Share This Post

Budaya

Pesantren Tertua se-Asia Tenggara Ternyata Ada di Indonesia

Pesantren Tertua se-Asia Tenggara Ternyata Ada di Indonesia

Pesantren Al-Kahfi Somalangu yang berusia sangat tua tidak hanya dikenal sebagai Ponpes tertua di Indonesia, namun juga termasuk sebagai Ponpes tertua di Asia Tenggara. Sebelumnya saya hanya menduga Pondok Somalangu itu maksimal tertua se-Jawa, namun kemudian dugaan saya digiring ke dugaan bahwa Pondok Somalangu tidak hanya tertua se-Jawa, tapi tertua se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Agar lebih jelas, mari kita lihat sejarah Ponpes Al-Kahfi Somalangu.

Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu merupakan pondok pesantren yang telah terhitung cukup tua keberadaannya. Pondok ini beralamat di Desa Sumberadi, Kecamatan Kebumen, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Karena pondok pesantren ini telah ada semenjak tahun 1475 M. Adapun tahun dan waktu berdirinya dapat kita ketahui di antaranya melalui Prasasti Batu Zamrud Siberia (Emerald Fuchsite) berbobot 9kg yang ada di dalam masjid pondok pesantren tersebut.

Sebagaimana diketahui, menurut keterangan yang dihimpun oleh para ahli sejarah, bahwa ciri khas pondok pesantren yang didirikan pada awal purmulaan Islam masuk di Nusantara adalah bahwa di dalam pondok pesantren itu dipastikan adanya sebuah masjid. Dan pendirian masjid ini sesuai dengan kebiasaan waktu itu, merupakan bagian dari pendirian sebuah pesantren yang terkait dengannya.

Prasasti batu yang mempunyai kandungan elemen kimia Al, Cr, H, K, O, dan Si ini bergambar hewan bulus berkaki tiga serta bertuliskan huruf Jawa & Arabic. Huruf Jawa menandai candra  sengkalanya  tahun  dengan  bunyi  “Bumi  Pitu  Ina”. Sedangkan tulisan huruf Arabic adalah penjabaran dari arti candra sengkala tahun, dalam kalender Hijriyah. Terlihat jelas angka dan tanggal yang tertera dalam huruf Arabic pada prasasti batu itu berbunyi :

“25 Sya’ban 879 H”

Itu artinya, Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu resmi berdiri semenjak tanggal 25 Sya’ban 879 H atau bersamaan dengan Rabu, 4 Januari 1475 M. Pendirinya adalah Syaikh as-Sayid Abdul Kahfi al-Hasani. Beliau semula merupakan seorang tokoh ulama yang berasal dari Hadhramaut, Yaman. Lahir pada tanggal 15 Sya’ban 827 H di kampung Jamhar, Syihr. Datang ke Jawa tahun 852 H/1448 M ketika  masa  pemerintahan  Prabu Kertawijaya  Majapahit  atau yang dikenal dengan julukannya Prabu Brawijaya I (1447 – 1451). Jadi Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu baru didirikan setelah 27 tahun pendaratan Syaikh as-Sayid Abdul Kahfi al-Hasani di pulau Jawa.

Saya menyimpulkan bahwa Pondok Pesantren Al-Kahfi Somalangu merupakan Ponpes tertua se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Berdasarkan informasi yang saya galih dari teman yang tahu banyak akan sejarah-sejarah Walisongo dan pesantren-pesantren di Indonesia. Akhirnya, saya membenarkan bahwa tidak ada yang lebih tua dari pada Pesantren Al-Kahfi Somalangu sebagaimana info yang saya dapatkan, baik pesantren di Indonesia maupun di Asia Tenggara.

Tinggalkan Komentar