Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar Pelatihan Keprotokolan, Ini Materi yang Disampaikan

Kwarnas Gerakan Pramuka Gelar Pelatihan Keprotokolan, Ini Materi yang Disampaikan

JAKARTA – Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mengadakan Pelatihan dan Rekrutmen Satuan Protokol Kwarnas di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, tanggal 25-28 April 2017. Kegiatan itu diikuti oleh 49 Pramuka yang berasal dari berbagai daerah, staf Kwarnas, Staf Pusdiklatnas dan unit-unit usaha Kwarnas Gerakan Pramuka.

Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Kak Suyatno menjelaskan bahwa usai mengikuti pelatihan tersebut peserta diharapkan bisa menerapkannya di daerah masing-masing. Bagi yang terpilih menjadi Tim Protokol Kwarnas, mereka akan menerapkannya di setiap kegiatan seremonial Kwarnas Gerakan Pramuka.

“Mereka saya harap belajar tentang ethos, logos, dan pathos. Pathos artinya prosedur-prosedur yang harus dia dijalani. Ethos itu cara pembawaan diri dia. Logos itu konsep,” ujar Kak Suyatno, di sela-sela kegiatan, di Cibubur Jakarta Timur, Rabu (26/4).

Ia menambahkan, materi-materi yang akan disampaikan kepada peserta pelatihan tidak bisa dilepaskan dari tiga hal tersebut.

Materi-materi yang akan disampaikan, pertama, Fundamental Gerakan Pramuka dan Komunikasi. Ini disampaikan Kepala Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, Kak Suyatno, pada pagi tadi, pukul 08.00-10.00 WIB.

Kedua, Etika Meja Makan, Among Tamu dan Pelayanan VIP. Materi ini disampaikan langsung oleh Direktur Utama LPP Sangkuriang, Kak Theo George Gill pada siang tadi, pukul 10.15-12.00 WIB.

Materi selanjutnya adalah Keprotokolan dan Teknik Membawakan Acara (MC) oleh Kak Asmulyati; Teknik Membawakan Lagu dan Teknik Pengucapan disampaikan Kak Ambarwati; dan terakhir Simulasi Acara-Acara Kepramukaan oleh Tim Fasilitator.

Ketua Panitia, Kak Agus Muslim mengatakan bahwa kegiatan itu juga bertujuan merekrut Tim Protokol Kwarnas. Panitia akan memantau peserta dan memberikan penilaian secara objektif, kemudian 20 orang terbaik akan dijadikan Tim Protokol Kwarnas Gerakan Pramuka.

Sebelumnya, panitia pelaksana melakukan seleksi peserta secara online. Yang mendaftar sebanyak 226 orang, setelah diseleksi berdasarkan ketentuan yang disosialisasikan, dan dinyatakan kesediaannya maka diperoleh 49 orang peserta.

Tinggalkan Komentar