Share This Post

Wisata

Pesona Memukau Pantai Menganti, New Zealand-nya Indonesia

Pesona Memukau Pantai Menganti, New Zealand-nya Indonesia

Pantai selatan memang selalu menawarkan keindahan yang tidak ada duanya. Salah satunya adalah Pantai Menganti, yang berada di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kebumen. Untuk mencapai pantainya sendiri, kita akan mendapati jalan yang curam dan berliku. Namun akan terbayar nantinya dengan pesona keindahan Pantai Menganti.

Jalur menuju Pantai Menganti termasuk jalur yang menantang, sehingga dibutuhkan kewaspadaan dalam mengendalikan kendaraan. Jalan naik turun dan tikungan tajam mewarnai perjalanan untuk dapat menikmati pesona keindahan Pantai Menganti. Namun demikian, sejauh mata memandang kita disuguhi bukit atau pegunungan yang asri dengan udara yang sejuk. Sangat fantastis, dari jalan yang kita tempuh tepat di atas bukit, kita dapat melihat birunya laut dengan panorama alam pantai yang sangat menawan.

Setelah sesampainya di Pantai Menganti, kita akan disuguhi lautan yang hijau. Butiran pasir berwarna putih menambah keelokan pantainya. Puluhan perahu nelayan berjejer di tepian pantai, menjadi daya tarik yang sangat luar biasa. Pantai Menganti juga hadir dengan pohon kelapa yang berjajar di tepi pantai. Ini yang menjadi ciri khasnya. Pantai ini juga memiliki tebing yang besar di tepi bagian barat. Tebing ini memiliki nama tebing Bidadari.

Pantai Menganti merupakan pantai berpasir putih dengan panorama perbukitan dan tebing karst yang sangat indah. Meskipun akses menuju ke pantai ini sedikit sulit karena dibentengi dengan perbukitan, namun pemandangannya tetap sangat menakjubkan. Di kanan kiri terlihat tebing pegunungan karst yang berbentuk kerucut, sambil sesekali terlihat pemandangan lautan yang muncul saat kita menapaki jalan menaiki bukit.

Pantai Menganti sering juga disebut dengan New Zealand-nya Indonesia, dikarenakan pemandangannya yang sangat indah. Bisa dibilang bahwa pantai Menganti ini merupakan aset berharga yang dimiliki warga Kebumen, sebab masih banyak sudut yang bisa di explore di pantai ini yang menawarkan pesona penuh kejutan. Menurut penduduk sekitar, pada musim penghujan tebing-tebing di sebelah barat pantai Menganti dihiasi dengan empat air terjun yang mengucur dari ketinggian sekitar 30 meter. Bahkan ombak di pantai Menganti ini juga bisa digunakan untuk olahraga surfing.

Selain menikmati pantai Menganti, kita juga bisa mengunjungi Menara Mercusuar dan Tanjung Karangbata yang terletak di sebelah Timur dan Tenggara pantai Menganti. Di Tanjung Karangbata, kita dapat menyaksikan langsung luasnya samudera Hindia dengan sebuah pulau karang. Di sini disediakan gubug-gubug untuk berteduh dari sinar matahari. Dari Tanjung Karangbata kita juga bisa melihat Pantai Karangbata dan Pantai Peacron di sebelah Timur Tanjung.

Memandang disekitar Pantai Menganti, kita dapat melihat para nelayan sibuk ditepian, mengurusi perahu-perahunya. Di tengah lautan lepas kita juga melihat para nelayan sedang berjuang mencari sumber penghidupan. Beberapa pengunjung terlihat asyik mengabadikan gambarnya di tepian pantai dengan latar batu karang. Pantai ini akan memanjakan mata kita dengan keindahan alam yang menakjubkan. Bagi para wisatawan, selamat datang dan berkunjung ke pantai lokal rasa New Zealand.

Tinggalkan Komentar