Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Bupati Gianyar Terima Audiensi Pengurus Pramuka Kwartir Cabang Gianyar

Bupati Gianyar Terima Audiensi Pengurus Pramuka Kwartir Cabang Gianyar

Pramuka Kwartir Cabang Gianyar melakukan audiensi dengan Bupati Gianyar, I Made Mahayastra di ruang kerjanya, Kamis (4/10/2018). Audiensi tersebut adalah langkah menjalin komunikasi dan melaporkan aktivitas atau kegiatan yang telah dilaksanakan selama ini oleh Pramuka Kwartir Cabang Gianyar kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar.

Kedatangan 5 Pengurus Pramuka Kwartir Cabang Gianyar dipimpin oleh Ketua Harian Pramuka Gianyar, I Gusti Ngurah Wijana. Selain pengurus Kwartir Cabang, turut serta hadir 5 Pengurus Gugus Darma Tridatu Gianyar termasuk Ketua Gugus Darma Tridatu I Made Arya Amitaba. Dalam kesempatan tersebut Gusti Ngurah Wijana melaporkan kegiatan yang telah dilaksanakan dan dilaporkan pula agenda persiapan pengukuhan Bapak Bupati I Made Mahayastra sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Gianyar.

“Kami melaporkan sesuai dengan amanat Undang-Undang Gerakan Pramuka No. 12 tahun 2010 dan AD/ART bahwa posisi Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka ditingkat Kwartir Cabang dijabat oleh Bupati. Oleh karena itu diminta kesediaan Bapak Bupati untuk dilantik dan dikukuhkan oleh Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Bali” lapor Gusti Ngurah Wijana dalam audiensi tersebut.

IMG-20181004-WA0013.jpg
Terkait dengan permintaan dan amanat Undang-Undang tersebut Bupati Gianyar I Made Mahayastra menyatakan kesiapan untuk dikukuhkan sebagai Ketua Majels Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gianyar. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Gianyar yang baru saja dilantik tanggal 20 September 2018 ini, mengungkapkan kekaguman akan solidaritas dan independensi Gerakan Pramuka ditahun politik ini dan sangat fokus dalam pengemabangan karakter generasi bangsa. “Saya menganggap Organisasi Gerakan Pramuka satu-satunya organisasi yang tidak pernah berpolitik praktis, pengurus-pengurus didalamnya mampu bersikap netral dan sikap ini harus terus dijaga oleh anggota Pramuka”

Bupati Gianyar juga menyatakan dukungan penuh terhadap aktivitas Kepramukaan di Kabupaten Gianyar. Pemerintah Daerah akan memberikan dukungan moril dan pendanaan dalam setiap kegiatan yang digagas oleh Pramuka Kwartir Cabang Gianyar demi pembinaan pendidikan keterampilan dan karakter secara berkesinambungan. “Pramuka mempunyai peran strategis dalam pembentukan karakter bangsa, oleh karena itu kita mantapkan pendidikan Kepanduan bagi anak-anak dan pemuda Gianyar” ungkap beliau tegas.

Pada kesempatan audiensi ini juga Ketua Gugus Darma Tridatu, I Made Arya Amitaba melaporkan rangkaian kegiatan “Darma Bakti Pramuka” yang akan dilaksanakan memperingati Hari Sumpah Pemuda yang digagas oleh Kwartir Cabang Gianyar bekerjasama dengan berbagai pihak mulai dari Pramuka Peduli Kwarcab Gianyar, BPR Kanti, Yayasan Bali Sruti, Organisasi Kepemudaan, Komunitas Penggiat Lingkungan, RSUP Sanglah, RSUD Sanjiwani. Mengusung tema Kolaborasi dan Solidaritas, kegiatan akan diawali dengan pelaksanaan Ngayah Mereresik, Bersih Pantai, Penanaman Pohon dan Pemeriksaan Kesehatan Telinga pada hari Minggu, 7 Oktober 2018 di Pura dan Pantai Erjeruk, Sukawati.

Gugus Darma sendiri adalah satuan organisasi bagi anggota dewasa Gerakan Pramuka yang berusia diatas 25 tahun dan anggotanya tidak duduk dalam kepengurusan kwartir dan tidak berperan sebagai pembina, pelatih maupun pamong. “Wadah ini memberi ruang mengembangkan Kepramukaan bersama kwartir dalam bentuk sumbangan pemikiran, tenaga, material, dan finansial. Oleh karena itulah Gugus Darma ingin berperan aktif dalam mengembangkan Kepramukaan, kita awali tahun ini dengan melaksanakan kegiatan di Bulan Oktober dalam rangka Sumpah Pemuda” ungkap A.A. Eka Dharma Kesumawati selaku Sekretaris Gugus Darma Tridatu saat diwawancara seusai audiensi.

Tinggalkan Komentar