Share This Post

Media Sosial

Pramuka Taklukkan Dunia Nyata dan Maya

Pramuka Taklukkan Dunia Nyata dan Maya

Menjadi bagian dari Gerakan Pramuka adalah sebuah kebanggan tersendiri, terlebih jika kita bisa berkiprah hingga ranah nasional. Berawal dari niat kecil hanya ingin menambah pengalaman, saya termotivasi mengikuti acara Gerakan Pramuka yang digelar November-Desember 2017 lalu, yaitu Pelayaran Nusantara VII Sail Sabang 2017. Tanpa berpikir panjang, saya pun bersedia ditugaskan ke luar pulau selama satu bulan.

Jujur, agak berat rasanya meninggalkan istri tercinta dan satu bocah mungil yang belum genap satu tahun. Rasanya agak bingung. Saya yang terbiasa menjalankan tugas sebagai tim siber Kwarnas Gerakan Pramuka yang hanya duduk di depan laptop meng-handle kegiatan kepramukaan melalui media sosial, kini saya harus bertugas di luar dalam sebuah pelayaran menggunakan kapal perang KRI Banda Aceh-593. Ini menjadi pengalaman pertama saya yang sangat menakjubkan.

Itu sungguh tugas yang tidak mudah. Melawan ombak dan mengarungi lautan hingga satu bulan tak pernah terbayangkan oleh saya sebelumnya. Di sini saya melihat antara dunia maya dan dunia nyata. Kenyataan di lapangan semakin membuat saya menyadari bahwa Gerakan Pramuka yang digawangi oleh ketua Kwarnas Kak Adhyaksa Dault adalah aktualisasi nyata dari kecintaan kita kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Banyak hal yang membuat saya kagum selama pelayaran berlangsung. Salah satunya adalah tindakan sigap para anggota TNI melindungi adik-adik Pramuka di sepajang kegiatan, seperti ketika ombak hampir menerjang badan kapal pelayaran yang kami tumpangi. Tidak hanya itu, kami pun bergotong royong membantu tenda para peserta pelantara yang roboh diterpa angin dan hujan. Sepanjang acara, kami saling mengenal berbagai peserta yang datang dari pelosok negeri, memahami budaya Nusantara yang beraneka ragam, serta kuliner khas Indonesia yang begitu kaya.

Ah, sungguh menakjubkan Nusantara ini. Masih banyak keindahan alam dan kekayaan budaya yang belum dijamah. Terima kasih Pramuka Indonesia, bersamamu menjadikan saya lebih mencintai NKRI. Inilah sepenggal cerita saya di atas kapal perang KRI Banda Aceh-593 beberapa waktu lalu. Bersama masyarakat, adik-adik Pramuka, dan TNI, mari kita jaga keutuhan NKRI. (AK/NH)

Tinggalkan Komentar