Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Pramuka Sman 6 Kota Serang Tunjukan Kreatifitas Untuk Berwirausaha

Pramuka Sman 6 Kota Serang Tunjukan Kreatifitas Untuk Berwirausaha

SERANG – Berpenghasilan di usia muda adalah sebuah impian remaja masa kini. Di usia muda sudah bisa membantu orang tua dalam kebutuhan sehari-hari, siapa tak ingin berpenghasilan di usia muda.

Begitulah pembinaan yang diberikan oleh gugus depan sman 6 kota serang, bukan sekedar pembekalan ilmu pengetahuan pramuka tetapi pembekalan berupa materi kewirasahaan jadi acuan lainya, ilmu kewirausahaan diberikan sebagai binaan bakat yang harus dimiliki oleh peserta didik.

‘Peserta didik bukan hanya diajarkan untuk membuat suatu usaha yang menghasilkan keuntungan tetapi peserta didik dituntut untuk menghasilkan karya yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan modal seminimalis mungkin’ ujar Adi, pelatih sman 6 kota serang.

Bukan keuntungan semata yang harus didapat tetapi kreatif dan inovatif menjadi acuan utama peserta didik berwirausaha, berikut adalah hasil pembekalan tentang kewirausahaan yang berhasil diciptakan oleh peserta didik :

Kolak ubi
Dengan bahan utama ubi dan hanya bermodalkan 30rb peserta didik mampu menghasilkan keuntungan 35-60% dari modal yang dikeluarkan, dengan kreatifitas yang ada peserta menciptakan kolak ubi untuk dijual kembali dengan harga yang murah dan rasa yang lezat.

‘Kelompok kami membuat kolak ubi karena melihat olahan ubi yang itu-itu saja akhirnya terlintas difikiran kami untuk membuat rasa ubi yang berbeda, hanya bermodal 30rb kita mampu membuat 8-10 gelas kecil dengan 3-4 bola ubi di dalamnya’ kata Sanim, anggota pramuka sman 6 kota serang.

Perpaduan rasa ubi yang gurih dicampur air kolak yang manis menambah cita rasa unik pada makanan ini.

Spageti Ubi
Perpaduan rasa indonesia dan eropa jadi satu dalam makanan ini, ubi yang memiliki citarasa khas disatukan dengan bumbu spageti yang sangat lezat menjadikan makanan ini sangat unik dan menarik perhatian.

‘kami awalnya hanya berfikir bagaimana memadukan cita rasa indonesia dan luar negeri dan akhirnya kita mencoba membuat spageti ubi, dengan bahan utama ubi ditambah tepung dan bahan-bahan lainnya’ kata Iroh.

cara pembuatan yang dilakuan sama seperti pembuatan mie spageti pada umumnya hanya perbedaannya adalah bahan utama dalam spageti ini ialah ubi.

‘untuk bumbu spageti kita hanya cukup beli yang sudah ada dan ditambahkan beberapa bumbu.’ tambah iroh.

produk kreatif makanan ini bisa menggebrak pasar lokal untuk cita rasa yang baru, dengan terus mengembangkan cita rasa dari pasta spageti dan sausnya spageti ubi akan mendapatkan nilai jual yang tinggi.

Tinggalkan Komentar