Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

PRAMUKA MILENIAL ANTI KEKERASAN

PRAMUKA MILENIAL ANTI KEKERASAN

Pramuka merupakan wadah penyelenggaraan pendidikan nn formal, salah satu tujuannya adalah untuk kader pembangunan manusia indonesia yang berjiwa Pancasila, yang akan berdaya guna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Sebagai wadah pendidikan di luar sekolah, hendaknya pramuka tidak menjadi sarana untuk menghalalakan tindakan kekerasan, pelecehan dan perploncoan atas dasar pembentukan karakter dan disiplin bagi anggota pramuka. Sebaliknya Pramuka lebih kepada media untuk melatih kepekaan sosial, kebersamaan dalam berorganisasi dan peduli terhadap lingkungan.

Kekerasan dalam kegiatan Kepramukan sering kita temui pada kegiatan penerimaan anggota baru dan pelantikan Pramuka, atas dasar tradisi turun temurun yang wajib dilaksanakan, setiap anggota baru atau pindah golongan sebagai anggota Pramuka sering di temukan praktek-peaktek kekerasan oleh para senior atau kaka tingkat, padahal dalam pelaksanaan yang di atur dalam Gerakan Pramuka sudah secara tegas di atur tidak ada dilaksanakan dengan di dahului oleh tindakan atau tradisi kekerasan berupa hukuman fisik, bentakan dan perploncoan. Pindah golongan atau pelantikan dalam Gerakan Pramuka idealnya dilaksanakan tidak lebih dari 10 menit, dengan tulus mengucapkan janji Satya di hadapan bendera merah putih, maka seorang pramuka sudah dinyatakan sah sebagai seorang anggota Pramuka atau menyandang tingkatan kecakapan umum tertentu.

20180915153212.JPG

Undang-Undang Gerakan Pramuka No.12 Tahun 2010 tertera adanya Metode Kepramukaan yang menekankan bahwa kegiatan kepramukaan bukan merupakan kegiatan yang penuhndengan kekerasan dalam proses pelatihan dan pembinaannya, bahkan dalam UU No.35 Tahun 2014 secara tegas mengatur larangan keras terjadinya kekerasan terhadap anak dengan saknsi pidana yang berat. Atas dasar tersebut, mari secara bersama-saka kita merubah pola kegiatan yang salah dan keliru, kita hindari tindakan kekerasan dalam Pramuka, ciptakan suasana riang gembira dalam setiap kegiatannya, pendampingan dan pengawasan anggota dewasa selaku pembina Pramuka harus lebih aktif untuk mengurangi bahkan meniadakansegala bentuk kekerasan dalam Kepramukaan PRAMUKA MILENIAL ANTI KEKERASAN…. SALAM PRAMUKA.

Tinggalkan Komentar