Share This Post

Gaya Hidup

Ini 7 Kebiasan Orang Sukses Sebelum Tidur yang Wajib Kamu Tahu

Ini 7 Kebiasan Orang Sukses Sebelum Tidur yang Wajib Kamu Tahu

Orang sukses mempunyai kiat-kiat tersendiri dalam mengatur pola kesehariannya. Mereka tidak serta merta langsung berada di puncak kesuksesan, tentu banyak hal yang harus mereka lalui dalam mencapai puncak kesuksesan tersebut. Salah satu hal kecil yang bisa kita contoh dari orang sukses adalah kebiasaan unik yang dilakukan mereka sebelum tidur.

Bagi sebagaian orang bangun pagi bisa menjadi rintangan tersendiri  yang susah untuk dilakukan. Akan tetapi kebiasaan itu bisa kita rubah ketika kita mempunyai tekad kuat dan mampu mengatur pola tidur kita. Hal lain yang bisa memacu untuk bangun pagi antara lain ketika kita mempunyai tujuan dan planning yang jelas pada hari tersebut. Itu akan membuat kita semangat untuk menjalani aktivitas pagi.

Lalu, pertanyaannya bagaimana sih caranya agar kita bisa bangun pagi? Tentu dengan pola tidur yang berkualitas tiap hari, dengan waktu tidur yang cukup kita akan bangun pagi sendiri dan segar kembali. Apa saja tips orang-orang yang sukses yang bisa membantu kita untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan melakukan serangkaian kegiatan sebelum tidur.

1. Mengatur Waktu Tidur

Cara mengatur waktu tidur ideal tentunya dengan menentukan jam yang konsisten untuk pergi tidur, sehingga badan juga bisa terbangun secara otomatis pagi harinya pada waktu yang konsisten pula.

2. Membaca Buku

Orang yang rajin membaca buku akan memiliki memori yang lebih kuat saat mereka menua dibanding orang yang tidak rajin baca buku. Mantan Presiden Amerika Obama adalah salah satu yang melakukan kebiasaan baca buku sebelum tidur.

3. Menulis Jurnal

Salah satu penyebab kita susah tidur adalah memiliki banyak pikiran, salah satu cara untuk menguranginya dengan menuliskannya di buku/jurnal. Dengan menuliskan ini akan bisa mengekspresikan semua pikiranmu dan bisa tersalurkan sehingga pikiran akan lebih rileks.

4. Menjauhkan Diri dari Alat-alat Elektronik

Menjauhkan diri dari alat-alat elektronik seperti hp, tv, radio, komputer dll sebelum tidur sudah menjadi suatu kewajiban agar siklus tidur tidak terganggu dengan alat-alat tersebut.

5. Melakukan Meditasi

Melakukan meditasi selama 10 menit sebelum tidur setiap harinya dapat membantumu memperoleh semua manfaat tersebut. Dapat menghilangkan berbagai pikiran dan masalah sebelum tidur.

6. Membuat To-Do List

Menuliskan hal tersebut membuat kita memiliki semangat lebih untuk bangun pagi dan menjalani esok hari demi mengerjakan tugas-tugas tersebut. Hal ini juga membantu kita dalam merelaksasikan diri dari pikiran-pikiran sebelum berangkat tidur. Selain itu, dengan memiliki daftar hal-hal yang akan dilakukan keesokan harinya, seseorang dapat menjadi lebih teratur dan terarah sehingga bisa mengerjakan segala sesuatu dengan lebih efisien.

7. Menuangkan Ide-ide Kreatif Dalam Jurnal

Ide-ide kreatif terkadang baru bermunculan di saat otak kita sedang tidak bekerja keras, yaitu sebelum tidur. Jika kamu mengalami hal ini, jangan ragu untuk menuangkan ide-idemu dalam jurnal sebelum tidur. Kamu tidak perlu memikirkan secara detail, tetapi setidaknya konsep yang ada di pikiranmu sudah tercurahkan. Dengan begitu, kamu tidak akan kepikiran dengan ide-ide yang kamu miliki sampai susah tidur di malam hari.

Tinggalkan Komentar