Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Kendal Tuan Rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara Jawa Tengah 2018

Kendal Tuan Rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara Jawa Tengah 2018

KENDAL – Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) tingkat Jawa Tengah tahun 2018 digelar di Bumi Perkemahan Pondok Pesantren Darul Amanah Sukorejo Kabupaten Kendal, Senin hingga Rabu (9 – 11 Juli 2018). Penyelenggaraan kemah santri tersebut merupakan yang kelima dilaksanakan di Jawa Tengah.

Bupati Kendal Kak dr. Mirna Anissa, M.Si dalam sambutannya menyatakan apresiasinya atas terpilihnya Kabupaten Kendal sebagai lokasi penyelengaraan yang diikuti 770 peserta dari Pramuka pesantren dari 35 kabupaten dan kota di Jawa Tengah.

“Saya menyambut baik atas diselenggarakan kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara ini, dan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementerian Agama, Gerakan Pramuka Kwarda dan Kwarcab beserta segenap jajarannya. Begitu juga ucapan selamat datang Gubernur Jawa Tengah (Bapak Ganjar Pranowo) dan anak-anakku para santri semua, para pembina dan pembimbing yang berasal dari luar wilayah Kabupaten Kendal. Semoga kegiatan ini, dapat mendatangkan manfaat bagi kita semua, khususnya bagi generasi muda (para santri) dalam pembinaan pramuka,” kata Kak Mirna.

Plt Biro Kesra Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Kak Drs. Slamet Imam Ihwanda yang mewakili Gubernur Jawa Tengah Kak Ganjar Pranowo, SH, M.Ip mengatakan, seiring bergulirnya waktu, santri jangan hanya sekadar bisa mengaji namun harus pula memiliki kemampuan untuk membangun bangsa dan mempertahankan NKRI dengan kemampuan multi talenta.

Dikatakannya, santri perlu membela bangsa dan negara serta mempertahankan NKRI. Mereka perlu mewarisi semangat para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan. Salah satu caranya, yakni dengan giat belajar untuk membangun bangsa di masa mendatang.

“Kegiatan seperti ini sangat positif, saya mengapresiasi. Santri bisa mengetahui ketrampilan kepramukaan, termasuk bagaimana hidup bermasyarakat. Kembangkan potensi diri mau pun lingkungan, sehingga bisa bermanfaat di masa depan,” kata dia, saat membacakan sambutan Gubernur Jateng, Kak Ganjar Pranowo.

Ketua Kwartir Gerakan Pramuka Jateng, Kak Prof. Ir. Slamet Budi Prayitno, M.Sc mengatakan, pihaknya mengapresiasi Kemenag Jateng yang menyelenggarakan perkemahan santri tersebut.

“Dari kegiatan ini saya berharap santri mampu menjadi generasi penerus bangsa yang mempunyai etos kerja dan jiwa patriotisme,” ujarnya.

Pengasuh Ponpes Darul Amanah Sukorejo, KH Masud Abdul Qodir menyampaikan penghargaan yang luar biasa, karena tahun ini ponpes yang ia pimpin memperoleh amanah sebagai tuan rumah PPSN Jateng.

“Dari kegiatan ini, saya berharap mampu mempererat silaturahmi sesama santri di Jawa Tengah. Selain itu membentuk santri yang inovatif, santun, edukatif, mandiri, dan berakhlakul karimah,” harapnya.

Sementara Ketua panitia, Kak Ahyani mengatakan, kemah itu bertujuan meningkatkan kerja sama dan kemandirian seorang santri.  Beberapa acara yang kami siapkan antara lain perlombaan, perkemahan, dan sarasehan.

“Nantinya akan diambil juara I-III masing-masing perlombaan dan juara umum I-III. Pemenang mendapatkan uang pembinaan,” paparnya.

Tinggalkan Komentar