Share This Post

Tokoh

Meneladani Sosok KH Hasyim Muzadi, Sang Pandu Pramuka Sejati

Meneladani Sosok KH Hasyim Muzadi, Sang Pandu Pramuka Sejati

Sosok KH Hasyim Muzadi dikenal sebagai tokoh moderat dan toleran, yang selalu berpegang teguh dengan prinsip-prinsip agama. Bagiku, beliau sosok teladan yang baik. Pandangan, pemikiran, sikapnya mampu memberi pencerahan, mampu memecah kebuntuan dan menyederhanakan masalah yang besar.

Mantan Ketua Umum PBNU itu telah meninggalkan banyak kenangan bagi bangsa Indonesia. Beliau telah banyak menorehkan tinta emas di dunia Islam, namanya harum di kanca Internasional membawa nama bangsa Indonesia. Kiai Hasyim merupakan sosok ulama besar Indonesia yang punya sikap negarawan. ‎

Menelisik kembali tentang biografi beliau, tak banyak yang tahu, ternyata dulunya Hasyim dikenal punya jejak karier di dunia Kepanduan. Dalam arsip milik Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, tampak foto Kiai Hasyim yang masih kanak-kanak.

Foto: wowkeren[dot]com

Foto: wowkeren[dot]com

Dalam foto arsip yang tercatat di tahun 1957, Hasyim tampak mengenakan seragam Kepanduan Pondok Modern Gontor. Hasyim tampak berfoto bersama dua pendiri pesantren lainnya yaitu KH Mahrus Amin, salah seorang pendiri dan pimpinan pondok pesantren Darunnajah, Ulujami, Jakarta, dan KH Tidjani Djauhari, pendiri pondok pesantren Al-Amien Preduan, Madura. Ada tiga anggota Pramuka yang diberi angka, dan Kiai Hasyim kecil, pada foto itu, bernomor tiga.

Sebagai anggota Pramuka kita harus bisa mencontoh, meneladani jejak beliau. KH. Hasyim Muzadi mampu menjadi oase, penyejuk, dan penengah pihak-pihak yang bertikai. Beliau mampu merangkul, mampu mengajak semua kalangan untuk tetap menjaga keutuhan bangsa. Beliau adalah negarawan sejati yang kehidupannya digunakan untuk mengabdi pada agama, umat, bangsa dan negara. Kehadiran beliau bisa diterima semua kalangan, bisa diterima semua golongan yang berbeda-beda dan menjadi inspirasi bagi semua orang.

Selamat jalan KH Hasyim Muzadi, jasa-jasamu akan selalu kami kenang, semoga Tuhan memberi balasan yang terbaik untuk Kiai Hasyim Sang Pandu Pramuka sejati dan Allah menempatkan di surga terbaik-Nya. Amiinn..

Tinggalkan Komentar