Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Ambalan Umar bin Khatab Siti Masyitoh MA Purbalingga Gelar Gladi Tangguh

Ambalan Umar bin Khatab Siti Masyitoh MA Purbalingga Gelar Gladi Tangguh

Purbalingga – Pramuka Dewan Kerja Ambalan Umar bin Khatab Siti Masyitoh Madrasah Aliyah (MA) Purbalingga menggelar Gladi Tangguh “Evolusi Mbolang Segara” akhir pekan lalu, Sabtu-Minggu, 14-15 April 2018 di pantai Widara Payung, Kecamatan Binangun, Kabupaten Cilacap. Kegiatan tersebut memiliki tujuan untuk memantapkan 99 bantara untuk menjadi calon dewan kerja ambalan.

Pembina Pramuka MA Purbalingga, Kak Harry Aditama mengatakan, calon bantara disiapkan menjadi generasi tangguh, mandiri, cinta alam, kreatif, dan inovatif pada era sekarang. Dari kegiatan tersebut akan melahirkan kembali cikal bangsa yang tangguh bertahan dalam segala kondisi.

“Setiap anggota Pramuka MA Purbalingga diharapkan memiliki mental dan spirit yang kuat dalam segala medan. Itu akan menghasilkan kesetiaan terhadap organisasi serta siap dalam menghadapi segala perubahan,” kata Kak Harry Aditama.

Selain materi pembinaan mental dan karakter disiplin, para peserta juga diberi penanaman jiwa cinta lingkungan berupa bersih sampah lingkungan pantai Widara Payung. “Mereka dituntut tidak malu berkotor-kotor untuk kebersihan lingkungan,” katanya.

Pembina lain, Kak Uyun Yuniarti menambahkan, karakter generasi muda yang cinta alam dan peduli lingkungan sangat dibutuhkan saat ini. Terlebih lagi MA Purbalingga merupakan sekolah adiwiyata tingkat nasional pada 2017 lalu. Sehingga mental cinta lingkungan harus selalu tertanam pada jiwa pramuka dan menjadi budaya di sekolah itu.

“Dalam budaya peduli lingkungan terdapat pendidikan moral yang saling berkaitan. Seperti kebersihan, kedisiplinan, kepedulian, tanggung jawab dan nilai ibadah di dalamnya,” kata Kak Uyun Yuniarti.

Tinggalkan Komentar