Share This Post

Informasi & Teknologi

Pramuka Mampu Menembus Zaman

Pramuka Mampu Menembus Zaman

Pramuka, istilah yang tidak asing lagi di telinga kita. Kegiatanya cukup mengasyikkan, seru, positif, dan memberikan pengalaman unik serta menarik bagi setiap anggotanya. Kegiatanny ada di setiap tingkat sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas. Tahukah Anda bagaimana perkembangan kegiatan Pramuka pada masa kini?.

Luar biasa, itulah satu ekspresi yang dapat diungkapkan sekarang untuk Pramuka. Pramuka sekarang tidak seperti pramuka yang dulu, peningkatan pesat dalam kegiatan kepramukaan terjadi pada era kekinian. Kreatifitas kegiatan Pramuka merambat ke berbagai bidang, terlebih mengenai kepedulian dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar, sudah tidak diragukan lagi, Pramuka jagonya.

Latihan Pramuka tidak hanya menjadi sekadar “mata pelajaran kepramukkaan”, seperti dulu. Kini nilai-nilai kependidikan, karakter serta metode belajar yang interaktif serta progresif  lebih nampak pada kegiatan kepramukaan.

Dalam praktek kegiatannya di setiap minggu yang diadakan di sekolah-sekolah di Indonesia, kegiatan ekstrakurikuler ini lebih mengedepankan praktek daripada teori. Hal-hal seperti belajar sambil melakukan kegiatan secara berkelompok, bekerjasama, hingga berkompetensi di alam terbuka kini sering dilakukan, bukan hanya sekadar menjadi kegiatan tahunan pada event tertentu.

Seluruh anggota sepakat, semua metode tersebut diimplementasikan melalui pengalaman yang harus dirasakan langsung melalui praktek di lapangan, terlebih kini Pramuka telah banyak membuktikan kemampuannya dalam menghadapi tantangan zaman yang kian dahsyat.

Hal tersebut dapat kita saksikan sendiri, betapa gigihnya para anggota Pramuka dalam membantu berbagai korban bencana alam, seperti banjir, tanah longsor. Bahkan, untuk urusan pengaturan lalu lintas ketika padatnya arus mudik hari raya lalu, mereka pun tidak ragu untuk turun langsung. Mereka rela dan ikhlas ditugaskan ke berbagai pelosok wilayah di Indonesia hanya untuk membuktikan rasa cintannya kepada bangsa ini.

Sampai kita pernah mendengar di berita bahwa beberapa anggota Pramuka terluka karena harus tertabrak kendaraan yang melintas pada saat mereka sedang bertugas di jalan. Sampai sejauh itu pengabdian mereka terhadap negeri ini, satu kata yang layak disematkan yaitu salut!

Selain praktek langsung di lingkungan sekitar, kreatifitas setiap anggota Pramuka dalam memberikan sumbangsih ide dan pemikirannya dapat dituangkan melalui media. Mereka memberikan nilai dan ide bermanfaat di tengah banyaknya berita simpang siur yang sering disebarkan oleh oknum-oknum atau media-media yang tidak bertanggungjawab.

Kita harus bangga bahwa kegiatan Pramuka sekarang telah mampu melahirkan ide dan  pemikiran yang luar biasa. Dan semua itu mereka lakukan demi menjaga keharmonisan bangsa di tengah maraknya adu domba arus informasi yang negatif.

Tentunya pemikiran dan ide-ide kreatif adik-adik Pramuka tidak hanya tersimpan di dalam pikiran. Mereka tuliskan di suatu media, baik media elektronik maupun media cetak, mengingat sekarang hal tersebut sangat mudah untuk dilakukan.

Kini, di era kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault selaku ketua Kwarnas, telah mencanangkan akan memberikan fasilitas website secara cuma-cuma untuk setiap Kwarda demi memfasilitasi kegiatan literasi setiap anggota Pramuka di daerah yang ingin menuangkan tulisannya melalui media. Sebagian Kwarda yang sudah menerima fasilitas website tersebut salah satunya Kwarda NTT dengan website www.GerakanPramukaNTT.com. Fasilitas tersebut akan diberikan dan terus merambah ke Kwarda-kwarda yang lain.

Setelah adanya fasilitas website yang diberikan oleh Kwarnas pada Kwarda, para anggota Pramuka di seluruh pelosok negeri kian mampu memanfaatkan sarana tersebut untuk mewujudkan kegiatan kepramukaan yang kreatif, inovatif, dan pastinya produktif.

Semua ini sesuai dengan visi misi Kak Adyaksa selaku ketua Kwarnas. Beliau ingin mewujudkan Pramuka yang rebranding dalam artian meningkatkan citra Pramuka di mata bangsa dalam hal pengabdian, penataan organisasi sebagai wujud dari persatuan bangsa, dan penguatan jaringan sebagai sarana dalam memperkuat NKRI melalui kesatuan kokoh para anggota melalui kegiatan kepramukaan. Tentunya, semua itu dilaksanakan dengan keren, gembira dan asyik sesuai era kekinian tanpa mengurangi nilai-nilai luhur kepramukaan.

Teruslah berjaya generasi Pramuka Indonesia. Adik-adik yang berjiwa merdeka, disiplin, mandiri dalam hubungan antar manusia, kalian telah mampu dan akan terus menjadi teladan bagi semesta melalui kegiatan kepramukaan.

Tinggalkan Komentar