Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Mereka Bahagia di KMD

Mereka Bahagia di KMD

KEMENDIKBUD RI lewat SAKA Widya Budaya Bakti Tingkat Nasional menggelar Kursus Mahir Dasar (KMD), bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Nasional (Pusdiklatnas) Kwarnas Gerakan Pramuka, di Taman Rekreasi Wiladati Cibubur, Jakarta Timur, tanggal 12-19 Maret 2017. Hari ini (17/3/2017), saya melakukan wawancara dengan beberapa peserta, dan semuanya mengaku bahagia selama mengikuti kegiatan itu.

DSC04996

Kak Riska, misalnya, mengatakan senang mengikuti kegiatan KMD. “Kegiatan ini positif banget. Apalagi kemarin, saya lihat dan praktek langsung upacara penerimaan bantara, yang awalnya nggak ngerti, menjadi paham.”

Kak Steven Simolang, misalnya lagi, mengaku enjoy mengikuti kegiatan KMD ini. “Kegiatan ini menambah wawasan kita soal kepramukaan, dasar-dasar kepramukaan, dan bagaimana kita bisa membina adek-adek Pramuka.”

Hal yang sama juga dirasakan oleh Kak Nur Khozin. “Perasaannya senang, karena banyak hal baru, dasar-dasar untuk membina adek-adek di penggalang nanti. Pramuka tidak seperti yang digambarkan dulu dalam anggapan saya sebelum terjun di Pramuka.”

TED_1633

Para peserta merasakan, KMD sebagai kegiatan yang sangat bermanfaat. Banyak hal bisa mereka dapatkan. Kak Wahyu Setyaningsih, misalnya, mengaku mendapatkan teman-teman baru setelah mengikuti kegiatan itu. “Senang iya, seru, dan ketemu teman-teman baru.”

Ini juga dirasakan Kak Yulita. Kata dia, dengan kegiatan ini dapat menambah pengetahuan khususnya mengenai kepramukaan. “Saya itu merasakan dapat ilmu yang tidak pernah kami ketahui, sehingga saya bisa merasakan adanya hal-hal yang sangat positif, untuk membina peserta didik kami di sekolah.”

DSC05042

Apa yang dirasakan Kak Yulita itu ternyata juga dirasakan Kak Nasrul Hamdani. “Kakak-kakak pelatih di sini di atas rata-rata, punya pengetahuan, kemampuan mengelola pelatihan dengan baik, punya visi. Meskipun teman-teman di sini, bilang kami belum banyak ikut Pramuka. Tapi kurang dari seminggu ini, kita sudah tahu tentang Pramuka.”

Mereka, para peserta KMD, berkomitmen akan menerapkan ilmu dan pengalaman selama mengikuti kegiatan ini di tempat kerja satuan masing-masing. “Dan itu semua bisa kita terapkan, setelah kegiatan ini bisa terjun di tempat kerja satuan kita masing-masing,” begitu kata Kak Wahyu Kristanto.

Tinggalkan Komentar