIM Sinjai Laksanakan Penerimaan Tamu Racana ditampilkan lebih awal di Pramuka Pos.

]]>
https://pramukapos.com/satriajaya/racana-iaim-sinjai-laksanakan-penerimaan-tamu-racana-pentura.html/feed 0 11555