Share This Post

Tokoh

Dari Pramuka Mereka Menjadi Tokoh Besar

Dari Pramuka Mereka Menjadi Tokoh Besar

Setiap anggota Pramuka patut bangga menjadi bagian dari Pramuka. Kalau kita kembali membuka sejarah, ternyata hampir semua tokok-tokoh pahlawan di negeri ini semuanya berasal dari Pramuka. Pendidikan dan karakter yang dibangun di Pramuka menjadi bekal, modal bagi mereka dalam memimpin dan membawa organisasi lebih baik.

Siapa yang tidak kenal Sutomo yang hingga kini melegenda dengan panggilan Bung Tomo, pahlawan yang menggelorakan semangat rakyat dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Sosok Bung Tomo yang cekatan, pemberani, berprinsip dan cinta tanah air terbentuk dari proses kehidupan yang pernah aktif sebagai gerakan kepanduan yang sekarang bernama Pramuka. Ia justru mendapatkan banyak hal dari kepanduan yang tidak didapatkannya dalam pendidikan formal.

Selain Bung Tomo, pahlawan yang juga pernah menjadi anggota Pramuka adalah Jendral Sudirman, tokoh bangsa legendaris yang sangat berjasa pada bangsa ini, dalam mengabdi sebagai Panglima Besar Tentara Nasional Indonesia (TNI). Beliau menjadi tokoh sentral pada masa itu, banyak sekali peran dan kontribusinya dalam organisasi-organisai, pada agama, bangsa dan negara.

Pengalaman dan keterampilan yang diperoleh Sudirman dari kepanduan sangat bermanfaat bagi dirinya untuk menjadi pemimpin. Pramuka juga mengajarkan tentang arti kesederhanaan, salah satunya adalah tidak mesti harus berseragam mewah . Kesederhanaan itu benar-benar dipraktekan oleh Jendral Sudirman, dengan penampilan yang sederhana dan bersahaja, tanpa mengenakan banyak atribut pangkat beliau, layaknya seorang jendral besar.

Masih banyak tokoh bangsa yang berangkat dari pengalaman yang kurang lebih sama seperti mereka. Pramuka memang menjadi salah satu sayap penting bagi organisasi pergerakan nasional, termasuk untuk melahirkan kader-kader tangguh. Organisasi besar seperti Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah ternyata awalnya juga masuk organisasi Kepanduan, meskipun muncul dengan nama yang berbeda-beda.

Sebagai anggota Pramuka, kita harus yakin dan percaya bahwa kita bisa seperti mereka. Kita bisa mencontoh sepak terjang mereka yang begitu luar biasa. Mereka mampu menjadi inspirasi dan teladan bagi banyak orang. Percayalah dari Pramuka akan muncul generasi penerus bangsa yang handal dan mampu mengemban amanah para pediri bangsa. Kami sekeluarga bangga menjadi anggota Pramuka.

Tinggalkan Komentar