Share This Post

Wisata

Masjid Tiban di Malang Dibangun Jin dalam Semalam?

Masjid Tiban di Malang Dibangun Jin dalam Semalam?

Para traveler yang sedang berkunjung ke kabupaten malang, jawa timur, tentu sangat terkejut jika melihat Masjid Tiban. Selain karena masjid ini sangat besar dan mempunyai arsitektur yang sangat unik, konon masjid ini dibangun oleh tentara jin hanya dalam waktu satu malam saja.

Masjid Tiban lokasinya terletak di daerah Turen Kabupaten Malang. Tepatnya berada di pondok pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah, Jalan Anggur RT 27/06 Sananrejo Kecamatan Turen Kabupaten Malang. Masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Tiban karena banyaknya anggapan dari masyarakat sekitar yang mengisukan bahwa masjid ini ada secara tiba-tiba.

Masjid Tiban di Malang Dibangun Jin dalam Semalam -02

Masjid Tiban di Malang Dibangun Jin dalam Semalam-04

Masjid Tiban di Malang Dibangun Jin dalam Semalam-03

Masjid ini sempat heboh di kalangan traveler tepatnya pada tahun 2008 yang lalu. Setelah ditelusuri ternyata masjid Tiban ini dibangun oleh para tetara jin dalam waktu satu malam. Tetapi anggapan tersebut tidaklah terbukti karena para santri dan jamaah-lah yang membangun masjid ini sedikit demi sedikit.

Masjid megah ini mempunyai sepuluh lantai serta 1000 pintu. Masjid Tiban dibangun di tengah-tengah permukiman penduduk dan mulai dibangun tahun 1991. Sedangkan Pesantren itu sendiri sudah ada sejak tahun 1963. Meskipun gaya arsitekturnya yang sangat nyentrik seperti bangunan Timur Tengah, ternyata tidak ada arsitek yang merancang Masjid Tiban. KH Achmad Bahru Mafdloludin Sholeh selaku pemilik pondok pesantren, yang mendapatkan petunjuk untuk membangun masjid ini melalui salat istikharah.

Para traveler dapat memasuki Masjid Tiban secara gratis, tanpa membayar tiket masuk. Traveler bisa menjelajahi sepuluh lantai masjid ini dengan menggunakan lift maupun tangga. Traveler juga bisa melihat berbagai macam aneka satwa seperti kera, burung cendrawasih, kakatua, rusa, dan satwa lain di area khusus. Dan yang paling utama tentu saja menikmati arsitektur dan ornamen nyentrik pada bangunan ini. Kaligrafi yang sangat indah terpahat di banyak tempat pada bangunan ini!

Meskipun sangat santer kabar kalau Masjid Tiban itu dibangun oleh para tentara jin, pada kenyatannya masjid ini ternyata asli dibuat oleh para santri. Tetapi, tak sedikit traveler yang sangat penasaran dan akhirnya datang sendiri ke masjid ini. Apakah Anda salah satunya?

Tinggalkan Komentar