Share This Post

Informasi & Teknologi

Kepramukaan untuk Mendidik Generasi Muda

Kepramukaan untuk Mendidik Generasi Muda

Pramuka merupakan sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka. Mereka terdiri dari anggota muda (siaga, penggalang, penegak), anggota dewasa muda (pandega), anggota dewasa (pembina pramuka, pelatih, Pembina profesional, pamong SAKA, instruktur SAKA, pimpinan SAKA, andalan dan anggota MABI.

Sementara kepramukaan adalah proses pendidikan di luar lingkungan sekolah dan di luar lingkungan keluarga. Kegiatannya, begitu menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis, dan dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan.

Gerakan Pramuka berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda Indonesia. Dalam mencapai fungsi itu, Gerakan Pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan kepramukaan bagi kaum muda.

Tugas pokok itu tentu memiliki tujuan mulia. Tujuan mulia yang dimaksud adalah untuk menumbuhkan tunas bangsa agar menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mampu mengisi kemerdekaan nasional dan membangun dunia yang lebih baik.

Pelaksanaan tugas pokok itu pastinya tidak boleh sembarangan. Ia memerlukan suatu perencanaan, program yang strategis dan berkesinambungan berupa kebijakan dan prioritas program yang dituangkan dalam Rencana Strategik (Renstra) Gerakan Pramuka.

Penting dan besar bukan peran kepramukaan untuk mendidik generasi muda. Sudah banyak tokoh dan pemimpin di negeri ini yang lahir dari rahim pendidikan kepramukaan. Peran mereka nyata untuk kemajuan bangsa Indonesia sebagaimana yang diharapkan Gerakan Pramuka di Indonesia.

Tinggalkan Komentar