Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Ketua Kwarran Kajang Buka Diklatsar Saka Bhayangkara

Ketua Kwarran Kajang Buka Diklatsar Saka Bhayangkara

Kajang, Bulukumba – Upacara pembukaan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Saka Bhayangkara Ranting Kajang yang di bawah naungan Polsek Kajang dilaksanakan di lapangan Jannaya Desa Lembanna Kec. Kajang Belakang Kantor Desa Lembanna. Upacara yang berlangsung dengan khidmat dan meriah tersebut dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat, Wakil Ketua dan Anggota Mabiran, para Andalan Ranting, Ketua Mabigus, Mabisaka, serta sejumlah pembina dan pamong saka di lingkup Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kajang.

Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan parade anggota Saka Bhayangkara Ranting Kajang. Di antaranya angngaru – adalah prosesi penyambutan tamu agung dalam adat bugis Makassar, senam lalu lintas (senam lantas), drill borgor, serta tarian ampar-ampar pisang dan kolosal senam maumere versi lantas yang diikuti oleh seluruh undangan dan peserta upacara.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarran Kajang, Kak H. Baharuddin Nur menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya Pembukaan Diklatsar Saka Bhayangkara angkatan kedua di Kwarran Kajang. Beliau juga berpesan kiranya Pramuka yang bergabung dalam sejumlah Saka, terutama dalam Saka Bhayangkara dapat lebih disiplin dalam berbagai hal.

Selain itu, katanya, Pramuka diharapkan lebih meningkatkan lagi keterampilan dan kecakapan serta pengalaman melalui praktik langsung di lapangan dalam berbagai kegiatan yang menyangkut keamanan dan ketertiban masyarakat. Pramuka juga diharapkan mampu menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, menjadi penyuluh sebaya dalam mencegah berbagai kenakalan remaja yang kerap terjadi saat ini. seperti tawuran, free sex, narkotika dan obat-obat terlarang lainnya serta mencegah terjadinya tindakan-tindakan radikal dil ingkungan masyarakat.

Setelah mengikuti kegiatan Diklatsar ini peserta akan dibekali berbagai pengetahuan dan kecakapan khusus dalam 4 (empat) Krida Saka bhayangkara, di antaranya :

  1. Krida Lalu Lintas (Lantas)
  2. Krida Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kantibmas)
  3. Krida Tindakan Pertama di Tempat Kecadian Perkara (TPTKP)  serta
  4. Krida Pencegahan dan Penanggulangan bencana

Dalam penyelenggaraan Diklatsar ini, rencananya dilaksanakan 4 kali latihan setiap bulan selama 6 bulan berturut-turut. Saka Bhayangkara Ranting Kajang akan melakukan kerja sama dengan beberapa beberapa organisasi dan instansi terkait, di antaranya PMI, Tagana, Dinas Sosial, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Basarnas, serta berbagai organisasi lainnya yang dianggap relevan. (Mrm)

Tinggalkan Komentar