Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Apa Filosofi Berkemah?

Apa Filosofi Berkemah?

JAKARTA – Kegiatan berkemah sudah tak asing lagi di telinga Pramuka. Bahkan, ketika giliran kegiatannya berkemah di suatu tempat tertentu, Pramuka sangat senang sekali dan jarang sekali alpa mengikuti kegiatan tersebut. Namun, tahukah Anda apa filosofi berkemah sesungguhnya.

DSC04903

Kak Asep sedang mengarahkan peserta KMD tentang keterampilan orienteering. Foto: Kak Samsul

Kak Asep Kurniawan menjelaskan, kegiatan berkemah memiliki filosofi penting bagi Pramuka untuk menatap masa depan. Menurut dia, berkemah juga untuk mempersiapkan Pramuka kelak ketika dewasa.

“Kalau di Pramuka itu, kenapa harus berkemah misalkan, salah satu filosofinya berkemah itu sebetulnya simulasi berumah tangga. Karena mereka belajar mengatur tempat tidur, dapur di mana, dan lainnya,” ujar Kak Asep Kurniawan, di sela-sela pelaksanaan Kursus Mahir Dasar (KMD), Jakarta Timur, Kamis (16/3/2017).

Selain itu, menurut Kak Asep, kegiatan Pramuka yang lain adalah mengembara. “Kalau mengembara, itu simulasi mencari nafkah, bekerja, dan eksplore,” tambahnya.

DSC05153

Kak Asep bersama para pelatih KMD. Foto: Kak Samsul

“Makanya, ciri orang dewasa itu sebetulnya bekerja dan berumah tangga. Nah, semuanya disimulasikan dalam kegiatan Pramuka,” pungkas pria berlogat Sunda ini.

Diketahui, tanggal 12-19 Maret 2017 dilaksanakan Kursus Mahir Dasar (KMD) di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur. KMD dengan jumlah peserta 80 orang ini diselenggarakan berkat kerjasama Kemendikbud RI dan Kwarnas Gerakan Pramuka.

Tinggalkan Komentar