Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

80 Peserta KMD Dilatih Jadi Role Model

80 Peserta KMD Dilatih Jadi Role Model

JAKARTA – Sebanyak 80 peserta Kursus Mahir Dasar (KMD) yang diselenggarakan atas kerjasama Kwarnas Gerakan Pramuka dan Kemendikbud RI dilatih menjadi role model atau teladan bagi peserta didiknya nanti. KMD dilaksanakan di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, tanggal 12-19 Maret 2017.

DSC05117

Peserta KMD sedang membuat tempat sepatu. Foto: Kak Samsul

“Mereka dilatih jadi Pembina, harus menguasai juga dunia anak-anak sekarang. Salah satunya adalah metode alam terbuka, berkemah dan sebagainya. Mereka harus bisa merasakan, bisa mengetahui, karena mereka ke depan jadi role model buat anak-anak,” ujar salah satu pelatih, Kak Asep Kurniawan, di TRW Cibubur Jakarta Timur, Kamis (16/3/2017).

Kak Asep Kurniawan menjelaskan, kegiatan berkemah dilakukan agar peserta KMD bisa merasakan dan menjadi teladan bagi peserta didiknya. Lanjutnya, jika peserta tidak mau merasakan dan jadi teladan, mereka sebaiknya cukup belajar ke mbah google saja.

“Tidur di tenda, bagaimana rasanya, harus. Sebab, dia bakal jadi role model. Nanti pasang tenda, ya dia kasih contoh pada anak-anaknya. Dia harus kasih teladan dulu. Dengan praktek begini, minimallah walaupun tadinya bukan tukang berkemah, minimal dia percaya diri karena melakukan dan merasakan,” ucap pria berlogat Sunda ini, sambil menunjuk ke arah peserta KMD yang tengah memperindah tendanya.

DSC05098

Peserta KMD sedang membuat tempat jemuran. Foto: Kak Samsul

Diketahui, menurut salah satu pelatih juga, Kak M. Nurhamid, peserta KMD terdiri dari beragam latar belakang. Ada yang guru, penjaga museum, instansi cagar budaya, dan lain sebagainya.

“Mereka ada yang dari sekolah, penjaga museum, dan lain-lain. Paling banyak dari instansi cagar budaya,” tuturnya.

Tinggalkan Komentar