Share This Post

Kesehatan

Ini Tips Agar Tetap Sehat Meskipun Musim Hujan

Ini Tips Agar Tetap Sehat Meskipun Musim Hujan

Musim hujan saat ini mendera Jakarta dan daerah-daerah lainnya. Biasanya di musim ini rawan masyarakat terserang penyakit, seperti pilek, batuk-batuk, masuk angin, sesak nafas, demam berdarah, dan lain sebagainya. Akibatnya, pekerjaan kita sehari-hari bisa terganggu dan terbengkalai.

Tentunya, ini tak bisa dibiarkan, harus ada perhatian khusus soal ini. Berikut, tips agar kita tetap sehat meskipun musim hujan.

Bersihkan Lingkungan

Musim hujan membuat lingkungan kita lebih kotor daripada saat biasanya, atau musim kemarau. Kalau kita tak membersihkan lingkungan, minimal lingkungan tempat tinggal kita, akan jadi sumber kuman dan penyakit.

Minum Vitamin

Pergantian musim, dari musim kemarau ke musim hujan, membuat tubuh kita harus juga bisa menyesuaikan kondisinya. Pergantian musim ini biasanya akan berpengaruh terhadap kekebalan tubuh kita. Saat-saat itulah asupan vitamin untuk tubuh kita sangat diperlukan, seperti vitamin c, dsb.

Perhatikan Pola Tidur

Jangan lupa untuk memperhatikan pola tidur. Tubuh yang mendapatkan porsi tidur yang berlebih bisa membuat tubuh jadi lemas dan kaku pada otot. Selain itu, hindari pula begadang. Tidur yang cukup bisa memulihkan kembali stamina dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Jagalah Asupan Makanan

Menjaga asupan makanan itu sangat penting, apalagi kalau memasuki musim hujan. Sebaiknya, perbanyak mengonsumsi makanan hangat dan berkuah, agar tubuh kita merasa hangat meskipun udara di sekitar dingin.

Pakailah Pakaian yang Tebal dan Hangat

Bagaimanapun, pakaian juga sangat mempengaruhi kesehatan kita, apalagi saat masuk musim hujan. Pakailah pakaian yang tebal dan hangat, bukan seperti baju tipis dan transparan. Pakaian ini juga untuk menjaga tubuh kita.

Tips ini, tentu, tak akan berarti apa-apa kalau kita tak menerapkannya. Tips ini sebagai langkah pencegahan agar kita tetap sehat meskipun musim hujan. Kalau bukan kita sendiri yang mengusahakannya, lalu siapa lagi. Mari tetap jaga kesehatan meskipun itu musim hujan.

Tinggalkan Komentar