Share This Post

Budaya / Informasi & Teknologi / Media Sosial / Rebranding Pramuka / Tokoh

Bapak Wakil Gubernur dan Ibu Gubernur Bali Beri Motivasi Untuk Pramuka Gianyar

Bapak Wakil Gubernur dan Ibu Gubernur Bali Beri Motivasi Untuk Pramuka Gianyar

Bapak Wakil Gubenur dan Ibu Gubernur Bali beri motivasi kepada Pramuka Gianyar

Setelah melaksanakan Bakti Sosial di Pura Erjeruk dan Pantai Purnama pada hari Minggu 07 Oktober 2018 lalu. Kwartir Cabang Pramuka Gianyar bersama Gugus Darma Tri Datu pada Minggu, 20 Oktober 2018 melaksanakan Seminar Kesetaraan Gender, Pramuka Menginspirasi dan Pelatihan Melek Digital. Acara yang dihadiri peserta dari berbagai unsur ini dilaksanakan di Gedung Pusdiklat BPR Kanti yang dibuka oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Gianyar yang diwakili oleh Sekretaris Dispora Kabupaten Gianyar.

Acara Seminar yang masih serangkaian Kegiatan Dharma Bakti Pramuka Gianyar ini dihadiri oleh Bapak Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si yang menjadi keynote speaker dengan tema Peran Pemuda dalam Pembangunan.

Wagub juga mengapresiasi acara tersebut yang dirangkai dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 tahun 2018.

“Diselenggarakan acara ini, adalah momentum yang sangat penting untuk mengingatkan kembali pada suatu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Dimana para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928, berikrar untuk mengkristalisasi semangat dalam menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia,” terangnya.

Wagub juga menyampaikan, setelah 90 tahun berlalu di era milenial ini, para pemuda dituntut untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan ini dengan berbagai kegiatan, seperti belajar dengan giat dan ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan yang ada di masyarakat.

“Serta ikut membantu upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sebagainnya,” imbuhnya.

Hadir pula dalam kesempatan acara tersebut Ibi Gubernur Bali Ni Putu Suastini Koster yang hadir memberikan motivasi untuk terus menjaga NKRI kepada anggota pramuka gianyar dan generasi muda lainnya lewat Puisi Sumpah Kumba Karna yang beliau bawakan dan membuat kagum seluruh peserta hadirin.

Dalam motivasi yang disampaikan Ibu Gubernur menitipkan agar generasi muda terus menumbuhkembangkan semangat cinta tanah air. “Bahwa Gadget mampu menjadi media mempererat tali persaudaraan dan jangan sampai memecah belah bangsa karena menjaga NKRI adalah harga hidup dalam setiap langkah kita” ungkapnya

Sesi selanjutnya Seminar Kesetaraan Gender hasil kerjasama dengan Yayasan Bali Sruti ini diisi oleh dua aktivis Perempuan yaitu Ketua Yayasan Bali Sruti Luh Riniti Rahayu, dan aktivis perempuan Bali Sruti, I Gusti Ayu Diah Yuniti beserta Advokat Perempuan Kadek Ary Pramayanty.

Sesi Pramuka Menginspirasi hadir sebagai pembicara yaitu oleh Direktur Utama BPR Kanti, Kak Made Arya Amitaba beserta Local Presdent JCI Ubud Tjokorda Gde Bayuputra Sukawati dan Ketua KNPI Bali Nyoman Gde Antaguna. Manajemen BPR Kanti sebelum acara juga melaksanakan Edukasi Lietrasi Keuangan bagi generasi muda.

“Kita ingin menyemangati adik-adik dan bagaimana terus berkreasi dan memberikan optimalisasi. Karena genarasi milenial adalah genarasi teknologi, dan bagaimana pola perilaku ke depan mereka tidak hanya intelektualnya tetapi secara emosional harus dikembangkan,” ujarnya.

Amitabha yang juga Ketua Gugus Darma Tri Datu mengungkapkan, selama ini di Pramuka, mereka diberikan wawasan leadership sebagai fondasi dasar, sehingga mampu mengelolah dirinya dan membuat organisasi mereka ke arah yang lebih baik.

“Sehingga adik-adik ini, memhami bagaimana pentingnya berorganisasi dan pentingnya leadership dalam kehidupan di masa datang,” ucapnya

Sebagai penutup acara, Pelatihan Pramuka Melek diisi Seminar materi menarik terkait jurnalisme digital di era millenial. Hadir sebagai pemateri di acara Workshop Melek Digital ini adalah Direktur Gawainesia TIMES-Indonesia Network (TIN), Doddy Hernanto alias Mr D dan Direktur Bisnis dan Pengembangan TIN, Sri Widji Wahyuning Utami.

Sekretaris Kwarcab Pramuka Gianyar mengungkapkan bahwa seminar pada hari ini ingin menunjukan spirit Sumpah Pemuda pada dewasa ini ditandai oleh semangat anak muda untuk terus mengisi diri dengan pengetahuan – pengetahuan baru dalam mengisi kemerdakaan dan menyiapkan diri sebagai oemegang estafet pembangunan di Indonesia kelak.
“Melalui seminar ini kita ingin generasi muda pada umumnya dan anggota pramuka khusunya untuk memiliki pengetahuan dan pengalaman yg berguna bagi pengembangan diri mereka”ungkap Nyoman Aryawan

Dalam kesempatan acara mewakili Pengurus Harian Gerakan Pramuka Kwarcab Gianyar Nyoman Aryawan mengucapkan terimakasih banyak atas dukungan berbagai pihak atas terselenggaranya acara seminar ini dengan lancar dan sukses.

Selain akan oleh Anggota Pramuka, Pembina Pramuka dan Pelatih. Peserta yang hadir pada acara ini di antaranya dari unsur organisasi kepemudaan mulai dari Purna Paskibraka Kabupaten Gianyar, Karang Taruna, Jegeg Bagus Gianyar, SAPMA PP Gianyar, Forum Anak Daerah Gianyar dan GM FKPPI Gianyar.
Selain itu ada pula perwakilan siswa-siswa dari setiap sekolah (OSIS) yang ada di Kabupaten Gianyar.-1540031411224.jpg

Tinggalkan Komentar