Share This Post

Wisata

Menengok Sisi Lain Indahnya Wisata Guci di Tegal

Menengok Sisi Lain Indahnya Wisata Guci di Tegal

Guci merupakan salah satu tujuan wisata utama jika kita berkunjung ke daerah kabupaten Tegal. Keindahan panorama, pemandian air panas dan suasana pedesaan ditambah pegunungan memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang berkunjung ke Guci.

Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh serta tarif yang terjangkau menjadi minat banyak masyarakat untuk berkunjung ke Guci. Dengan membawa tikar dan makanan sendiri akan menambah suasana kebersamaan dan keakraban yang akan selalu terkenang.

Seiring dengan membludaknya kunjungan wisata ke Guci berimbas juga dengan membludaknya Pendapatan Asli Dareah (PAD) Kabupaten Tegal, karena Guci merupakan penyumbang PAD terbesar dari sektor wisata. Selain itu, dampak positif di bidang ekonomi juga dirasakan oleh sebagian penduduk di sekitar obyek wisata tersebut.

Namun kebanyakan mereka bukanlah orang yang paling diuntungkan dengan ramainya kunjungan wisata di Guci. Masyarakat sekitar biasanya hanya menjadi pedagang kecil (sayur, manisan, cindramata, makanan, penginapan dll). Ada pula yang menjadi pegawai di villa, juru parkir, penyewaan kuda dan pekerjaan berpenghasilan kecil lainnya.

Sedangkan pihak lain yang banyak diuntungkan dari Objek Wisata ini justru kebanyakan bukan orang asli daerah tersebut. Mereka adalah pihak-pihak yang mau berinvestasi, seperti pemilik villa, hotel, kolam renang, tempat karaoke dll.

Begitulah gambaran sisi lain dari Guci, salah satu penyumbang PAD terbesar di bidang wisata tapi belum semua penduduk sekitar menikmati manisnya indahnya Guci.

Semoga seiring dengan berjalannya waktu, banyak penduduk di sekitar Objek Wisata Guci yang akan banyak diuntungkan.

Tinggalkan Komentar