Share This Post

Pramuka Peduli

Pramuka itu Peduli Sesama dan Lingkungan

Pramuka itu Peduli Sesama dan Lingkungan

 

Banyaknya bencana alam yang terjadi di bumi pertiwi akhir-akhir ini tak luput dari penyebab yang mendasar. Antara lain, kepedulian sebagian kecil manusia terhadap alam dan lingkungan sekitar kian terkikis dari kehidupan sehari-harinya.

Tak ayal, ketidakpedulian sebagian kecil tersebut berimbas dalam banyak hal. Banyaknya tanah longsor hingga banjir yang mengalir deras akhir-akhir ini menimbulkan banyak korban. Tak hanya korban materi semata, korban jiwa pun melayang dalam jumlah yang tidak sedikit.

Dalam setiap bencana alam, sosok anak Pramuka tak dapat dilewatkan. Pramuka selalu ambil-andil dalam penyelamatan korban bencana alam, hingga memfasilitasi berbagai hal yang berkaitan dengan daerah yang terkena bencana. Mengapa demikian?.

Seorang anggota Pramuka mencintai alam dan peduli dengan sesama, bukanlah hal baru untuk diketahui dan dicermati. Hal ini disebabkan oleh, salah satu poin Dasa Dharma Pramuka yang berisi “cinta alam dan kasih sayang sesama manusia”. Jadi, bukanlah hal baru bagi anak Pramuka untuk berada di daerah yang memiliki keterbatasan dikarenakan musibah atau bencana.

Anak-anak Pramuka mendapatkan pelatihan yang memadai, untuk berhadapan dengan hal tersebut. Materi pelatihannya seperti tali temali atau simpul yang berfungsi untuk membuat tandu saat keterbatasan tandu di lokasi bencana, sandi-sandi yang bisa digunakan saat alat komunikasi di udara mengalami hambatan atau terputus untuk sementara waktu.

Kepedulian Pramuka akan lingkungan cukup mendapat sambutan hangat masyarakat sekitar. Hal ini terbukti dalam acara Gaul Pramuka yang dibuka oleh Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault beberapa waktu lalu di Ancol. Mereka mengapresiasi acara tersebut, seperti dengan banyaknya warga yang ikut andil dalam acara tersebut.

Tidak sulit untuk menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar. Mulailah dari diri sendiri. Membuang sampah pada tempatnya, adalah hal paling kecil yang dapat kita mulai dari diri sendiri.

Tinggalkan Komentar