Share This Post

Pramuka Peduli

Pramuka Saka Wira Kartika Purbalingga Dilibatkan Program Tentara Manunggal Masuk Desa

Pramuka Saka Wira Kartika Purbalingga Dilibatkan Program Tentara Manunggal Masuk Desa

Purbalingga – Anggota Gerakan Pramuka Satuan Karya (Saka) Wira Kartika Komando Distrik Militer (Kodim) 0702/ Purbalingga turut dilibatkan dalam pekerjaan fisik Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) Reguler Ke 101, Minggu (15/4/2018).

Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika yang juga Dandim 0702/Purbalingga, Kak Letkol Inf Andy Bagus Diyan Arika S.IP mengungkapkan, adik-adik Pramuka Saka Wira Karya yang diterjunkan di lokasi TMMD terbagi ke dalam empat kelompok. Mereka melebur menjadi satu bersama ratusan personil dari TNI Satgas, Satpol PP, Linmas, dan warga Desa Karangjambu.

“Kelompok pertama bertugas untuk membantu pengerasan jalan makadam. Kelompok dua membantu pembuatan gorong-gorong, kelompok melaksanakan kegiatan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dan kelompok keempat melaksanakan outbound bersama dengan anak-anak Desa Karangjambu,” ungkap Kak Letkol Inf Andy Bagus.

Pembina Saka Wira Kartika Kodim 0702/Purbalingga, Kak Serma Waluyo menambahkan, tujuan pelibatan anggota Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika ke lokasi TMMD dimaksudkan untuk mengenalkan kepada mereka tentang tugas yang diemban oleh seorang prajurit TNI yang mempunyai tugas dalam Operasi Militer selain Perang (OMPS), yakni penanganan bencana alam maupun karya bhakti TNI melalui TMMD

“Melalui pembelajaran di lapangan, adik-adik Saka Wira Kartika ini bisa termotivasi untuk dapat melakukan yang terbaik bagi masyarakat di sekitar mereka dan dengan adanya bantuan dari anggota Saka Wira Kartika, RTLH warga Desa Karangjambu dapat terselesaikan tepat waktu, terlebih penyelesaian target dilakukan setiap hari dibantu dari beberapa elemen pendukung,” ujar Kak Serma Waluyo.

Kak Fajar, salah satu anggota Saka Wira Kartika yang ikut serta dalam kegiatan mengaku bangga mendapatkan tugas untuk merehab rumah keluarga Rochimin. Ikut serta dalam merehab rumah warga di TMMD merupakan pengalaman baru baginya.

“Pokoknya saya dan teman-teman siap bekerja sesuai dengan tugas dan arahan Kakak Pembimbing dan Pembina yang diberikan kepada kami,” ungkap Kak Fajar.

Hal senada diungkapkan anggota yang lain, Kak Panca Aditya, kegiatan TMMD menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Kegiatan TMMD merupakan Operasi Militer Selain Perang (OMPS) yang dilakukan oleh anggota TNI.

“Kita menjadi tahu bahwa Tugas TNI ternyata bukan hanya perang tetapi juga ikut serta membangun sarana prasarana masyarakat,” ungkap Kak Panca Aditya yang juga siswa kelas 10 TPMI 1 SMK HKTI 1 Purwareja Klampok.

Tinggalkan Komentar