Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Ini Pesan Ketua Kwarnas kepada Pengurus DKN yang Baru

Ini Pesan Ketua Kwarnas kepada Pengurus DKN yang Baru

Jakarta – Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Kak Adhyaksa Dault melantik empat orang anggota Dewan Kerja Nasional (DKN) Pergantian Antar Waktu di Gedung Agus Salim Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta 14 November 20016.

Empat orang anggota DKN yang dilantik adalah Kak Yolanda Febiola (Kwarda Bali), Kak Mutria Andriane (Kwarda Banten), Kak Ahmad Nurul Fauzi (Kwarda DKI Jakarta), dan Kak Musdar Asman (Kwarda Sulawesi Selatan).

Mereka menggantikan, anggota DKN yang sudah habis masa tugasnya yakni Kak Sherli, ‎Kak Kurniawan, Kak ‎Basirul Hakim, Kak ‎Alif, Kak, ‎Arida, Kak ‎Neni, Kak ‎Imas dan Kak ‎Imawan‎. Dari SK yang pertama terdapat 17 nama pengurus DKN. Namun sesuai dengan SK yang baru menjadi 13 Orang‎.

Dewan Kerja, punya peran penting untuk membantu kwartir menyusun kebijakan dan pengelolaan Pramuka Penegak dan Pandega. Pasalnya, Dewan Kerja adalah wadah pembinaan dan pengembangan kaderisasi kepemimpinan masa depan Gerakan Pramuka.

Karenanya, Kak Adhyaksa berpesan DKN yang baru maupun yang lama mampu mengembangkan sistem kerjanya untuk tujuan Pramuka. ‎”DKN harus bisa bersaing untuk memajukan dan menghidupkan kembali Pramuka agar selalu dicintai oleh masyarakat melalui terobosan-terobosan baru berbasis iptek. Tentu dengan sistem dan aturan main yang sesuai dengan Dasa Darma dan Tri Satya Pramuka,” jelasnya.

Mantan Menpora ini sangat mengapresiasi adanya DK Pramuka. Pasalnya, ‎Pramuka dinilai sebagai organiasai yang memiliki jaringan struktur terlengkap dari tingkat nasional sampai ke tingkat ranting. Seperti DK Pramuka.

Di tingkat Nasional disebut DKN, di tingkat provinsi disebut Dewan Kerja Daerah (DKD) di tingkat ‎kabupaten disebut Dewan Kerja Cabang (DKC) di tingkat kecamatan disebut Dewan Kerja Ranting (DKR).

‎”Secara struktur Pramuka ini komplit sebenarnya. Lebih berkaki ketimbang kementerian, apalagi lembaga negara,” tuturnya.

Struktur DK menyesuaikan dengan struktur Kwartir yang juga ada dari tingkat pusat sampai tingkat ranting. Mengingat begitu lengkapnya struktur organisasi Pramuka, maka Kak Adhyaksa terus meminta agar empat fokus Gerakan Pramuka perlu diaplikasikan dengan baik.

Empat fokus Gerakan Pramuka ‎yaitu Rebranding, Penataan Organisasi, Pramuka untuk Perubahan dan Penguatan Jaringan. ‎”Pramuka strukturnya sampai tingkat sekolah, Gudep, kelurahan, kecamatan ada semua. Ini perlu mata luas, bagaimana mengelola medsosnya dgn baik,” jelasnya. (HA/Humas kwarnas?

Tinggalkan Komentar