Share This Post

Gaya Hidup

Kebijakan Pemerintah Jadi Ide Tulisan (Inspirasi Menulis 2)

Kebijakan Pemerintah Jadi Ide Tulisan (Inspirasi Menulis 2)

APAPUN bisa jadi ide tulisan. Termasuk itu kebijakan pemerintah. Rencana atau kebijakan pemerintah adalah hal menarik untuk kita respon, karena akan mengikat seluruh warga negara.

Setiap kebijakan pemerintah, ada pihak yang diuntungkan, ada pula yang sebaliknya: merasa dirugikan. Ada yang pro, ada pula yang kontra. Dua hal ini tak bisa dipungkiri, karena suatu kebijakan biasanya tak dapat memuaskan semua pihak.

Tulisan saya berikut ini bisa jadi contohnya. “Logo Baru Yogyakarta, Harapan Baru” dimuat di rubrik opini SKH Tribun Jogja edisi 11 Februari 2015.

Ini ide berawal dari kebijakan pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang ketika itu merubah logo dan tagline dari “Never Ending Asia” ke “Jogja Istimewa.” Perubahan dikatakan untuk rebranding DIY sebagai kota pendidikan, pariwisata, dan budaya.

Memang, terhadap kebijakan pemerintah ini ada yang kontra, meskipun itu sedikit sehingga tak tampak. Tapi, saya lihat banyak yang setuju, termasuk saya.

Kemudian, lahirlah tulisan ini. Lewat tulisan ini, saya berharap, perubahan logo dan tagline tersebut menjadi harapan baru. Misalnya, wisatawan semakin meningkat kunjungannya. Meningkatnya wisatawan tentu juga akan berkontribusi pada meningkatnya pemasukan daerah.

Tinggalkan Komentar