Share This Post

Regional

RIBUAN PRAMUKA SIAGA KWARRAN BANTARBOLANG PEMALANG IKUTI PESTA SIAGA TAHUN 2017

RIBUAN PRAMUKA SIAGA KWARRAN BANTARBOLANG PEMALANG IKUTI PESTA SIAGA TAHUN 2017

Unsur didalam pendidikan nonformal adalah pendidikan kepemudaan. Unsur yang ada di dalam pendidikan kepemudaan adalah Gerakan Pramuka.  Dalam UU No. 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, disebutkan Gerakan Pramuka adalah  organisasi yang dibentuk oleh pramuka untuk menyelenggarakan pendidikan kepramukaan.Gerakan pramuka merupakan wadah pendidikan generasi muda usia  7–25 tahun, yang mempersiapkan anggotanya untuk mempunyai karakter bangsa sesuai dengan dasa darma dan tri satya, itu adalah salah satu definisi Gerakan Pramuka Indonesia.

Pesta Siaga adalah wahana untuk menempa diri generasi muda bangsa Indonesia sejak dini, sehingga akan lahir patriot-patriot bangsa yang handal dan berkarakter baik. Dari pagi hingga sore, semua peserta akan bergembira, bermain dan belajar serta berpesta mengikuti kegiatan pada pesta siaga ini. Banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil, seperti dapat membangkitkan semangat untuk berpacu meraih prestasi, cinta lingkungan, disiplin dan bertanggungjawab serta mempererat tali persahabatan dan persaudaraan.

Pramuka Kwartir Ranting Bantarbolang Kabupaten Pemalang, pada Minggu, 19 Februari 2017 menggelar pesta siaga di Lapangan SMA Negeri Bantarbolang. Kegiatan yang diharapkan menjadi ajang pembentukan karakter ini diikuti sebanyak 1000 lebih Pramuka Siaga. Selain pembentukan karakter, kegiatan ini juga  dimaksudkan untuk menumbuhkembangkan bakat dan membentuk karakter anak didik ini mengacu pada Program Kerja Kwartir Daerah 11 Jawa Tengah dan Pramuka Kwartir Cabang Pemalang. Acara dibuka langsung oleh Kepala UPP Kecamatan Bantarbolang, Drs. Sedyo Margono. Waka. Humas Kwarran Bantarbolang, Dirmanto, S. Pd. Menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilakukan secara kontinue, mulai dari tingkat sekolah maupun ranting, semoga kegiatan pesta siaga ini berjalan lancar, aman, tertib dari awal sampai akhir. Yang juara akan menjadi wakil Kwarran untuk pelaksanaan pesta siaga di tingkat Kabupaten.

Materi Pesta Siaga ini, mengacu pada materi yang akan dilombakan di tingkat Kwartir Cabang, Pesta Siaga Kwarran Bantarbolang ini diikuti oleh 110 Barung. Keseluruhan barung itu terdiri dari Gudep SD sebanyak 55 barung Putra dan 55 Barung Putri. Selain itu, peserta juga didampingi oleh Pembina Pendamping. Dalam Pesta Siaga ini akan diberikan kegiatan – kegiatan melalui 11 warung, di mana didalam warung tersebut, siswa akan didampingi pembinanya, mulai dari warung keagamaan, warung yel barung atau semangat barung, seragam Pramuka, pengetahuan umum, puzzle, ketangkasan, seni budaya, ketrampilan, cinta tanah air dan NKRI, peduli sesama hidup dan lingkungan hidup, PBB dan Bumbung Kemanusiaan. Didalam 11 warung itu, dilakukan bermain dan berlatih, guna menjadi pribadi yang mandiri, melalui kegiatan Aktif, Edukatif, Kreatif , Rekreatif,  Kompetitif dan Kekinian yang mengandung nilai pendidikan.

Acara itu sendiri berlangsung sangat meriah, dari mulai pembukaan hingga akhir penutupan kegiatan. Kontingen Gugus Depan MIS Riyadul Ulum Dukuh Lumpang menorehkan prestasi gemilang tergiat 1 Putra di Gelaran Pesta Siaga Tingkat Kwartir Ranting Bantarbolang tahun 2017 ini, Tergiat 1 Putri diraih oleh Kontingen dari Gugus depan SD Negeri 01 Peguyangan. Pendamping kontingen SD Negeri 01 Peguyangan (Agus) mengatakan hasil yang diraih bukanlah hal yang mudah karena persaingan dan lawan yang dihadapi juga mempunyai kapasitas dan kualitas yang hampir merata, beliau menyampaikan siap maju di Pesta siaga tingkat Kabupaten.

Hasil lengkap dari kegiatan Pesta Siaga Kwartir Ranting Bantarbolang tahun 2017 adalah :

Tergiat Putra :

Tergiat        1        : MIS Riyadul Ulum Dukuh Lumpang

Tergiat        II        : SD Negeri 03 Pegiringan

Tergiat        III       : SD Negeri Sarwodadi

Tergiat        IV      : SD Negeri 07 Bantarbolang

Tergiat        V       : MIS Al Futuhiyah Sumurkidang

Tergiat        VI      : SD Negeri 01 Banjarsari

Tergiat Putri :

Tergiat        1        : SD Negeri 01 Peguyangan

Tergiat        II        : SD Negeri 01 Kebon Gede

Tergiat        III       : SD Negeri 07 Bantarbolang

Tergiat        IV      : SD Negeri 02 Pegiringan

Tergiat        V       : MIN Bantarbolang

Tergiat        VI      : SD Negeri 03 Bantarbolang

Semoga Pramuka Kwartir Ranting Bantarbolang, semakin maju. Jayalah Pramuka Indonesia.

Tinggalkan Komentar