Share This Post

Humaniora

Hari Buku Sedunia 2017 dan Peluncuran Kumpulan Puisi

Hari Buku Sedunia 2017 dan Peluncuran Kumpulan Puisi

Peringatan Hari Buku Sedunia (World Book Day) yang diselenggarakan di Rumah Dunia, Serang, Banten, selama tiga hari sejak 21 April 2017, berlangsung meriah. Setelah tahun lalu dalam acara serupa di tempat yang sama berhasil diluncurkan 53 buku bacaan berbagai jenis, maka pada 2017 ini terjadi pemecahan rekor, dengan peluncuran 64 buku baru.

Dalam puncak acara yang diadakan tepat pada Hari Buku Sedunia 23 April 2017, berbagai jenis buku bacaan, baik fiksi maupun non-fiksi, diluncurkan bersamaan. Acara tersebut juga dilengkapi dengan pembahasan reportase jurnalistik invesitgasi oleh wartawan Maman Suherman, serta penyebarluasan semangat antikorupsi melalui literasi yang disampaikan oleh perwakilan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Salah satu buku yang diluncurkan pada Hari Buku Sedunia itu adalah kumpulan puisi berjudul “Kubayangkan Chairil Anwar” yang disusun Kak Berthold Sinaulan. Kakak yang juga merupakan anggota Korps Pelatih Kwartir Cabang Jakarta Timur itu, meluncurkan buku yang berisikan 57 puisi terkait dengan karya maupun sosok Chairil Anwar.

Chairil Anwar adalah penyair terkenal Indonesia yang dianggap sebagai pelopor Angkatan ’45. Walaupun telah lama meninggal dunia, namun karya-karyanya masih sering dikutip dan dibacakan sampai saat ini.

Selain puisi “Kubayangkan Chairil Anwar” yang menjadi judul buku tersebut, Kak Berthold Sinaulan juga menyelipkan satu puisi berjudul “Teringat Kisah Berkemah”, sebuah puisi yang mengangkat kembali kenangannya pada perkemahan Pramuka yang diikutinya ketika masih Pramuka Penggalang puluhan tahun silam.

Buku “Kubayangkan Chairil Anwar” itu setebal empat halaman awal ditambah 104 halaman isi. Hasil penjualannya digunakan untuk mengembangkan kegiatan literasi dan jurnalistik di kalangan kepramukaan, yang juga saat ini tengah digencarkan Kak Berthold Sinaulan dan teman-temannya dari perkumpulan Indonesia Scout Journalist.

 

Tinggalkan Komentar