Share This Post

Kesehatan

Menyehatkan Badan dengan Berpuasa

Menyehatkan Badan dengan Berpuasa

Beberapa minggu lagi umat islam bakal kedatangan tamu yang sangat istimewa dan agung, yaitu bulan suci Ramadhan. Di bulan ini umat islam di wajibkan berpuasa dari mulai terbit fajar sampai terbenam matahari selama sebulan penuh. Ini merupakan satu tantangan berat buat yang tidak biasa melaksanakan puasa karena harus menahan lapar seharian di tengah rutinitas kerja.

Biar tidak kaget saat bulan Ramadhan tiba dengan segudang pahalanya, kita bisa melatih diri untuk belajar puasa, mulai puasa mingguan (senin, kamis) atau puasa bulanan (setiap tanggal 13, 14, 15 Bulan qomariyah). Supaya saat bulan yang agungĀ  datang kita bisa menyambutnya dengan suka cita dengan melaksanakan ibadah dengan khusu.

Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari berpuasa, selain mempertajam spiritual kita kepada sang pencipta ternyata berpuasa juga membawa banyak manfaat buat kesehatan tubuh kita.

Berikiut beberapa manfaat berpuasa ;

1.Menurunkan kadar kolesterol

Penurunan berat badan saat berpuasa merupakan salah satu manfaat berpuasa. Sebuah penelitian di Uni Emirate Arab menyimpulkan bahwa orang yang berpuasa terjadi penguranagn kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol rendah meningkatkan kesehatan jantung. Sehingga dapat mengurangi risiko terserang penyakit jantung atau stroke. Terlebih lagi jika mengikuti program siet sehat, tingkat kolesterol pun dapat di turunkan dengan mudah

2. Mengeluarkan racun dalam tubuh

Manfaat puasa juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh yang menumpuk atau mendetpksifikasi. Selama berpuasa anda dapat mendetoksifikasi atau mengeluarkan racun dalam system pencernaan dalam satu bulan. Ketika tubuh memakan cadanagn lemak untuk mendapatkan energy, cadanagn lemak akanmembakar setiap racun yang berbahaya dalam tubuh.

3. Mencegah diabetes

Diabetes dapat disebabkan karena tingginya kadar gula dan kolesterol yang terdapat dalam tubuh. Dengan kegiatan berpuasa konsumsi gula dan makanan yang berlemak akan dapat terkontrol sehingga pada akhirnya dapat mencegah diabetes dan penyakit turunannya.

4. Menyehatkan Ginjal

Ginjal berfungsi untuk sebagai saringan zat berbahaya dari yang kita makan dan minum. Fungsi ginjal akan maksimal apabila kekuatan osmosis urin dalam tubuh mencapai 1000 sampai 12.000 ml osmosis/kg air. Dengan berkurangnya asupan air pada saat menjalankan ibadah berpuasa, target untuk mencapai kekuatan osmosis dalam urin dapat tercapai sehingga pada akhirnya akan berdampak baik untuk kesehatan ginjal.

 

 

Tinggalkan Komentar