Share This Post

Rebranding Pramuka

77 Pramuka Garuda Kwarcab Gerakan Pramuka Cilacap Dilantik

77 Pramuka Garuda Kwarcab Gerakan Pramuka Cilacap Dilantik

CILACAP – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Cilacap melantik dan mengukuhkan 77 Pramuka Penggalang Garuda dan 2 Pramuka Penegak Garuda di Kwartir Ranting (Kwarran) Karangpucung yang dilaksakan di lapangan SMP Negeri 1 Karangpucung Kecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap (5/5/2018).

Sebelumnya, diadakan pengujian SKU, SKK dan SPG oleh Pembina yang bersangkutan dilanjutkan seleksi oleh tim penilai Pramuka Garuda Kwarran Karangpucung pada Minggu, 11 Februari 2018. Setelah itu, dilanjutkan verifikasi oleh tim penilai Pramuka Garuda Kwarcab Cilacap pada Jumat, 16 Februari 2018, di Sanggar Pramuka Kwarran Karangpucung.

Setelah bulan Januari 2018 lalu dilantik dan dikukuhkan 101 Pramuka Garuda, kini terus didorong agar Pramuka Penggalang dan Penegak di Karangpucung yang sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan diri agar mendapatkan penghargaan sebagai Pramuka Garuda.

“Selaras dengan program Kwarcab Gerakan Pramuka Cilacap untuk menciptakan 500 Pramuka Garuda setiap tahunnya, maka ami terus berupaya mengadakan pembinaan kepada Pembina Pramuka di Gugus Depan agar mereka mampu memotivasi dan mengantarkan adik-adiknya sehingga dapat mencapai Pramuka Garuda. Setelah Pelantikan Pramuka Penggalang Garuda target dan program kami berikutnya adalah menyeleksi calon Pramuka Penegak Garuda pada bulan Juli 2018 dengan harapan pada 14 agustus 2018 dapat terlantik Pramuka Penegak Garuda sebanyak-banyaknya,” ungkap Kak Kadiyanto Ses Kwarran Karangpucung.

Pada sambutan tertulis Ketua Kwarcab Cilacap melalui Kak Sujito setelah melantik dan mengukuhkan 79 Pramuka Garuda menyampaikan, pendidikan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka merupakan pendidikan non formal yang dilaksanakan di luar pendidikan sekolah dan keluarga yang sangat menunjang guna membentuk kedisiplinan, persaudaraan, bakti terhadap masyarakat dan pembentukan watak.

Pramuka Garuda yang diatur dalam keputuan Kwartir Nasional Nomor 038 Tahun 2017 merupakan sebuah bentuk penghargaan bagi adik-adik yang sudah mencapai tingkatan terakhir golongannya dan telah memenuhi syarat kemudian diajukan untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Untuk mendapatkannya, peserta didik harus mengikuti uji kelayakan sesuai dengan standar dalam petunjuk penyelenggaraan yang sudah ditetapkan Kwarnas.

“Semoga adik-adik senantiasa dapat mengamalkan Satya dan Darma Pramuka, meningkatkan kualitas diri dan dapat menjadi teladan bagi sesama anggota Pramuka maupun masyarakat luas, khususnya kaum muda. Saat ini Kwartir Cabang Cilacap telah memiliki 575 personal Pramuka Garuda, dan sesuai arahan Kwarnas kita sudah memenuhi batas minimal. Ini membuktikan bahwa kita sudah berhasil memenuhi target minimal dan telah melaksanakan amanah Kwarnas. Tentunya hal ini tidak akan terwujud tanpa peran serta Kakak-Kakak Pembina dan adik-adik dari Gugusdepan. Terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak,” pungkasnya.

Tinggalkan Komentar