Share This Post

Kerelawanan

Somalia Dilanda Kekeringan Panjang, Pramuka Distribusikan Bantuan

Somalia Dilanda Kekeringan Panjang, Pramuka Distribusikan Bantuan

Somalia dan daerah-daerah sekitar Afrika tengah dilanda kekeringan panjang. Indonesia lewat Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka mendistribusikan bantuan ke sejumlah negara tersebut.

“Saya Eko Sulistio, dari Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana. Saat ini saya sedang berada di camp pengungsian di daerah Mogadishu, Somalia,” ujar Kak Eko Sulistio, dalam video yang diunggah akun instagram Kwarnas Gerakan Pramuka, @gerakanpramuka, Jumat (8/4).

Kak Eko Sulistio menjelaskan, saat ini beberapa negara di Afrika mengalami bencana kelaparan imbas dari kekeringan panjang. Kwarnas Gerakan Pramuka mengutus Andalan Nasional Bidang Abdimasgana, Kak Eko untuk mendistribusikan bantuan kepada para korban bencana di negara tersebut.

“Kami mencoba mendistribusikan barang bantuan yang mana sampai saat ini beberapa negara di Afrika, yaitu Somalia, Sudan Selatan, Kenya, Ethiopia, Uganda, dan beberapa negara lainnya yang mengalami bencana kelaparan akibat kekeringan yang cukup panjang,” ucapnya.

“Mudah-mudahan bantuan dari Indonesia ini dapat memberikan keringanan dalam menghadapi bencana kelaparan di Somalia dan daerah-daerah di sekitar Afrika,” tandasnya.

Berdasarkan data lembaga PBB World Food Program (program pangan dunia), satu orang setiap 26 menit meninggal karena busung lapar di Somalia. Selain itu, ada sekitar 70 ribu anak mengalami gizi buruk dan 6,2 juta orang menderita kelaparan di Sudan Selatan; serta 1 juta anak mengalami gizi buruk, 5 juta orang kelapara dan 2 juta orang lainnya mengungsi ke Uganda.

Tinggalkan Komentar