Share This Post

Penataan Organisasi dan SDM

Akhirnya, Ada Gudep di Kecamatan Telutih Maluku Tengah

Akhirnya, Ada Gudep di Kecamatan Telutih Maluku Tengah

MALUKU TENGAH – Raut gembira tampak di wajah siswa-siswi itu. Gugus Depan (Gudep) Dar’I 17.001-17.002 yang berpangkalan di Pondok Modern Darul Ihsan Laimu itu berdiri. Gudep yang diresmikan oleh Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Kak Marbawi pada Jumat (3/11) di Depan Kantor Kecamatan ini menjadi yang pertama di Kecamatan Telutih, Kabupaten Maluku Tengah.

“Alhamdulillah, Gugus Depan Dar’I resmi berdiri. Tidak hanya Dewan Guru dan Pembina, peserta didik juga senang sekali,” ujar Ketua Gudep Dar’I, Kak Wildanul Awwalin dengan nada semringah saat dihubungi melalui telepon genggam, Sabtu (4/11).

Usai peresmian, digelar Apel Pembukaan Latihan Pramuka se-Kecamatan Telutih dan Tehoru. Selain Kak Marbawi, hadir juga Kiai Pondok Darul Ihsan Laimu, Camat Telutih, Dewan Guru, Pembina dan anggota Gerakan Pramuka dari sekolah-sekolah di Kecamatan Telutih. Selanjutnya, juga digelar Pelantikan Pengurus Gudep Dar’I di Kecamatan Telutih.

Gudep tersebut memang berpangkalan di Pondok Darul Ihsan Laimu, tetapi bisa berkegiatan lintas sekolah di Kecamatan Telutih. Meski begitu, di sekolah-sekolah, baik tingkat SD maupun SMP, latihannya terpisah dan memiliki pembina Pramuka sendiri.

Kak Wildan mengatakan, setelah berdirinya Gudep itu, para peserta didik jadi makin semangat mengikuti latihan Pramuka. Awalnya ala kadarnya, sekarang mereka berlatih makin intens. Sebab, kegiatan Pramuka bagi mereka menarik dan seru.

“Mereka sangat senang dengan pengetahuan Pramuka, soalnya sebelumnya belum ada Gugus Depan, dan mereka di sini sebelumnya ala kadarnya saja dalam latihan. Walau harus jalan kaki dari rumah ke tempat latihan, mereka tetap semangat dan gembira. Tadi pun saat upacara, semua jalan kaki dari sekolah ke lapangan kecamatan,” ucapnya.

Wakil Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Bidang Perencanaan, Pengembangan dan Kerjasama (Rembangma) Kak Marbawi mengapresiasi pendirian Gudep tersebut. Ia berharap, Gudep itu menjadi motor penggerak Pramuka di Seram Bagian Selatan.

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

Foto: Dok. Humas Kwarnas

“Harapan saya, Gudep Dar’I jadi motor penggerak Pramuka di Seram Bagian Selatan dan jadi contoh kepramukaan yang ideal. Ada banyak tempat yang bisa jadi bumi perkemahan dan sumber belajar, alam sungai, gunung, pantai, laut, hutan, kebun, dan lain-lain,” paparnya.

Kak Marbawi juga mengapresiasi para pembina Pramuka di wilayah tersebut. “Para pembina Pramuka di Dar’I ikhlas mendidik adik-adik Pramuka, mereka tidak dibayar,” terangnya.

“Pembinaan saat ini masih harus ditingkatkan. Mungkin karena keterbatasan sarana transportasi dan komunikasi selama ini. Ke depan, melalui Pramuka, pembinaan generasi muda dapat lebih maju dan terarah. Dan lewat (Gudep) Dar’I, pola-pola pengembangan potensi SDM muda dapat lebih optimal,” pungkasnya.

Diketahui, Telutih adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Maluku Tengah, Maluku. Kecamatan ini merupakan pemekaran dari kecamatan Tehoru melalui Peraturan Daerah (Perda) Maluku Tengah Nomor 8 Tahun 2010. (MSA/AK)

Tinggalkan Komentar