Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarcab Banjarnegara Gelar Seleksi Raimuna Nasional

Kwarcab Banjarnegara Gelar Seleksi Raimuna Nasional
BANJARNEGARA – Sebanyak 70 orang Pramuka Penegak perwakilan dari Gugus Depan SMU/SMK/MA negeri dan swasta se-Kabupaten Banjarnegara kemarin mengikuti seleksi calon peserta Raimuna Nasional yang bertempat di Komplek Sanggar Bakti Pramuka Kwartir Cabang.
Ketua Panitia Seleksi, Kak Dimas Dharmawan mengatakan, proses seleksi calon peserta Raimuna Nasional ini dilaksanakan dengan harapan dapat menyusun komposisi kontingen yang ideal sesuai dengan basic serta kemampuan masing masing peserta.
“Proses seleksi dilaksanakan secara terbuka dengan mengedepankan aspek kejujuran dan kemampuan masing-masing individu calon peserta. Kami menggandeng beberapa unsur dan komponen tim juri atau penilai yang independen dan terpercaya,” paparnya.
Dalam proses seleksi tersebut, diujikan beberapa mata kegiatan, seperti tes tertulis pengetahuan umum kepramukaan, tes wawancara, samapta, scouting skill, baris berbaris dan pantohir.
Andalan Cabang Bina Muda Penegak, Dwi Cahyo Ariwidodo mengatakan, komposisi kontingen yang akan dibentuk nantinya adalah 2 umpi putera dan 2 umpi puteri. Masing masing umpi terdiri dari 6 anggota Pramuka Penegak.
“Jumlah total kuat personel kontingen nantinya berjumlah 24 orang dengan harapan hasil seleksi ini mampu menentukan komposisi yang tepat,” ujarnya.
Dengan jumlah kontingen yang minimalis tersebut diharapkan mampu tampil maksimal mengikuti padatnya kegiatan Raimuna Nasional yang dijadwalkan berlangsung Agustus mendatang di Bumi perkemahan Cibubur Jakarta. Serta mereka pulang membawa hasil yang maksimal membawa bendera kontingen Dawet Ayu.
Pramuka Garuda
Humas Kwartir Cabang Banjarnegara, M. Alwan Rifai mengatakan, pada kegiatan Raimuna Nasional tahun ini ada beberapa persyaratan khusus yang harus dicapai oleh calon peserta. Salah satunya yakni berada pada tingkatan Pramuka Penegak Garuda.
“Pramuka Garuda merupakan kecakapan dan penghargaan tertinggi pada masing-masing jenjang pendidikaan kepramukaan, di mana menjadi Pramuka Garuda tidaklah mudah karena membutuhkan skill, pengetahuan, kecakapan dan attitude yang benar mumpuni,“ ujarnya.
Tahapan pencapaian tingkatan tersebut diharapkan mampu menjadi tolak ukur dan evaluasi tersendiri terhadap kemampuan masing masing individu calon peserta, di mana pada tahun ini Banjarnegara baru memulai menggaungkan pencapaian Pramuka Garuda di berbagai tingkatan. Dengan pondasi tersebut diharapkan kualitas generasi muda semakin meningkat dan dibarengi dengan pencapaian prestasi yang gemilang diberbagai tingkatan hingga level nasional.

Tinggalkan Komentar