Share This Post

Rebranding Pramuka

Jamda SD/MI Ke-4 Kwarda Jawa Tengah Miniatur Kehidupan Masa Depan

Jamda SD/MI Ke-4 Kwarda Jawa Tengah Miniatur Kehidupan Masa Depan

PURBALINGGA – Jambore Daerah (Jamda) SD/MI Ke IV Kwarda Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Desa Munjuluhur, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga diikuti kurang lebih 36 kontingen Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Masing-masing kontingan mengirimkan satu regu putra dan satu regu putri, khusus kontingen Kwarcab Purbalingga mengirimkan dua regu putra dan dua regu putri.

Ketua Kwartir Daerah (Ka Kwarda) Jawa Tengah Kak Prof Dr Ir S Budi Prayitno MSc mengatakan, fasilitas umum yang tersedia di Bumi Perkemahan Munjuluhur ini sudah memadai mulai dari kapling, MCK, Air Bersih dan penerangan umum.

“Jamda ini bisa dikatakan miniaturnya kehidupan. Ini bagian dari tantangan karakter. Semua akan dialami di masa dewasa mereka nanti. Ada toleransi, peduli, mawas diri, membantu kawan, mencoba mengelola sesuatu karena tebatas, harus berbagi. Ini bagian dari proses pendidikan, jangan dipandang sebagai kekurangan semata, memang itu sengaja kita buat,” tutur Kak Budi.

Kak Budi menambahkan, implementasi Dasa Dharma merupakan hal yang masih relevan diterapkan pada saat ini. Diharapkan, dalam interakhsi sosial bermasyarakat, mereka akan memiliki jiwa kesalehan yang baik. Untuk mereka pribadi akan terdidik jiwa hemat, cermat dan bersahaja, karena semua serba terbatas.

“Mudah mudahan ini menjadi pondasi di kemudian hari kesuksesan apapun yang akan mereka raih, mereka tidak akan meninggalkan jiwa kesederhanaannya. Penerapan di luar sekolah tidak serta merta dipanen, harus ditanam dan dipupuk. Melalui pramuka inilah sebagai proses menanam memupuk itu,” katanya.

Tinggalkan Komentar