Share This Post

Pramuka Peduli

Menyambut Ramadhan, Saka Pramuka Bhayangkara Kwarran Bawang Gelar Bakti Sosial

Menyambut Ramadhan, Saka Pramuka Bhayangkara Kwarran Bawang Gelar Bakti Sosial

BANJARNEGARA – Menyambut bulan suci Ramadan serta wujud kepedulian dan empati terhadap sesama, Satuan Karya Pramuka Bhayangkara Kwartir Ranting Bawang yang berpangkalan di Polsek Bawang menggelar aneka kegiatan bakti sosial kemasyarakatan yang bertajuk AKSARA (Aksi Satuan Karya Pramuka Bhayangkara). Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan selama tiga hari di Desa Winong, Kecamatan Bawang.

Koordinator Panitia Pelaksana Kegiatan, Kak Tuhari mengatakan, aksi SAKA Bhayangkara adalah bentuk kepedulian Pramuka kepada sesama. Ini diharapkan mampu menjadi pemicu lahirnya kegiatan serupa yang memberikan manfaat untuk masyarakat secara langsung.

“Komitmen kami untuk berperan serta secara langsung kepada masyarakat terus kami lakukan dengan menggandeng beberapa pihak yang peduli terhadap permasalahan sosial. Seperti PMI, Limas dan Karangtaruna,“ terangnya.

Dalam kegiatan tersebut, digelar berbagai acara seperti pengecatan mushola, pengecatan 8 unit pos kamling, pembagian kentongan, donor darah sukarela, bersih desa dan pelatihan awak pos kamling.

Komandan Satgas Pramuka Peduli sekaligus Pamong SAKA Bhayangkara, Kak Ipda Prihatin Sediono mengatakan, kegiatan bakti peduli sesama lewat aksara tersebut merupakan aplikasi dan implementasi dari proses pendidikan karakter yang ditanamkan kepada peserta didik.

“Selain merupakan agenda tahunan sekaligus peringatan hari bhayangkara ke-71, kegiatan tersebut diharapkan mampu menjadi cermin pengamalan Dharma Pramuka sekaligus ajang bersilaturahmi positif dengan masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk kembali menggiatkan aktifitas pos kamling atau ronda lewat pelatihan singkat bagi anggota linmas dan pemuda. Selain itu, juga untuk mengingatkan pentingnya rasa keamanan, kebersihan, ketertiban dan keindahan lingkungan.

Kepala Desa Winong, Kak Marjono menyambut baik kegiatan yang dilakukan oleh Pramuka dan diharapkan dapat menjadi contoh kepada generasi muda lainnya lewat aneka kegiatan positif dan bermanfaat.

“Atas nama pemerintah desa Winong, kami mengucapkan terima kasih kepada Pramuka SAKA Bhayangkara yang telah peduli, lewat berbagai kegiatan dan semoga bermanfaat bagi masyarakat di lingkungan kami,“ ujarnya.

Lewat kegiatan tersebut, ternyata mampu menggugah kesadaran dan rasa kebersamaan serta antusias warga dalam hidup bermasyarakat, peduli sesama dan memiliki rasa empati kepada lingkungan tempat tinggal kita terlebih menjelang dan saat Ramadan dan hari raya yang biasanya terjadi peningkatan kegiatan atau aktifitas masyarakat.

Tinggalkan Komentar