Share This Post

Budaya

Ajak Cintai Produk Indonesia, Pramuka Populerkan Pasar Kerajinan Anyaman Rotan Kalimantan

Ajak Cintai Produk Indonesia, Pramuka Populerkan Pasar Kerajinan Anyaman Rotan Kalimantan

HULU SUNGAI UTARA, PRAMUKAPOS.COm– Kak Abdul Gani, anggota Gerakan Pramuka Kwarcab Hulu Sungai Utara, Kalimantan Selatan membuat video reportase tentang pasar kerajinan anyaman rotan. Ia mengajak warganet untuk mencintai produk Indonesia karena hal itu akan menunjang perekonomian lokal dan nasional.

Video reportase itu setelah diunggah di akun instagram resmi Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka (@GerakanPramuka) sudah ditonton 1.379 warganet. Videonya dapat dilihat di sini.

“Sekarang saya berada di salah satu pasar yang ada di Kabupaten Hulu Sungai Utara, yaitu pada pagi Kamis. Kegiatan perdagangan di pasar ini (pasar kerajinan anyaman rotan) dilaksanakan di pagi hari sesudah shalat subuh, dan berakhir sekitar pukul 7 WITA,” ujar Kak Abdul Gani, dalam videonya.

Kak Abdul Gani menjelaskan, barang-barang yang dijual di pasar kerajinan anyaman rotan merupakan produk unggulan daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara. Barang-barang yang dijual berbahan rotan dan purun.

“Barang bawaan mereka beraneka macam. Mulai dari yang benar-benar tradisional hingga modern, mulai dari desain kerajinan desain khas desa hingga yang sudah tersentuh desain kota, yang biasanya diekspor ke berbagai Negara,” terangnya.

“Ayo datang ke Hulu Sungai Utara dan cintai produk Indonesia,” pungkasnya.

Video reportase tersebut adalah aksi nyata dalam membumikan semboyan Kwarnas Gerakan Pramuka dalam periode kepemimpinan Kak Adhyaksa Dault di media sosial, yaitu “setiap Pramuka adalah kantor berita.” Banyak sekali video karya Pramuka menarik lainnya, dan bisa ditonton di instagram dengan mengetik tagar #SetiapPramukaAdalahKantorBerita. (MSA/Tim Siber Pramuka)

Tinggalkan Komentar